بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Dengan menyebut nama Allah Dzāt Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyarang.
NABI ADAM A.S. DICIPTAKAN
Dan sesungguhnya manakala Allah s.w.t. telah menciptakan Nabi Adam a.s. Allah s.w.t. senantiasa memanggilnya dengan julukan Abū Muhammad, sehingga Nabi Adam a.s bertanya kepada Allah s.w.t. tentang rahasia panggilan tersebut, sebagaimana hal itu telah diriwayatkan oleh syaikhu ahmad-ubnu zainī dahlān-il-hasanī dalam kitābnya as-sīrat-un-nabawiyyah juz 1 hal. 15:
قَالَ الشَّيْخُ أَحْمَدُ بْنِ زَيْنِيْ دَحْلاَنِ الْحَسَنِيِّ فِي السِّيْرَةِ النَّبَوِيَّةِ الْجُزْءِ الأَوَّلِ ص 15:
وَ يُرْوِيَ مِنْ طُرُقِ شَّتَّى أَنَّ اللهَ تَعَالى لَمَّا خَلَقَ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ أَلْهَمَهُ اللهُ أَنْ قَالَ: يَا رَبِّ لِمَ كَنَيْتَنِيْ أَبَا مُحَمَّدٍ؟ قَالَ اللهُ تَعَالى: يَا آدَمُ إِرْفَعْ رَأْسَكَ فَرَفَعَ رَأْسَهُ فَرَأَى نُوْرَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ سُرَادِقِ الْعَرْشِ فَقَالَ: يَا رَبِّ مَا هذَا النُّوْرُ؟ قَالَ: هذَا نُوْرُ نَبِيٍّ مِنْ ذُرِّيَّتِكَ إِسْمُهُ فِي السَّمَاءِ أَحْمَدٌ وَ فِي الأَرْضِ مُحَمَّدٌ لَوْ لاَهُ مَا خَلَقْتُكَ وَ لاَ خَلَقْتُ سَمَاءً وَ أَرْضًا
Yang artinya kurang lebih:
“Bahwa sesungguhnya Allah s.w.t. sesudah menciptakan Nabi Adam a.s. maka Allah s.w.t. memberi ilham kepada Nabi Adam a.s. untuk bertanya kepada-Nya: Ya Allah, kenapa Engkau juluki aku dengan “Abū Muhammad” (Ayahnya/bapaknya Muhammad)? Maka Allah s.w.t. berfirman kepada Nabi Adam a.s.: Hai Adam, Angkat kepalamu. Maka Nabi Adam a.s. kemudian mengangkat kepalanya. Seketika itu Beliau melihat Nūr (cahaya) Baginda Nabi Muhammad s.a.w. meliputi di sekitar ‘Arasy. Nabi Adam a.s. bertanya: Ya Allah, Nūr siapa ini? Allah s.w.t. berfirman: Ini adalah Nūr seorang Nabi dari keturunanmu, di langit namanya Ahmad, di bumi namanya Muhammad. Kalau bukan karena dia niscaya Aku tidak akan menciptakan kamu, langit dan bumi.”
Kemudian Allah s.w.t. meletakkan Nūr Baginda Nabi Muhammad s.a.w. dalam punggung Nabi Adam a.s., sebagaimana yang disebutkan oleh Imām jalāl-ud-dīn-is-suyūthī dalam kitābnya ad-durar-ul-hisānī hāmisyu daqā’iq-il-akhbār hal. 5:
قَالَ الإِمَامُ السُّيُوْطِيُّ فِي الدُّرَرِ الْحِسَانِ هَامِشِ دَقَائِقِ الأَخْبَارِ ص 5:
ثُمَّ ِإنَّ اللهَ تَعَالى إِسْتَوْدَعَ نُوْرَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ ظَهْرِهِ وَ أَسْجَدَ لَهُ الْمَلاَئِكَةَ وَ أَسْكَنَهُ الْجَنَّةَ فَكَانَتِ الْمَلاَئِكَةُ تَقِفُ خَلْفَ آدَمَ صُفُوْفًا صُفُوْفًا يُسَلِّمُوْنَ عَلى نُوْرِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ
Yang artinya kurang lebih:
“Bahwa sesungguhnya Allah s.w.t. telah meletakkan Nūr Baginda Nabi Muhammad s.a.w. dalam punggung Nabi Adam a.s. sehingga (Dia memerintahkan) para malaikat sujūd kepadanya dan memasukkannya ke dalam surga. Lalu para malaikat berbaris rapi di belakang Nabi Adam a.s. untuk menghaturkan salam kepada Nūr Baginda Nabi Muhammad s.a.w.”
