(وَ أَبْوَابُ أُصُوْلِ الْفِقْهِ أَقْسَامُ الْكَلَامِ: الْأَمْرُ وَ النَّهْيُ وَ الْعَامُ وَ الْخَاصُّ)، وَ يُذْكَرُ فِيْهِ الْمُطْلَقُ وَ الْمُقَيَّدُ، (وَ الْمُجْمَلُ وَ الْمُبَيَّنُ وَ الظَّاهِرُ)، وَ فِيْ بَعْضِ النُّسَخِ وَ الْمُؤَوَّلُ وَ سَيَأْتِيْ
(وَ الْأَفْعَالُ وَ النَّاسِخُ وَ الْمَنْسُوْخُ وَ الْإِجْمَالُ وَ الْأَخْبَارُ وَ الْقِيَاسُ وَ الْحَظْرُ وَ الْإبَاحَةُ وَ تَرْتِيْبُ الْأَدِلَّةِ وَ صِفَةُ الْمُفْتِيْ وَ الْمُسْتَفْتِيْ وَ أَحْكَامُ الْمُجْتَهِدِيْنَ).
Bab-bab pembahasan ushūl fiqh adalah beberapa pembagian kalām, berupa amr, nahi, ‘ām, khāsh. Disebutkan pula di dalamnya, lafazh muthlaq dan muqayyad, mujmal, mubayyan, dan zhāhir. Dalam redaksi lain, dan mu’awwal yang akan dijelaskan nanti.
Kemudian perbuatan Nabi s.a.w., nāsikh, mansūkh, ijmāl, akhbār, qiyās, ḥazhr , ibāḥah, urutan dalīl, syarat-syarat seorang orang yang berfatwa dan orang yang meminta fatwa serta hukum-hukum para mujtahid.
Setelah menjelaskan definisi ushūl fiqh, pengarang menjelaskan beberapa bab pokok kajian dalam ushūl fiqh. Di antaranya adalah (121):