س: كَمْ صِفَةً امْتَازَ بِهَا نَبِيُّنَا عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ عَنْ سَائِرِ الْأَنْبِيَاءِ؟
ج: اِمتَازَ نَبِيُّنَا عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ عَنْ سَائِرِ الْأَنْبِيَاءِ بِثَلَاثِ صِفَاتٍ. الْأُوْلَى: أَنَّهُ أَفْضَلُ الْأَنْبِيَاءِ. الثَّانِيَةُ: أَنَّهُ أُرْسِلَ إِلَى النَّاسِ كَافَّةً. الثَّالِثُ: أَنَّهُ خَاتِمٌ فَلَا يَأْتِيْ بَعْدَهُ نَبِيٌّ.
Soal: Ada berapa sifat yang menunjukkan kelebihan Nabi Muḥammad s.a.w. di atas sekalian para nabi?”
Jawab: Kelebihan Nabi Muḥammad s.a.w. di atas sekalian para nabi karena tiga macam sifat:
Pertama: beliau adalah seutama-utama nabi.
Kedua: beliau diutus kepada sekalian umat manusia.
Ketiga: beliau adalah penutup para nabi, sehingga tidak akan ada nabi lagi sesudahnya.
س: لِمَ كَانَ نَبِيُّنَا عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ خَاتَمَ الْأَنْبِيَاءِ؟
ج: إِنَّمَا كَانَ نَبِيُّنَا عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ خَاتَمَ الْأَنْبِيَاءِ لِأَنَّ حِكْمَةَ إِرْسَالِ الْأَنْبِيَاءِ دَعْوَةُ الْخَلْقِ إِلَى عِبَادَةِ الْحَقِّ وَ إِرْشَادُهُمْ إِلَى طَرِيْقِ السَّدَادِ فِيْ أُمُوْرِ الْمَعَاشِ وَ الْمَعَادِ وَ إِعْلَامُهُمْ بِالْأُمُوْرِ الْغَائِبَةِ عَنْ أَبْصَارِهِمْ. وَ الْأَحْوَالِ الَّتِيْ لَا يَصِلُوْنَ إِلَيْهَا بِأَفْكَارِهِمْ. وَ تَقْرِيْرُ الْأَدِلَّةِ الْقَاطِعَةِ. وَ إِزَالَةُ الشُّبَهِ الْبَاطِلَةِ. وَ قَدْ تَكَلَّفَتْ شَرِيْعَتُهُ الْغَرَّاءُ بِبَيَانِ جَمِيْعِ هذِهِ الْأَشْيَاءِ عَلَى وَجْهٍ لَا يُتَصَوَّرُ أَبْلَغُ مِنْهُ فِي الْكَمَالِ بِحَيْثُ تُوَافِقُ جَمِيْعَ الْأُمَمِ فِيْ جَمِيْعِ الْأَزْمِنَةِ وَ الْأَمْكِنَةِ وَ الْأَحْوَالِ فَلَا حَاجَةً ِلْخَلْقِ إِلَى نَبِيٍّ بَعْدَهُ. لِأَنَّ الْكَمَالَ قَدْ بَلَغَ حَدَّهُ. وَ مِنْ هذَا يَظْهَرُ سِرُّ إِرْسَالِهِ لِجَمِيْعِ الْخَلْقِ. وَ كَوْنُهُ أَكْمَلُهُمْ فِي الْخَلْقِ وَ الْخُلُقِ.
Soal: Mengapa Nabi Muḥammad s.a.w. dikatakan sebagai penutup para nabi?”
Jawab: Karena sesungguhnya hikmah terutusnya para nabi itu untuk menyeru umat manusia beribadat kepada Allah, menunjukkan mereka ke jalan yang lurus dalam urusan kehidupan dunia dan akhirat, memberi batasan kepada mereka tentang hal-hal yang dapat dilihat oleh penglihatan mereka, dan hal-hal yang tidak dapat dilihat oleh penglihatan mereka, dan hal-hal yang tidak dapat dicapai oleh pikiran mereka, dan menetapkan dalil yang pasti serta menghilangkan keserupaan yang tidak benar.
Semuanya itu telah tercakup dalam syariat yang dibawa oleh Nabi Muḥammad s.a.w. dengan penjelasan tentang segala sesuatu yang sangat sempurna, sehingga cocok untuk semua umat pada semua masa dan semua tempat maupun keadaan.
Maka dari itu umat manusia tidak memerlukan nabi lagi sesudah Nabi Muḥammad, sebab syariatnya telah mencapai pada batas kesempurnaan.
Alasan di atas sebagai penjelas tentang rahasia terutusnya beliau untuk semua umat manusia, dan keadaan beliau itu adalah paling sempurnanya umat manusia dalam kejadian dan akhlaknya.
