رقم الحديث: 94
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ وَاضِحٍ الْعَسَّالُ الْمِصْرِيُّ، حَدَّثَنَا حَامِدُ بْنُ يَحْيَى الْبَلْخِيُّ، حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ سَالِمٍ، حَدَّثَنَا مِسْعَرُ بْنُ كِدَامٍ، عَنْ أَبِي الْعَنْبَسِ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا، قَالَتْ:” كُنْتُ أَحُتُّ الْمَنِيَّ مِنْ ثَوْبِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ يُصَلِّيْ فِيْهِ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ مِسْعَرٍ، إِلَّا حَفْصُ بْنُ سَالِمٍ ، تَفَرَّدَ بِهِ حَامِدُ بْنُ يَحْيَى، وَ أَبُو الْعَنْبَسِ، الَّذِيْ رَوَى عَنْهُ مِسْعَرٌ هذَا الْحَدِيْثَ أَبُو الْعَنْبَسِ سَعِيْدُ بْنُ كَثِيْرِ بْنِ عُبَيْدٍ، وَ قَدْ رَوَى مِسْعَرٌ، عَنْ أَبِي الْعَنْبَسِ الْكَبِيْرِ، وَ اسْمُهُ عَبْدُ اللهِ بْنُ مَرْوَانَ.
- Aḥmad bin Isḥāq bin Wādhiḥ al-‘Assāl al-Mishrī (1591) menceritakan kepada kami, Ḥāmid bin Yaḥyā al-Balkhī menceritakan kepada kami, Ḥafsh bin Sālim menceritakan kepada kami, Mis‘ar bin Kidām menceritakan kepada kami, dari Abul-‘Anbas, dari al-Qāsim bin Muḥammad, dari ‘Ā’isyah r.a. yang berkata: “Aku pernah mengerik (bekas) mani dari pakaian Rasūlullāh s.a.w. dan beliau lalu menggunakannya untuk shalat.”
Tidak ada yang meriwayatkannya dari Mis‘ar kecuali Ḥafsh bin Sālim, hanya Ḥāmid bin Yaḥyā yang meriwayatkannya. Abul-‘Anbas Sa‘īd bin Katsīr bin ‘Ubaid. Mis‘ar sendiri biasa meriwayatkan dari Abul-‘Anbas senior yang bernama ‘Abdullāh bin Marwān.
Isnād: Hadits ini juga diriwayatkan oleh Muslim, al-Baihaqī, ad-Dāraquthnī, Ibnu Khuzaimah dan Ibn-ul-Jauzī. (1602).
Catatan editor : Hadits ini merupakan penjelasan tersirat bahwa secara zat, mani itu tidak najis. Pakaian atau kain yang terkena mani hukumnya tidak najis sehingga boleh dilap (ketika masih basah) atau dikerik saja (ketika sudah kering) untuk menghilangkan zat atau baunya, tanpa harus dipercikkan air atau dicuci bersih.
رقم الحديث: 05
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ فِيْلٍ الْأَنْطَاكِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُوْ تَوْبَةَ الرَّبِيْعُ بْنُ نَافِعٍ، حَدَّثَنَا مُصْعَبُ بْنُ مَاهَانَ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنِ ابْنِ أَبِيْ ذِئْبٍ، وَ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَلْقَمَةَ، عَنْ نَافِعِ بْنِ أَبِيْ نَافِعٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “لَا سَبَقَ إِلَّا فِيْ خُفٍّ، أَوْ حَافِرٍ، أَوْ نَصْلٍ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، إِلَّا مُصْعَبُ بْنُ مَاهَانَ، وَ ابْنُ أَبِيْ ذِئْبٍ مَشْهُوْرٌ.
- Aḥmad bin Ibrāhīm bin Fīl al-Anthākī (1613) menceritakan kepada kami, Abū Taubah ar-Rabī‘ bin Nāfi‘ menceritakan kepada kami, Mush‘ab bin Māhān menceritakan kepada kami, dari Sufyān ats-Tsaurī, dari Ibnu Abī Dzi’b dan Muḥammad bin ‘Amr bin ‘Alqamah, dari Nāfi‘ bin Abī Nāfi‘, dari Abū Hurairah r.a. yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Tidak ada perlombaan kecuali dalam sepatu (balap unta), kuku (balapan kuda) dan anak panah (lomba memanah).” (1624).
Tidak yang meriwayatkannya dari Sufyān dari Muḥammad bin ‘Amr kecuali Mush‘ab bin Māhān. Ibnu Abī Dzi’b sendiri sudah cukup terkenal.
Isnād: Para perawinya tsiqah dan hadits ini diriwayatkan pula oleh Abū Dāūd, at-Tirmidzī, an-Nasā’ī dan Ibnu Mājah dengan Isnād yang shaḥīḥ. (1635).
Yang meriwayatkan darinya adalah an-Nisā’ī dalam musnad Mālik, Ibnu Ḥajar mengatakannya: “shadūq, termasuk periode kedua belas”. Ibnu ‘Asākir menganggapnya tsiqah dan al-Ḥāfizh Abul-Qāsim mengatakannya “Tsiqah”.
Lihat Khulāshah (1/5), Taqrīb (1/9), al-Kāmil (1/16).
رقم الحديث: 15
(حديث قدسي) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْمُعَلَّى الدِّمَشْقِيُّ الْقَاضِيْ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يَزِيْدَ بْنِ رَاشِدٍ الدِّمَشْقِيُّ الْمُقْرِئُ، حَدَّثَنَا صَدَقَةُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِيْ عَرُوْبَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيْرِيْنَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “قَالَ اللهُ تَعَالَى: أَعْدَدْتُ لِعِبَادِي الصَّالِحِيْنَ مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ، وَ لَا أَذُنٌ سَمِعَتْ، وَ لَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ قَتَادَةَ، إِلَّا ابْنُ أَبِيْ عَرُوْبَةَ، تَفَرَّدَ بِهِ صَدَقَةُ بْنُ عَبْدِ اللهِ.
- Aḥmad bin al-Mu‘allā ad-Dismasyqī al-Qādhī (1646) menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Yazīd bin Rāsyid ad-Dimasyqī al-Muqrī menceritakan kepada kami, Shadaqah bin ‘Abdullāh menceritakan kepada kami, dari Sa‘īd bin Abī ‘Arūbah, dari Qatādah, dari Muḥammad bin Sīrīn, dari Abū Hurairah yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Allah ta‘ālā berfirman: Aku sudah mempersiapkan untuk para hamba-Ku yang shalih berupa sesuatu yang belum pernah dilihat oleh mata, belum pernah terdengar telinga dan belum pernah terlintas dalam hati manusia.”
Tidak ada yang meriwayatkannya dari Qatādah kecuali Ibnu Abī ‘Arūbah, hanya Shadaqah bin ‘Abdullāh yang meriwayatkannya.
Isnād: Isnād-nya dha‘īf tapi hadits ini sendiri juga diriwayatkan oleh Aḥmad dan Syaikhān, at-Tirmidzī dan Ibnu Mājah. Dalam masalah ini juga ada hadits yang diriwayatkan dari Anas dan lain-lain. (1657).
Catatan:
- (159). Saya (Imam Thabrani-ed.) belum menemukannya.
- (160). Subul-us-Salām (1/36-38), Mukhtasharu Muslim, no. 188, Ibnu Khuzaimah (1/149) dan ad-Dāraquthnī (1/125).
- (161). Dia adalah Abul-Ḥasan al-Asadī al-Balisī yang menetap di Antakia. Meriwayatkan dari Aḥmad bin Yūnus, ‘Abd-ul-Wahhāb bin Najdah dan Abū Mush‘ab az-Zuhrī serta tingkatan mereka.
- (162). Maksud sepatu adalah sepatu unta artinya balap unta, sedangkan kuku artiya ladam kuda maksudnya balapan kuda dan anak panah adalah lomba memanah.
- (163). Jāmi‘-ul-Ushūl (5/3031), Tuḥfat-ul-Aḥwadzī (5/352), Mukhtasharu Abī Dāūd no. 2464, an-Nisā’ī (6/226) dan Ibnu Mājah (2878).
- (164). Dia adalah Abū Bakar al-Qādhī. Dia adalah hakim di Damaskus sebagai pengganti dari Muḥammad bin ‘Utsmān al-Qādhī. Dia biasa meriwayatkan dari sejumlah ulama antara lain Abū Ḥātim ar-Rāzī. Yang biasa meriwayatkan darinya adalah an-Nasā’ī dalam berbagai tulisannya. An-Nasā’ī mengatakan tentang dirinya: “Tidak ada masalah dengannya.” Ibnu Ḥajar mengatakan: “Shadūq, termasuk periode kedua belas.” Dia wafat tahun 286 H. di Damaskus.Lihat ad-Dimasyq (2/94), Taqrīb (1/26), Qudhātu Dimasyq (24).
- (165). Faidh-ul-Qadīr (4/473), Fatḥ-ul-Bārī (13/465), Tuḥfat-ul-Aḥwadzī (9/56), Ibnu Mājah (4328) dan Mukhtasharu Muslim (2157).