Hati Senang

Al-Mu’jam-ash-Shaghir – Yang Bernama Ahmad (56-58/100): Fithrah, Zakat Hasil Panen Dan Larangan Suap (Menyogok Dan Disogok)

Cover Buku al-Mu'jam ash-Shaghir ath-Thabrani
Al-Mu‘jam-ush-Shaghīr (Judul Asli: Al-Muhalla) Oleh: Abul-Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani Penerjemah: Anshari Taslim Penerbit: PUSTAKA AZZAM

رقم الحديث: 65
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ إِسْمَاعِيْلَ الرَّازِيُّ الْإِسْفَذَنِيُّ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُوْسَى الْفَرَّاءُ، حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ الْعَوَّامِ، عَنْ عُمَرَ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنِ الْأَحْنَفِ ابْنِ قَيْسٍ، عَنِ الْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: ” لَا تَزَالُ أُمَّتِيْ عَلَى الْفِطْرَةِ مَا لَمْ يُؤَخِّرُوا الْمَغْرِبَ، حَتَّى تَشْتَبِكَ النُّجُوْمُ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ قَتَادَةَ، إِلَّا عُمَرُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، تَفَرَّدَ بِهِ عَبَّادُ بْنُ الْعَوَّامِ.

  1. Aḥmad bin ‘Alī bin Ismā‘īl ar-Rāzī al-Isfadzanī (1741) menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Mūsā al-Farrā’ menceritakan kepada kami, ‘Abbād bin al-‘Awwām menceritakan kepada kami, dari ‘Umar bin Ibrāhīm, dari al-Ḥasan, dari al-Aḥnaf bin Qais, dari al-‘Abbās bin ‘Abd-il-Muththalib r.a. yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Umatku akan senantiasa berada dalam fithrah (Islam) selama mereka tidak mengundur pelaksanaan shalat Maghrib hingga bertebarannya bintang-bintang.

Tidak ada yang meriwayatkannya dari Qatādah kecuali ‘Umar bin Ibrāhīm (1752), hanya ‘Abbād bin al-‘Awwām yang meriwayatkan hadits ini darinya.

Isnād: Hadits ini diriwayatkan oleh al-Jamā‘ah kecuali an-Nasā’ī dengan redaksi yang ringkas. (1763).

رقم الحديث: 75
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيْدِ بْنِ فَرْقَدٍ الْجُدِّيُّ، بِمَدِيْنَةِ جُدَّةَ، حَدَّثَنَا أَبُوْ حَمَّةَ مُحَمَّدُ بْنُ يُوْسُفَ الزُّبَيْدِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُوْ قُرَّةَ مُوْسَى بْنُ طَارِقٍ، عَنْ مُوْسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: ” عَامَلَ أَهْلَ خَيْبَرَ بِشَطْرِ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا مِنْ زَرْعٍ أَوْ تَمْرٍ، وَ كَانَ يُعْطِيْ أَزْوَاجَهُ فِيْ كُلِّ عَامٍ مِائَةَ وَسْقٍ، مِائَةَ وَسْقٍ، ثَمَانِيْنَ وَسْقًا تَمْرًا، وَ عِشْرِيْنَ وَسْقًا شَعِيْرًا”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ مُوْسَى بْنِ عُقْبَةَ، إِلَّا أَبُوْ قُرَّةَ.

  1. Aḥmad bin Sa‘īd bin Farqad al-Juddī (1774) menceritakan kepada kami di kota Juddah, Abū Ḥammah Muḥammad bin Yūsuf az-Zubaidī menceritakan kepada kami, Abū Qurrah Mūsā bin Thāriq menceritakan kepada kami, dari Mūsā bin ‘Uqbah, dari ‘Ubaidullāh bin ‘Umar, dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar bahwa Rasūlullāh s.a.w. berbagi hasil dengan penduduk Khaibar berupa hasil panennya baik tanaman maupun buah-buahan sejumlah setengah hasilnya. Setiap tahunnya beliau memberikan para istri beliau sebanyak seratus wasaq,(1785), seratus wasaq, delapan puluh wasaq buah kurma dan dua puluh wasaq sya‘ir (jewawut).

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Mūsā bin ‘Uqbah kecuali Abū Qurrah.