س: كَيْفَ يُقَالُ إِنَّ نَبِيَّنَا عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ خَاتَمُ الْأَنْبِيَاءِ مَعَ أَنَّ عِيْسَى (ع) يَنْزِلُ فِيْ آخِرِ الزَّمَانِ؟
ج: إِنَّ عِيْسَى (ع) يَنْزِلُ فِيْ آخِرِ الزَّمَانِ، وَ يَحْكُمُ بِشَرِيْعَةِ نَبِيِّنَا (ع) دُوْنَ شَرِيْعَتِهِ. لِأَنَّ شَرِيْعَتَهُ هُوَ قَدْ نُسِخَتْ لِمُضِيِّ الْوَقْتِ الَّذِيْ كَانَ الْعَمَلُ بِهَا مُوَافِقًا لِمُقْتَضَى الْحِكْمَةِ. فَيُكُوْنُ خَلِيْفَةً لِنَبِيِّنَا (ص)، وَ نَائِبًا عَنْهُ فِيْ إِجْرَاءِ شَرِيْعَتِهِ فِيْ هذِهِ الْأُمَّةِ، وَ ذلِكَ مِمَّا يُؤَكِّدُ نَبِيِّنَا خَاتَمِ الْأَنْبِيَاءِ.
Soal: Mengapa Nabi Muḥammad s.a.w. dikatakan sebagai penutup para nabi, pada hal Nabi ‘Īsā a.s. akan turun di akhir zaman?”
Jawab: Sesungguhnya Nabi ‘Īsā a.s. akan turun di akhir zaman itu adalah akan menghukumi dengan syari‘at Nabi kita Muḥammad s.a.w., bukannya dengan syari‘at beliau sendiri. Karena syari‘at beliau telah terhapus ditelan oleh waktu, karena telah lampau waktunya untuk meng‘amalkan sesuai dengan ketentuan hikmah kebijaksanaan Allah. Maka beliau menjadi khalīfah (pengganti) Nabi Muḥammad s.a.w. dan sebagai penerus syari‘atnya pada umat manusia ini. Dan yang demikian itu menguatkan kedudukan Nabi Muḥammad s.a.w. sebagai penutup para nabi.
س: اُذْكُرْ لِيْ مُعْجِزَاتِ نَبِيَّنَا عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ؟
ج: إِنَّ مُعْجِزَاتِ نَبِيَّنَا عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ كَثِيْرَةٌ فَمِنْ مُعْجِزَاتِهِ الْقُرْآنُ الْكَرِيْمُ وَ هُوَ أَعْظَمُ آيَاتِهِ وَ أَكْبَرُهَا وَ أَبْهَاهَا وَ أَبْهَرُهَا، وَ قَدْ سَبَقَ ذِكْرُ وَجْهِ إِعْجَازِهِ وَ أَنَّهُ آيَةٌ بَاقِيَةٌ دَائِمًا لِكَوْنِ مَنْ أَتَى بِهَا لِلْأَنْبِيَاءِ خَاتِمًا. وَ مِنْ مُعْجِزَاتِهِ نَبْعُ الْمَاءِ مِنْ بَيْنِ أَصَابِعِهِ فِيْ حَالِ السَّفَرِ حِيْنَ اشْتَدَّ الْعَطْشُ بِأَصْحَابِهِ الْكِرَامِ وَ لَمْ يَكُنْ إِلَّا مَاءٌ قَلِيْلٌ. فَوَضَعَ كَفَّهُ الْكَرِيْمَةَ فِيْهِ فَكَثُرَ حَتَّى قَضَى الْحَاضِرُوْنَ أَوْطَارَهُمْ مِنْهُ وَ زَادَ عَلَيْهِمْ وَ هذَا وَقَعَ مِرَارًا، وَ مِنْ مَعْجِزَاتِهِ تَكْثِيْرُ الطَّعَامِ الْقَلِيْلِ حَتَّى كَفَى أُنَاسًا كَثِيْرِيْنَ. و هذَا وَقَعَ أَيْضًا مِرَارًا إِلَى غَيْرِ ذلِكَ مِمَّا ذُكِرَ فِيْ كُتُبِ دَلَائِلِ النُّبُوَّةِ.
Soal: Sebutkanlah beberapa mukjizat Nabi Muḥammad s.a.w.? Sesungguhnya mukjizat Nabi Muḥammad s.a.w. itu.”
Jawab: Banyak. Mukjizat terbesar beliau adalah al-Qur’ān Karīm. Al-Qur’ān itu bak seagung-agung ayat-ayat Allah, sebesar-besarnya, semegah-megahnya dan secemerlang-cemerlangnya. Dan telah disebutkan tentang sifat i‘jāz-nya al-Qur’ān (melemahkan lawan).
