Hati Senang

Al-Mu’jam-ash-Shaghir – Yang Bernama Ahmad (59-61/100): Mahabbah, Serta Kesunnahan Bersahur Dan Kewajiban Menuntut Ilmu

Cover Buku al-Mu'jam ash-Shaghir ath-Thabrani
Al-Mu‘jam-ush-Shaghīr (Judul Asli: Al-Muhalla) Oleh: Abul-Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani Penerjemah: Anshari Taslim Penerbit: PUSTAKA AZZAM

رقم الحديث: 95
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ زَيْدِ بْنِ الْحَرِيْشِ الْأَهْوَازِيُّ، حَدَّثَنَا أَبِيْ، حَدَّثَنَا عِمْرَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ أَبِيْ خَالِدٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ مُضَرِّسٍ الطَّائِيِّ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، قَالَ:” الْمَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنِ ابْنِ أَبِيْ خَالِدٍ، إِلَّا عِمْرَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ.

  1. Aḥmad bin Zaid bin al-Ḥarīsy al-Ahwāzī (1831) menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada kami, ‘Imrān bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami, dari Ismā‘īl bin Abī Khālid, dari asy-Sya‘bī, dari ‘Urwah bin Mudharris ath-Thā’ī bahwasanya Nabi s.a.w. bersabda: “Manusia itu akan bersama dengan siapa yang dia cintai.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ibnu Abī Khālid kecuali ‘Imrān bin ‘Uyainah.

Isnād: Al-Haitsamī mengatakan: “Diriwayatkan oleh ath-Thabrānī dalam ketiga mu‘jam-nya dan para perawinya adalah perawi kitab shaḥīḥ selain Zaid bin al-Ḥarīsy tapi dia tsiqah. (1842).

رقم الحديث: 06
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْخَضِرِ الْمَرْوَزِيُّ، بِبَغْدَادَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدَةَ الْمَرْوَزِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُوْ مُعَاذٍ النَّحْوِيُّ الْفَضْلُ بْنُ خَالِدٍ، حَدَّثَنَا أَبُوْ حَمْزَةَ السُّكَّرِيُّ، عَنْ رَقَبَةَ بْنِ مَصْقَلَةَ، عَنْ سَلْمِ بْنِ بَشِيْرٍ، عَنْ عَبْدِ الْعَزِيْزِ بْنِ صُهَيْبٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، قَالَ:” تَسَحَّرُوْا، فَإِنَّ فِي السَّحُوْرِ بَرَكَةً”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ سَلْمِ بْنِ بَشِيْرٍ، إِلَّا رَقَبَةُ، تَفَرَّدَ بِهِ أَبُوْ حَمْزَةَ، وَ اسْمُهُ مُحَمَّدُ بْنُ مَيْمُوْنٍ.

  1. Aḥmad bin al-Khadhir al-Marwazī (1853) menceritakan kepada kami di Baghdād, Muḥammad bin ‘Abdah al-Marwazī menceritakan kepada kami, Abū Mu‘ādz an-Naḥwī al-Fadhl bin Khālid menceritakan kepada kami, Abū Ḥamzah as-Sukkarī menceritakan kepada kami, dari Raqabah bin Mashqalah, dari Salm bin Basyīr, dari ‘Abd-ul-‘Azīz bin Shuhaib, dari Anas bin Mālik bahwa Nabi s.a.w. bersabda: “Bersahurlah kalian karena dalam makan sahur itu ada keberkahan.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Salm bin Basyīr kecuali Raqabah dan hanya Abū Ḥamzah yang meriwayatkan hadits ini darinya. Abū Ḥamzah ini namanya adalah Muḥammad bin Maimūn.

Isnād: Hadits ini juga diriwayatkan oleh al-Bukhārī, Muslim, at-Tirmidzī dan an-Nasā’ī. (1864).

