Al-Mu’jam-ash-Shaghir – Yang Bernama Ahmad (24/208): Memejamkan Mata Dalam Shalat?

Al-Mu‘jam-ush-Shaghīr
(Judul Asli: Al-Muhalla)
Oleh: Abul-Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani

Penerjemah: Anshari Taslim
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Al-Mu'jam-ush-Shaghir Bab Alif - Yang Bernama Ahmad

رقم الحديث: 42
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ بْنِ طُعْمَةَ الْحَلَبِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُوْ خَيْثَمَةَ مُصْعَبُ بْنُ سَعِيْدٍ، حَدَّثَنَا مُوْسَى بْنُ أَعْيَنَ، عَنْ لَيْثِ بْنِ أَبِيْ سُلَيْمٍ، عَنْ طَاوُسٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: ” إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ فِي الصَّلَاةِ فَلَا يُغْمِضْ عَيْنَيْهِ”، لَا يُرْوَى عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، إِلَّا بِهذَا الْإِسْنَادِ تَفَرَّدَ بِهِ مُوْسَى بْنُ أَعْيَنَ الْجَزَرِيُّ الْحَرَّانِيُّ.

  1. Aḥmad bin al-Musayyib bin Thu‘mah al-Ḥalabī (961) menceritakan kepada kami, Abū Khaitsamah (972) Mush‘ab bin Sa‘īd menceritakan kepada kami, Mūsā bin A‘yan menceritakan kepada kami, dari Laits bin Abī Sulaim, dari Thāwus, dari Ibnu ‘Abbās yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian berdiri melaksanakan shalat maka janganlah dia memejamkan mata.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ibnu ‘Abbās kecuali dengan sanad ini, hanya Mūsā bin A‘yan al-Jazarī al-Ḥarrānī yang meriwayatkannya.

Isnād: Diriwayatkan oleh ath-Thabrānī dalam ketiga mu‘jam-nya dan dalam sanad-nya ada Laits bin Abī Sulaim dan dia seorang mudallis, di sini dia meriwayatkan dengan kata “dari”. (983). Juga diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adī dan dia berkata: “Di dalamnya ada Mush‘ab al-Mishshīshī, yang meriwayatkan hadits-hadits munkar dari orang-orang tsiqah, kemudian dia menyebutkan hadits ini salah satunya. (994).

Catatan:

  1. (96). Saya belum menemukannya.
  2. (97). Dalam versi tercetak tertulis “Khutsaimah” pembetulan ini diperoleh dari kitab Lisān-ul-Mīzān dan versi manuskrip.
  3. (98). Majma‘-uz-Zawā’id (2/83), al-Kabīr (11/34).
  4. (99). Faidh-ul-Qadīr (1/414).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.