Sesungguhnya al-Qur’ān itu menjadi bukti yang kekal selamanya, disebabkan orang yang membawanya menjadi penutup sekalian nabi. Dan mukjizat lain yang ada pada diri beliau adalah memancarkan air dari celah-celah jari-jari beliau ketika bepergian tidak ada air saat para sahabat beliau sangat kehausan. Saat itu tidak ada air kecuali hanya sedikit, akhirnya beliau meletakkan tangannya di dalam air itu, kemudian menjadi banyak sehingga para sahabat minum sepuasnya dan ternyata air di dalamnya masih tersisa. Hal ini terjadi berkali-kali. Mukjizat lain yang dimiliki oleh beliau ialah melebihkan makanan yang sedikit, sehingga mencukupi orang banyak. Hal itu pun juga terjadi berulang-ulang. Dan lain sebagainya yang tersebut dalam kitab-kitab yang menunjukkan dalil-dalil kenabian beliau.
س: كَيْفَ كَانَتْ سِيْرَةُ نَبِيِّنَا عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ؟
ج: قَدْ وَقَعَ الْإِجْمَاعُ وَ الْاِتِّفَاقُ عَلَى أَنَّ سِيْرَةَ نَبِيِّنَا عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ أَحْسَنُ السِّيَرِ عَلَى الْإِطْلَاقِ وَ قَدْ أَقَرَّ بِحُسْنِهَا الْكُفَّارُ وَ كَيْفَ لَا وَ هِيَ كَالشَّمْسِ فِيْ رَابِعَةِ النَّهَارِ. وَ قَدْ ذَكَرَ أَهْلُ السِّيْرِ أَنَّهُ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَ السَّلَامُ كَانَ أَشْرَفَ النَّاسِ نَسَبًا وَ أَعْلَاهُمْ حَسَبًا يَصِلُ الرَّحِمَ وَ يُغِيْثُ الْمُضْطَرَّ كَثِيْرَ التَّحَمُّلِ وَ الْإِغْضَاءِ وَ الصَّبْرِ دَأْبُهُ الْعَفْوُ وَ الصَّفْحُ وَ الرَّأْفَةُ وَ الرِّفْقُ. لَا يَنْتَقِمُ إِلَّا فِيْمَا فِيْهِ حَقُّ الْحَقِّ أَوْ حَقُّ الْخَلْقِ وَ كَانَ كَثِيْرَ السُّكُوْتِ لِتَفَكُّرِهِ فِيْ أَسْرَارِ الْمَلَكُوْتِ وَ إِذَا تَكَلَّمَ أَتَى بِجَوَامِعِ الْكَلِمِ وَ هِيَ الْكَلِمَاتُ الْقَلِيْلَةُ الَّتِيْ تَتَضَمَّنُ مَعَانِيَ كَثِيْرَةً مِنْ بَاهِرِ الْحِكَمِ وَ كَانَ أَفصَحَ النَّاسِ بَيَانًا. يَمْزَحُ بَعْضَ الْأَحْيَانِ وَ لَا يَقُوْلُ فِيْ مَزْحِهِ إِلَّا حَقًّا وَ كَانَ وَاثِقًا بِعِصْمَةِ اللهِ فِيْ كُلِّ حَالٍ يَقْدُمُ حِيْنَ تُحْجِمُ الْأَبْطَالُ وَ يَثْبُتُ عَلَى حَالِهِ لَدَى جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَ كَانَ شَدِيْدَ التَّوَاضُعِ وَ كَانَ مَعَ تَوَاضُعِهِ وَ بَشَاشَتِهِ ذَا هَيْبَةٍ لَمْ تَكُنْ لِغَيْرِهِ مِنَ الْبَشَرِ حَتَّى لَمْ يَكُنْ أَحَدٌ مِنْ أَصْحَابِهِ يَؤَكِّدُ فِيْ وَجْهِهِ الْكَرِيْمِ النَّظَرَ وَ كَانُوْا فِيْ مَجْلِسِهِ فِيْ غَايَةِ الْأَدَبِ كَأَنَّمَا عَلَى رُؤُوْسِهِمُ الطَّيْرُ لَا يَقْطَعُ أَحَدٌ مِنْهُمْ كَلَامَ أَحِدٍ. وَ لَا تُذْكَرُ فِيْ مَجْلِسِهِ الْعُيُوْبُ وَ كَانَ الْمُشْرِكُوْنَ مِنْ صِبَاهُ يُلَقِّبُوْنَهُ بِالْأَمِيْنِ وَ بَعْدَ ادِّعَائِهِ النُّبُوَّةَ لَمْ يَجِدْ أَعْدَاءُهُ مَعَ شِدَّةِ عَدَاوَتِهِمْ لَهُ وَ حِرْصِهِمْ عَلَى الطَّعْنِ فِيْهِ مَطْعَنًا وَ لَا إِلَى الْقَدْحِ فِيْهِ سَبِيْلًا وَ كَانَ يُعَلِّمُ النَّاسَ الْحِكْمَةَ وَ الْأَحْكَامَ، وَ يَدْعُوْهُمْ إِلَى دَارِ السَّلَامِ وَ قَدْ كَمُلَ مَنِ اتَّبَعَهُ فِي الْفَضَائِلِ الْعَمَلِيَّةِ، وَ مَنْ لَمْ يَتَّبِعْهُ سَرَى لَهُ شَيْءٌ مِنْ ذلِكَ بِطَرِيْقِ الْعَرْضِ وَ التَّبَعِيَّةِ وَ قَدْ أَظْهَرَ اللهُ دِيْنَهُ عَلَى سَائِرِ الْأَدْيَانِ وَ أَبْقَى ذِكْرَهُ الْجَمِيْلَ عَلَى لِسَانِ مُوَافِقِيْهِ وَ مُخَالِفِيْهِ مَدَى الزَّمَانِ وَ مَنْ طَالَعَ كُتُبَ سِيْرَتِهِ الْمُشْتَمِلَةَ عَلَى أَخْلَاقِهِ الْعَظِيْمَةِ الْبَاهِرَةِ، عَرَفَ أَنَّهُ أَشْرَفَ الْعَالَمِيْنَ فِي الْأَوْصَافِ الْبَاطِنَةِ وَ الظَّاهِرَةِ.
Soal: Bagaimana perjalanan hidup Nabi kita Muḥammad s.a.w.?”
Jawab: Umat Islam telah sepakat bahwa perjalanan hidup beliau adalah yang terbaik. Orang-orang kafir pun mengakui tentang hal ini. Mengapa tidak, padahal perjalanan hidup menuturkan bahwa Nabi Muḥammad s.a.w. itu semulia-mulia manusia nasabnya dan setinggi-tinggi manusia kedudukannya. Beliau selalu menyambung tali silat-ur-raḥmi dan menolong orang yang dalam kesulitan. Tabah atas penderitaan, kuat menahan diri dan sangat besar kesabarannya.
Telah menjadi kebiasaan beliau ialah memaafkan dan mengampuni orang yang bersalah, berbelas kasih dan mencurahkan kasih-sayang kepada orang lain.
Beliau tidak melakukan pembalasan kecuali karena memenuhi hak Allah dan hak hamba. Beliau banyak diam karena memikirkan rahasia di balik alam ini. Apabila bebicara, beliau menggunakan kata-kata yang singkat, tetapi mengandung arti yang banyak dan hikmah yang mempesona. Dalam berbicara, beliau sangat fasih, kadang-kadang juga bersenda-gurau dan selalu berkata benar dalam bersenda-gurau itu.
Beliau yakin kepada pemeliharaan Allah terhadapnya dalam segala keadaan. Beliau maju di saat pahlawan-pahlawan yang gagah berani terdesak mundur. Dan tetap teguh dalam keadaannya menghadapi segala pancaroba.
Beliau sangat merendah diri, dan karena sikap seperti itu serta karena bermuka manis, maka beliau memiliki kewibawaan yang tidak dimiliki oleh manusia lain, hingga tidak seorang pun dari sahabat-sahabatnya yang menghadapkan pandangan ke arah muka beliau. Dalam majelisnya, para sahabat itu sangat sopan santun, seolah-olah ada burung di atas kepala mereka. Tak seorang pun yang berani memotong pembicaraan, dan tidak pernah terhambur dalam majelisnya kata-kata celaan. Dalam usia yang relatif muda, orang-orang musyrik memberi gelar kepada beliau dengan “al-Amīn”, yakni orang yang dapat dipercaya.
Dan setelah beliau menyampaikan dakwah kenabiannya, maka orang-orang yang memusuhi dan mencacinya tidak menemukan di mana letak cela itu, dan tidak mendapatkan alasan untuk mencaci makinya.
Beliau mengajarkan para manusia kepada hikmah dan hukum-hukum, dan mengajak mereka ke jalan surga. Dan orang yang mengikutinya menjadi sempurna keutamaan ilmiah dan amaliahnya, sedangkan orang yang tidak mau mengikuti jejak langkahnya maka akan hilang keutamaan-keutamaan itu. Allah telah menonjolkan agama beliau di atas semua agama dan mengekalkan sebutan beliau yang mulia pada lisan orang-orang yang mengikuti ataupun memusuhinya sepanjang zaman.
Dan barang siapa yang mau menelaah buku-buku sirah yang memuat tentang akhlak-akhlak beliau, niscaya akan dimengerti bahwa sesungguhnya beliau itu semulia-mulia manusia, pada sifat-sifat beliau, baik yang lahir maupun yang batin.