Al-Adab-al-Mufrad Bab 15 no.29 s.d 30 – Hukuman Bagi Kedurhakaan Kepada Orang Tua

الْأَدَبُ الْمُفْرَدُ
(Terjemah Al-Adab-ul-Mufrad)
Kumpulan Hadits Tentang Etika-etika Berdasarkan Sunnah
Oleh: Al-Imam Al-Hafizh Abu ‘Abdillah Muhammad bin Isma‘il al-Bukhari

Wafat Tahun 256 H.

Penerjemah: Ustadz Mu‘allim, Abu Khudzaikfah Yahya, Fauzi Itsanen, Abu Idris Tsaqif, Akhmad Yuswaji.
Penerbit: Buana Ilmu Islami.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيْدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُيَيْنَةُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ بَكْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: “مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجَّلَ لِصَاحِبِهِ الْعُقُوْبَةُ مَعَ مَا يُدَّخَرُ لَهُ، مِنَ الْبَغِيِّ وَ قَطِيْعَةِ الرَّحِمِ.

  1. Abdullāh bin Yazīd menyampaikan kepada kami dengan mengatakan: ‘Uyainah bin ‘Abd-ir-Raḥmān menyampaikan kepada kami: Dari Ayahnya: Dari Abū Bakrah, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwa Beliau bersabda:

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجَّلَ لِصَاحِبِهِ الْعُقُوْبَةُ مَعَ مَا يُدَّخَرُ لَهُ، مِنَ الْبَغِيِّ وَ قَطِيْعَةِ الرَّحِمِ.

Tidak ada dosa pun yang lebih pantas untuk disegerakan hukuman bagi pelakunya, di samping (hukuman) yang disimpan untuknya (di akhirat), (yaitu) dari perbuatan sewenang-wenang dan memutus hubungan persaudaraan.

Shaḥīḥ, (di dalam) Ash-Shaḥīḥah (918, 978), [Abū Dāūd, 40-Kitāb-ul-Adab (Kitab adab), 43- Bāb-un-Nahyu ‘An-il-Baghyi (Bab Larangan berbuat sewenang-wenang.) at-Tirmidzī, 351- Kitāb-ul-Qiyāmah (Kitab kiamat), 57 Bābu Ḥaddatsanā ‘Alī ibnu Ḥajar (Bab ‘Alī bin Ḥajar menyampaikan kepada kami.) Ibnu Mājah, 37 Kitāb-uz-Zuhd (Kitab zuhd), 23- Bāb-ul Baghyu (Bab perbuatan sewenan-wenang), hadits nomor 4211].

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ بِشْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “مَا تَقُوْلُوْنَ فِي الزِّنَا، وَ شُرْبِ الْخَمْرِ، وَ السَّرِقَةِ؟ قُلْنَا: اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: هُنَّ الْفَوَاحِشُ، وَ فِيْهِنَّ الْعُقُوْبَةُ، أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ؟ الشِّرْكُ بِاللهِ تَعَالَى وَ عُقُوْقُ الْوَالِدَيْنِ، وَ كَانَ مُتَّكِئًا، فَاحْتَفَزَ، قَالَ: وَ الزُّوْرُ.

  1. Ḥasan bin Bisyr menyampaikan kepada kami dengan mengatakan: al-Ḥakam bin ‘Abd-il-Mālik menyampaikan kepada kami: Dari Qatādah: Dari al-Ḥasan: Dari ‘Imrān bin Ḥushain, dia berkata: “Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا تَقُوْلُوْنَ فِي الزِّنَا، وَ شُرْبِ الْخَمْرِ، وَ السَّرِقَةِ؟ قُلْنَا: اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: هُنَّ الْفَوَاحِشُ، وَ فِيْهِنَّ الْعُقُوْبَةُ، أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ؟ الشِّرْكُ بِاللهِ تَعَالَى وَ عُقُوْقُ الْوَالِدَيْنِ، وَ كَانَ مُتَّكِئًا، فَاحْتَفَزَ، قَالَ: وَ الزُّوْرُ.

Apa pendapat kalian tentang zina, minum khamer dan mencuri?” Kami menjawab: “Allah dan Rasūl-Nya lebih tahu.” Beliau bersabda: “Itulah perbuatan-perbuatan keji dan hukuman dikenakan padanya. Maukah kalian aku beritahu tentang dosa besar yang paling besar? Syirik kepada Allah ‘azza wa jalla dan durhaka kepada kedua orang tua.” Beliau yang saat itu bersandar lantas bangkit (191) seraya bersabda: “dan dusta.

Dha‘īf isnād; Pada isnādnya terdapat ‘an‘anah (sumber periwayatan yang tidak jelas). Ḥasan al-Bashrī, sedangkan Ḥakam bin ‘Abd-īl-Mālik sebagai rāwi yang lemah (dha‘īf), tidak diperhitungkan sama sekali dalam al-Kutub-us-Sittah. (202)

Catatan:

  1. 19). Dari kata iḥtafaza; segera mengambil posisi duduk berlutut ataupun bersila. Maksudnya beliau mengambil posisi yang sigap dan menunjukkan keseriusan.
  2. 20). Akan tetapi itu merupakan dosa besar secara umum (bukan yang terbesar) sebagaimana yang diungkap dalam ash-Shaḥīḥain dan lainnya dari hadits Abū Bakrah dan lainnya. Baca Ghāyat-ul-Marām 277.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *