Al-Mu’jam-ash-Shaghir – Yang Bernama Ahmad (23/208): Perang Adalah Tipuan / Tipu Daya

Al-Mu‘jam-ush-Shaghīr
(Judul Asli: Al-Muhalla)
Oleh: Abul-Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani

Penerjemah: Anshari Taslim
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Al-Mu'jam-ush-Shaghir Bab Alif - Yang Bernama Ahmad

رقم الحديث: 32
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْبُوْرَانِيُّ، بِمَدِيْنَةِ الْحَدِيْثَةِ بِالْجَزِيْرَةِ، حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ الْمَدَائِنِيُّ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ غُرَابٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ عَائِشَةَ: عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، قَالَ: ” الْحَرْبُ خُدْعَةٌ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ هِشَامٍ، إِلَّا عَلِيٌّ، تَفَرَّدَ بِهِ جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ.

  1. Aḥmad bin Muḥammad al-Būrānī (931) di kota al-Ḥadītsah di Jazīrah menceritakan kepada kami, Ja‘far bin Muḥammad bin Ja‘far al-Madā’inī menceritakan kepada kami, ‘Alī bin Ghurāb menceritakan kepada kami, dari Hāsyim bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Ā’isyah r.a., dari Nabi s.a.w. yang berkata: “Perang itu adalah (-melakukan-ed) tipuan / tipu daya.” Tidak ada yang meriwayatkannya dari Hisyām kecuali ‘Alī dan hanya Ja‘far bin Muḥammad yang meriwayatkannya.

Isnād: Diriwayatkan oleh Ibnu Mājah dari hadits ‘Ā’isyah dan hadits Ibnu ‘Abbās. Aḥmad, al-Bukhārī, Muslim, Abū Dāūd, at-Tirmidzī mengeluarkannya dari hadits Jabir. Al-Bukhārī dan Muslim juga mengeluarkan dari hadits Ka‘b bin Mālik dan lainnya. (942). As-Suyuthī dan lainnya menganggap hadits ini mutawātir. (953).

Catatan:

  1. (93). Saya belum menemukannya.
  2. (94). Al-Jāmi‘-ush-Shaghīr (3/3812), Ibnu Mājah (2833 dan 2834).
  3. (95). Nazhm-ul-Mutanātsirī fil-Ḥadīts-il-Mutawātir oleh al-Kattānī hal. 94.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.