PARA MALAIKAT SUJŪD PADA NABI ADAM A.S.
Dan pada saat itu pula Allah s.w.t. memerintahkan kepada Iblīs agar sujud kepada Nabi Adam a.s., namun dia membangkang dan sombong. Sebagaimana disebutkan dalam Firman Allah s.w.t. Sūrat al-Baqarah, ayat 34:
وَ إِذْ قُلْنَا لِلْمَلائِكَةِ اسْجُدُوْا لِآدَمَ فَسَجَدُوْا إِلاَّ إِبْلِيْسَ أَبى وَ اسْتَكْبَرَ وَ كَانَ مِنَ الْكَافِرِيْنَ
Yang artinya kurang lebih:
“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: Sujudlah kalian semua kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblīs; ia enggan dan takabur dan sesungguhnya ia (Iblis) termasuk golongan orang-orang yang kafir.” (al-Baqarah: 34).
IBU HAWWĀ’ DICIPTAKAN
Selanjutnya Allah s.w.t. menciptakan ibunda Hawwā’ yang sangat cantik jelita dan sempurna kecantikannya dari tulang rusuk kiri Nabi Adam a.s. (yang merupakan bapak dari seluruh umat manusia) untuk menikahinya setelah memberikan maharnya berupa bershalawat sebanyak tiga kali kepada Baginda Nabi Muhammad s.a.w. Sebagaimana hal itu telah disebutkan oleh Imām ‘abd-ur-rahmān-ibni ‘abd-us-salām-ish-shafūr-isy-syāfi‘ī di kitābnya Nuzhat-ul-Majālis juz 2 hal. 169 yang menukil perkataan Imām al-Kisā’ī dan juga disebutkan pula oleh syaikhu ahmad-ubnu zainī dahlān-il-hasanī di kitābnya as-sīrat-un-nabawiyyah juz 1 hal. 17:
قَالَ الإمَامُ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَبْدِ السَّلاَمِ الصَّفُوْرِيِّ الشَّافِعِيِّ فِيْ نُزْهَةِ الْمَجَالِسِ الْجُزْءُ الثَّانِيْ ص 169:
قَالَ الْكِسَائِي وَ غَيْرُهُ – لَمَّا خَلَقَ اللهُ آدَمَ خَلَقَ حَوَّاءَ مِنْ ضِلْعِهِ الأَيْسَرِ وَ هُوَ فِي الْجَنَّةِ وَ أَوْدَعَهَا حُسْنَ سَبْعِيْنَ حَوْرَاءَ فَصَارَتْ حَوَّاءُ بَيْنَ الْحُوْرِ الْعِيْنِ كَالْقَمَرِ بَيْنَ الْكَوَاكِبِ وَ كَانَ آدَمُ نَائِمًا فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ مدَّ يَدَهُ إِلَيْهَا فَقِيْلَ لَهُ مَهْ يَا آدَمُ حَتّى تُؤَدِّيَ مَهْرَهَا قَالَ وَ مَا هُوَ؟ قَالَ أَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ
Yang artinya kurang lebih:
“Ketika Allah s.w.t. sudah menciptakan Nabi Adam a.s. di surga, Allah s.w.t. kemudian menciptakan Ibu Hawwā’ dari tulang rusuk Nabi Adam a.s. sebelah kirinya dan menganugerahkannya kecantikan luar biasa melebihi kecantikan 70 bidadari sehingga dibanding kecantikan para bidadari surga, Ibu Hawwā’ laksana bulan purnama dikelilingi bintang-bintang yang gemerlapan. Begitu Nabi Adam a.s. bangun dari tidurnya dan melihat Ibu Hawwā’, Beliau a.s. hendak menyentuhnya. Namun terdengar seruan kepadanya: “Hai Nabi Adam a.s. Engkau tidak diizinkan untuk menyentuhnya sebelum Engkau memberikan maharnya.” Beliau Nabi Adam a.s. bertanya: “Apa maharnya?” Kemudian terdengar seruan menjawab: “Hai Nabi Adam a.s. maharnya adalah engkau mengucapkan salawat sebanyak tiga kali kepada Baginda Nabi Muhammad s.a.w.”
Sungguh alangkah mulia derajat Junjungan kita Baginda Nabi Muhammad s.a.w., sampai ditetapkan/disahkan oleh Allah s.w.t. pernikahannya Nabi Adam a.s. dengan Ibu Hawwā’ dengan bacaan salawat sebanyak tiga kali kepada Baginda Nabi Muhammad s.a.w. dan dipersilakan kepada mereka (Nabi Adam a.s. dan Ibu Hawwā’) untuk bersenang-senang di surga yang sangat indah dan nikmat sekali. Maka di situlah Nabi Adam a.s. dan ibunda Hawwā’ senantiasa melihat Asmā’ Nabi Muhammad s.a.w. terukir indah di mana-mana senantiasa berdampingan dengan Asmā’ Allah s.w.t. Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Imām jalāl-ud-dīni ‘abd-ur-rahmān-is-suyūthī asy-syāfi‘ī dalam kitābnya al-hāwī lil-fatāwī Juz 2 hal. 174, dan disebutkan oleh syaikhu ahmad-ubnu zainī dahlān-il-hasanī dalam kitābnya as-sīrat-un-nabawiyyah juz 1 hal. 15:
قَالَ الإِمَامُ جَلاَلُ الدِّيْنِ عَبْدُ الرَّحْمنِ السُّيُوْطِيُّ فِي الْحَاوِيْ لِلْفَتَاوِيْ الْجُزْءُ الثَّانِيْ ص 174
وَ الشَّيْخُ أَحْمَدُ بْنُ زَيْنِيْ دَحْلاَنُ الْحَسَنِيْ فِي السِّيْرَةِ النَبَوِيَّةِ الْجُزْءُ الأَوَّلِ ص 15:
أَنَّ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ رَأَى مَكْتُوْبًا عَلى سَاقِ الْعَرْشِ وَ عَلى كُلِ مَوْضِعٍ فِي الْجَنَّةِ مِنْ قَصْرٍ وَ غُرْفَةٍ وَ نُحُوْرِ الْحُوْرِ الْعِيْنِ وَ وَرَقِ الشَّجَرَةِ طُوْبى وَ وَرَقِ سِدْرَةِ الْمُنْتَهى وَ أَطْرَافِ الْحُجُبِ وَ بَيْنَ أَعْيُنِ الْمَلاَئِكَةِ اسْمَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مَقْرُوْنًا بِاسْمِ اللهِ تَعَالى وَ هُوَ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ.
Yang artinya kurang lebih:
“Sesungguhnya Nabi Adam a.s. telah melihat Nama Baginda Nabi Muhammad s.a.w. senantiasa berdampingan dengan Asmā’ Allah s.w.t. tertulis: lā ilāha illallāh muhammad-ur-rasūlullāh di kaki ‘Arasy dan di setiap tempat di surga, di setiap gedung-gedung surga, di kamar-kamar surga, di leher-leher bidadari di daun-daun pohon Thūbā, di daun-daun pohon Sidrat-ul-Muntahā, di ujung-ujung benteng dan di setiap dahi para malaikat (antara kedua matanya).”