Al-Mu’jam-ash-Shaghir – Yang Bernama Ahmad (19/208): Keutamaan Bunda Khadijah R.A.

Al-Mu‘jam-ush-Shaghīr
(Judul Asli: Al-Muhalla)
Oleh: Abul-Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani

Penerjemah: Anshari Taslim
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Al-Mu'jam-ush-Shaghir Bab Alif - Yang Bernama Ahmad

رقم الحديث: 91
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَبُوْ سَلَمَةَ أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ يُوْنُسَ الرَّقِّيُّ الْفَقِيْهُ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِيْ سَمِيْنَةَ، حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ الشَّيْبَانِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ أَوْفَى، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، قَالَ: ” قَالَ لِيْ جِبْرِيْلُ: بَشِّرْ خَدِيْجَةَ بِبَيْتٍ فِي الْجَنَّةِ مِنْ قَصَبٍ لَا صَخَبَ فِيْهِ وَ لَا نَصَبَ “يَعْنِيْ قَصَبَ اللُّؤْلُؤِ لَمْ يَرْوِهِ عَنْ سُلَيْمَانَ، إِلَّا أَبُوْ بَكْرٍ، تَفَرَّدَ بِهِ ابْنُ أَبِيْ سَمِينَةَ.

  1. Abū Salamah Aḥmad bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin Yūnus ar-Raqqī (831) menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Abī Samīnah menceritakan kepada kami, Abū Bakar bin ‘Ayyāsy menceritakan kepada kami, dari Sulaimān asy-Syaibānī, dari ‘Abdullāh bin Abī Aufā bahwa Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Jibril berkata kepadaku: Beri kabar gembira kepada Khadījah binti Khuwailid bahwa Khadījah berada dalam surga di sebuah lorong yang tidak ada hiruk-pikuk dan rasa sakit di dalamnya.” Yaitu lorong dari mutiara.”

Tidak ada yang meriwayatkannya dari Sulaimān kecuali Abū Bakar dan hanya Ibnu Abī Samīnah yang meriwayatkannya.

Isnād: Diriwayatkan pula oleh ath-Thabrānī dalam al-Kabīr dan al-Ausath, para rawinya adalah perawi kitab shahih kecuali Muḥammad bin Abī Samīnah tapi dia dianggap tsiqah oleh lebih dari satu orang. (842).

Catatan:

  1. (83). Saya-Imam Thabrani-ed belum menemukannya.
  2. (84). Lihat: Faidh-ul-Qadīr (4/499), Majma‘-uz-Zawā’id (9/224). Juga dikeluarkan oleh al-Bukhārī dan Muslim dengan redaksi senada dari hadits ‘Abdullāh bin Abī Aufā, dan Muslim dari hadits Abū Hurairah. Lihat al-Bukhārī (2/315), Muslim (7/133) dan Kanz-ul-‘Ummāl (12/34336).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.