Hati Senang

Al-Mu’jam-ash-Shaghir – Yang Bernama Ahmad (62-63/100): Jadilah Orang Asing Di Dunia Ini Dan Matikan Dirimu Seolah Ahli Kubur (Nasihat Ibnu Umar R.A.)

Cover Buku al-Mu'jam ash-Shaghir ath-Thabrani
Al-Mu‘jam-ush-Shaghīr (Judul Asli: Al-Muhalla) Oleh: Abul-Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani Penerjemah: Anshari Taslim Penerbit: PUSTAKA AZZAM

رقم الحديث: 26
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ عَبْدِ الْمَلِكِ أَبُو الشَّمَقْمَقِ الْمُؤَدِّبُ، بِقَصْرِ ابْنِ هُبَيْرَةَ، حَدَّثَنَا حَامِدُ بْنُ يَحْيَى الْبَلْخِيُّ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ سُعَيْرِ بْنِ الْخِمْسِ، عَنْ حَبِيْبِ بْنِ أَبِيْ ثَابِتٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ:” عَشَرَةٌ مِنْ قُرَيْشٍ فِي الْجَنَّةِ: أَبُوْ بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ، وَ عُمَرُ فِي الْجَنَّةِ، وَ عُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ، وَ عَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ، وَ طَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ، وَ الزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ، وَ سَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ، وَ سَعِيْدُ بْنُ زَيْدٍ فِي الْجَنَّةِ، وَ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ، وَ أَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ، رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ أَجْمَعِيْنَ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ حَبِيْبِ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، إِلَّا سُعَيْرٌ، وَ لَا عَنْ سُعَيْرٍ، إِلَّا سُفْيَانُ، تَفَرَّدَ بِهِ حَامِدُ بْنُ يَحْيَى.

  1. Aḥmad bin Ḥusain bin ‘Abd-ul-Mālik Abusy-Syamaqmaq al-Mu’addib (1891) menceritakan kepada kami di istana Ibnu Hubairah, Ḥāmid bin Yaḥyā al-Balkhī menceritakan kepada kami, Sufyān bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami, dari Su‘air bin al-Khims, dari Ḥabīb bin Abī Tsābit, dari Ibnu ‘Umar r.a. yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Ada sepuluh orang Quraisy yang masuk surga. Abū Bakar di surga, ‘Umar di surga, ‘Utsmān di surga, ‘Alī juga di surga, Thalḥah di surga, az-Zubair di surga, Sa‘d di surga, Sa‘īd bin Zaid di surga, ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf di surga, Abū ‘Ubaidah bin al-Jarrah di surga, semoga Allah meridhai mereka semua.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ḥabīb dari Ibnu ‘Umar kecuali Su‘air, dan tidak ada yang meriwayatkannya dari Su‘air kecuali Sufyān, hanya Ḥāmid bin Yaḥyā seorang yang meriwayatkannya.

Isnād: Al-Haitsamī mengatakan: “Para perawinya adalah perawi kitab shaḥīḥ kecuali Ḥāmid bin Yaḥyā al-Balkhī, tapi dia tsiqah.” (1902).

رقم الحديث: 36
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ مُدْرِكٍ أَبُوْ حَفْصٍ، بِقَصْرِ ابْنِ هُبَيْرَةَ، حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ الْوَاسِطِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُوْ خَالِدٍ عُتْبَةُ بْنُ حَمَّادٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ ثَابِتِ بْنِ ثَوْبَانَ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ الْحُرِّ، عَنْ لَيْثِ بْنِ أَبِيْ سُلَيْمٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: ” أَخَذَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِبَعْضِ جَسَدِيْ، وَ قَالَ: يَا عَبْدَ اللهِ، كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيْلٍ، وَ اعْدُدْ نَفْسَكَ مِنْ أَهْلِ الْقُبُوْرِ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنِ الْحَسَنِ بْنِ الْحُرِّ، إِلَّا ابْنُ ثَوْبَانَ.

  1. Aḥmad bin Ḥusain bin Mudrik Abū Ḥafsh (1913) menceritakan kepada kami di istana Ibnu Hubairah, Sulaimān bin Aḥmad al-Wāsithī menceritakan kepada kami, Abū Khālid ‘Uqbah bin Ḥammād menceritakan kepada kami, ‘Abd-ur-Raḥmān bin Tsābit bin Tsaubān menceritakan kepada kami, dari al-Ḥasan bin Ḥurr, dari Laits Abī Sulaim, dari Mujāhid, dari Ibnu ‘Umar yang berkata: Nabi s.a.w. memegang sebagian anggota badanku dan bersabda: “Wahai ‘Abdullāh, jadilah di dunia ini seolah orang asing atau pengelana dan anggap dirimu sebagai penghuni kubur.

Tidak ada yang meriwayatkannya dari al-Ḥasan bin Ḥurr kecuali Ibnu Tsaubān.

Isnād: Hadits ini diriwayatkan oleh al-Bukhārī secara ringkas. At-Tirmidzī, Aḥmad dan Ibnu Mājah serta selain mereka dengan redaksi yang mirip. (1924).

Catatan:

  1. (189). Diriwayatkan dari Ḥāmid bin Yaḥyā al-Balkhī dan Aḥmad bin Budail al-Kūfī. Yang biasa meriwayatkan darinya adalah ‘Abd-ush-Shamad ath-Thastī dan ath-Thabrānī. Ad-Dāraquthnī menyebutnya dengan mengatakan: “Tidak ada masalah dengannya.” (Tārīkhu Baghdād 4/97).
  2. (190). Faidh-ul-Qadīr (4/317), hadits ini punya beberapa penguat dari beberapa orang sahabat. Lihat Sunan-ut-Tirmidzī (9/3748).
  3. (191). Dalam Tārīkhu Baghdād (4/96) disebutkan: Abū Ja‘far al-Qashrī mendengar dari Sulaimān bin Aḥmad al-Wāsithī, Shāliḥ bin Ziyād as-Sūsī, ‘Abd-ur-Raḥmān bin Muḥammad bin Salam at-Tharsusī. Yang biasa meriwayatkan darinya adalah Abul-Ḥusain bin al-Munadī, ‘Umar bin al-Ḥasan asy-Syaibānī, ‘Abd-ush-Shamad bin ‘Alī ath-Thastī dan Abul-Qāsim ath-Thabrānī. Semua mereka mendengar darinya di istana Ibnu Hubairah.Al-Khathīb al-Baghdādī mengatakan: “Dia tsiqah”. Juga dari Abū Sa‘īd yang berkata: “Dia terkenal dalam ilmu hadits.” Wafat tahun 290 H.
  4. (192). Jāmi‘-ul-Ushūl (1/185), Kasyf-ul-Khafā’ (2/2023), Ibnu Mājah (2/4114), Fatḥ-ul-Bārī (11/233) dan Tuḥfat-ul-Aḥwadzī (6/625).
Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.