Isnād: Hadits ini diriwayatkan oleh Jamā‘ah, kecuali an-Nasā’ī (1796).

رقم الحديث: 85
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَهْلِ بْنِ أَيُّوْبَ الْأَهْوَازِيُّ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ بَحْرِ بْنِ بَرِّيٍّ، حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ يُوْسُفَ الصَّنْعَانِيُّ، أَنْبَأَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، عَنِ ابْنِ أَبِيْ ذِئْبٍ، عَنِ الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ ذُبَابٍ، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ:” الرَّاشِيْ وَ الْمُرْتَشِيْ فِي النَّارِ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، إِلَّا هِشَامُ بْنُ يُوْسُفَ، تَفَرَّدَ بِهِ عَلِيُّ بْنُ بَحْرٍ.

  1. Aḥmad bin Sahl bin Ayyūb al-Ahwāzī (1807) menceritakan kepada kami, ‘Alī bin Baḥr bin Barrī (1818) menceritakan kepada kami, Hisyām bin Yūsuf ash-Sha‘ānī menceritakan kepada kami, Ibnu Juraij memberitakan kepada kami, Ibnu Abī Dzi’b, dari al-Ḥārits bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Dzubāb, dari Abū Salamah bin ‘Abd-ir-Raḥmān, dari ‘Abdullāh bin ‘Amr yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Yang menyogok dan yang disogok (akan berada) di neraka.

Tidak ada yang meriwayatkannya dari Ibnu Juraij kecuali Hisyām bin Yūsuf dan hanya ‘Alī bin Baḥr yang meriwayatkan hadits ini darinya.

Isnād: Al-Haitsamī mengatakan: “Para perawinya tsiqah.” Al-Mundzirī mengatakan: “Tsiqah dan terkenal.”

Catatan:

  1. (174) Al-Khathīb al-Baghdādī mengatakan: “Dia termasuk penduduk Ray lalu datang ke Baghdād untuk menunaikan haji. Dia meriwayatkan dari paman ayahnya ‘Umar bin ‘Alī bin Abī Bakar, Muḥammad bin Miḥrān al-Jamāl, Sahl bin ‘Utsmān, Ibrāhīm bin Mūsā dan dua orang pemilik nama ar-Rāzī.”Yang meriwayatkan darinya adalah ‘Abd-ur-Raḥmān bin Sima al-Mujbir, ath-Thabrānī dan lain-lain. Dia tsiqah. Dari Abul-‘Abbās bin Sa‘īd diperoleh informasi bahwa dia ini terkenal dalam bidang hadits.Dia wafat tahun 290 ketika pulang dari pelaksanaan ibadah haji.

    Lihat Tārīkhu Baghdād (4/307).

  2. (175). Nama Qatādah tidak termasuk dalam sanad hadits ini.
  3. (176). Lihat Faidh-ul-Qadīr (6/396); Ibnu Mājah (689). Ia mengatakan dalam kitab Zawā’id, bahwa isnād-nya ḥasan.
  4. (177). Meriwayatkan dari Abū Ḥammah, darinya adalah ath-Thabrānī tapi dia tertuduh memalsukan hadits tentang burung, dia juga punya riwayat-riwayat munkar. Lihat al-Mīzān (1/100), Lisān-ul-Mīzān (1/177).
  5. (178). Satu wasaq disimpulkan oleh Muḥammad Shubḥī bin Ḥasan Ḥallāq dalam kitabnya al-Lidhāhāt-ul-‘Ashriyyati lil-Maqāyisi wal-Makayili wal-Awzani wan-Nuqūd-isy-Syar‘iyyah hal. 128 adalah 135,5 kg atau kalau dengan takaran adalah 165,06 liter.
  6. (179). Nashb-ur-Rāyah (4/179), Mukhtasharu Muslim, no. 977, Fatḥ-ul-Bārī (5/10), Mukhtasharu Abī Dāūd (2888), Tuḥfat-ul-Aḥwadzī (4/637), dan akan disebutkan lagi pada no. 197.
  7. (180). Faidh-ul-Qadīr (4/43), dan Majma‘-uz-Zawā’id (4/199).
  8. (181). Saya belum menemukannya.
Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.