رقم الحديث: 16
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ أَبِي الْعَبَّاسِ الْخُوَارِزْمِيُّ، بِبَغْدَادَ سَنَةَ سَبْعٍ وَ ثَمَانِيْنَ وَ مِائَتَيْنِ، حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ بْنِ أَبِيْ ثَابِتٍ الْمَدِيْنِيُّ، حَدَّثَنَا أَبِيْ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْحُسَيْنِ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ، عَنْ أَبِيْهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ:” طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ”، لَا يُرْوَى هذَا الْحَدِيْثُ عَنِ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ، إِلَّا بِهذَا الْإِسْنَادِ، تَفَرَّدَ بِهِ سُلَيْمَانُ، وَ مَا كَتَبْنَاهُ إِلَّا عَنْ هذَا الشَّيْخِ.

  1. Aḥmad bin Yaḥyā bin Abul-‘Abbās al-Khawārizmī (1875) menceritakan kepada kami di Baghdād pada tahun 287 H., Sulaimān bin ‘Abd-ul-‘Azīz bin Abī Tsābit al-Madīnī menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Abdullāh bin al-Ḥusain menceritakan kepada kami, dari ‘Alī bin Ḥusain bin ‘Alī, dari ayahnya r.a. yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ḥusain bin ‘Alī kecuali dengan isnād di atas. Hanya Sulaimān yang meriwayatkannya dan kami pun tidak menulisnya kecuali dari syaikh ini (Aḥmad bin Yaḥyā – penerj.)

Isnād: Al-Haitsamī mengatakan: “Dalam sanad-nya ada ‘Abd-ul-‘Azīz bin Abī Tsābit dan dia itu sangat lemah.” (1886).

Catatan:

  1. (183). Saya belum menemukannya.
  2. (184). Majma‘-uz-Zawā’id (10/281), dan nanti akan disebutkan lagi hadits beberapa orang sahabat. Demikian pula dalam al-Kabīr (17/154).
  3. (185). Tidak ada kata “Al-Marwazī” dalam kitab yang dicetak. Dia adalah Abul-‘Abbās datang ke Baghdād dan meriwayatkan hadits di sana dari Muḥammad bin ‘Abdah al-Marwazī. Yang meriwayatkan darinya adalah Sa‘īd bin Aḥmad bin al-‘Arrād, Abū Bakar an-Naqqāsy al-Muqrī’, ath-Thabrānī dan lain-lain.Riwayat Aḥmad ini sangat terkenal dan tersebar di kalangan penduduk Khurasan. Abū Nu‘aim mengatakan: “Dia adalah syaikh di Khurasan, punya beberapa fatwa yang terkenal serta penelitian yang terpuji. Wafat tahun 315 H.

    Lihat Tārīkhu Baghdād (4/137), Ḥilyat-ul-Auliyā’ (10/42).

  4. (186). Jāmi‘-ul-Ushūl (2/4529) dan nanti akan disebutkan lagi hadits Abū Hurairah pada no. 253, Mukhtasharu Muslim, no. 580, Fatḥ-ul-Bārī (4/139), an-Nasā’ī (4/141), dan Tuḥfat-ul-Aḥwadzī (3/392).
  5. (187). Abul-‘Abbās, datang ke Baghdād dan menceritakan hadits di sana dari Aḥmad bin Nashr-ul-Farrā’, Sulaimān bin ‘Abdullāh bin ‘Abdul-‘Azīz bin Abī Tsābit al-Madīnī, Muḥammad bin ‘Abdullāh bin Qahzad al-Marwazī. Yang biasa meriwayatkan darinya adalah Muḥammad bin Makhlad ad-Dūrī, Aḥmad bin Isḥāq bin Nabkhab ath-Thībī dan ath-Thabrānī.Ad-Dāraquthnī mengatakan: “Tidak bisa dijadikan hujjah.” Di tempat lain dia mengatakan: “Dha‘īf matrūk.” Lihat Tārīkhu Baghdād (5/203), Lisān-ul-Mīzān (1/321), Mīzān-ul-I‘tidāl (1/162).
  6. (188). Majma‘-uz-Zawā’id (1/120), sudah disebutkan pada no. 22 dari hadits Anas.
Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.