4-3 ‘Ali Bin Abi Thalib RA – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

Rangkaian Pos: 'Ali Bin Abi Thalib RA - Hilyat-ul-Auliya' wa Thabaqat-ul-Ashfiya'

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُظَفَّرِ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ إِسْحَاقَ، ثَنَا إِبْرَاهِيمُ الْأَنْمَاطِيُّ، ثَنَا الْقَاسِمُ بْنُ مُعَاوِيَةَ الْأَنْصَارِيُّ، حَدَّثَنِي عِصْمَةُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِعَلِيٍّ، وَضَرَبَ بَيْنَ كَتِفَيْهِ: ” يَا عَلِيُّ لَكَ سَبْعُ خِصَالٍ لَا يُحَاجُّكَ فِيهِنَّ أَحَدٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: أَنْتَ أَوَّلُ الْمُؤْمِنِينَ بِاللهِ إِيمَانًا، وَأَوْفَاهُمْ بِعَهْدِ اللهِ، وَأَقْوَمُهُمْ بِأَمْرِ اللهِ، وَأَرْأَفُهُمْ بِالرَّعِيَّةِ، وَأَقْسَمُهُمْ بِالسَّوِيَّةِ، وَأَعْلَمُهُمْ بِالْقَضِيَّةِ، وَأَعْظَمُهُمْ مَزِيَّةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ “

204. Muḥammad bin al-Muzhaffar menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Isḥāq menceritakan kepada kami, Ibrāhīm al-Anmāthī menceritakan kepada kami, al-Qāsim bin Mu‘āwiyah al-Anshārī menceritakan kepada kami, ‘Ishmah bin Muḥammad menceritakan kepada ku, dari Yaḥyā bin Sa‘īd al-Anshārī, dari Sa‘īd bin Musayyib, dari Abū Sa‘īd al-Khudrī, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda kepada ‘Alī – sambil menepuk di antara kedua pundaknya: “Wahai ‘Alī! Kamu memiliki tujuh perilaku yang tidak seorang pun bisa menangdingimu dalam hal perilaku itu di Hari Kiamat. Engkau adalah orang mukmin yang paling awal beriman kepada Allah, paling memenuhi janji Allah, paling teguh menjalankan perintah Allah, paling welas asih kepada rakyat, paling mampu membagi dengan sama rata, paling mengetahui tentang peradilan, dan paling besar keistimewaannya di Hari Kiamat.

حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عُمَرَ الْقَاضِي الْقَصَبَانِيُّ، ثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْعَبَّاسِ الْبَجَلِيُّ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ الْحُسَيْنِ، ثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ يُوسُفَ بْنِ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، قَالَ: قَالَ عَلِيٌّ: قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: «مَرْحَبًا بسَيِّدِ الْمُسْلِمِينَ، وَإِمَامِ الْمُتَّقِينَ»، فَقِيلَ لِعَلِيٍّ: فَأَيُّ شَيءٍ مِنْ شُكْرِكَ؟ قَالَ: حَمِدْتُ اللهَ تَعَالَى عَلَى مَا أَتَانِي، وَسَأَلْتُهُ الشُّكْرَ عَلَى مَا آتَانِي وَأَنْ يَزِيدَنِي مِمَّا أَعْطَانِي “

205. ‘Umar bin Aḥmad bin ‘Umar al-Qādhī al-Qashabānī menceritakan kepada kami, ‘Alī bin ‘Abbās al-Bajalī menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Yaḥyā menceritakan kepada kami, al-Ḥasan bin al-Ḥusain menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Yūsuf bin Abī Isḥāq menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari asy-Sya‘bī, dia berkata: ‘Alī berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda kepadaku: “Selamat datang junjungan umat Islam dan imam orang-orang yang bertakwa.” Lalu ‘Alī ditanya: “Apa yang engkau lakukan untuk mensyukurinya?” Dia menjawab: “Aku memuji Allah atas apa yang Dia berikan kepada ku, memohon kepada-Nya syukur atas apa yang Dia limpahkan kepada ku, dan semoga Dia menambahkan apa yang telah Dia berikan kepada ku.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ، ثَنَا عَلِيُّ بْنُ سِرَاجٍ الْمِصْرِيُّ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فَيْرُوزٍ، ثَنَا أَبُو عَمْرٍو لَاهِزُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، ثَنَا مُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: ثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ، قَالَ: ” بَعَثَنِي النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى أَبِي بَرْزَةَ الْأَسْلَمِيِّ، فَقَالَ لَهُ – وَأَنَا أَسْمَعُ -: ” يَا أَبَا بَرْزَةَ إِنَّ رَبَّ الْعَالَمِينَ عَهِدَ إِلَيَّ عَهْدًا فِي عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ فَقَالَ: إِنَّهُ رَايَةُ الْهُدَى، وَمَنَارُ الْإِيمَانِ، وَإِمَامُ أَوْلِيَائِي، وَنُورُ جَمِيعِ مَنْ أَطَاعَنِي، يَا أَبَا بَرْزَةَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ أَمِينِي غَدًا فِي الْقِيَامَةِ، وَصَاحِبُ رَايَتِي فِي الْقِيَامَةِ، عَلَى مَفَاتِيحِ خَزَائِنِ رَحْمَةِ رَبِّي “

206. Muḥammad bin Ḥumaid menceritakan kepada kami, ‘Alī bin Sirāj al-Mishrī, Muḥammad bin Fairūz menceritakan kepada kami, Abū ‘Amr Lāhiz bin ‘Abdullāh menceritakan kepada kami, Mu‘tamir bin Sulaimān menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari Hisyām bin ‘Urwah, dari ayahnya, dia berkata: Anas bin Mālik menceritakan kepada kami, dia berkata: Nabi s.a.w. mengutuskan untuk memanggil Abū Barzah al-Aslamī, lalu beliau berkata kepadanya dan aku mendengar: “Wahai Abū Barzah! Sesungguhnya Tuhan semesta alam telah menyampaikan janji kepadaku terkait ‘Alī bin Abī Thālib. Allah berfirman: ‘Alī adalah panji hidayah, menara iman, imam wali-waliKu, cahaya semua orang yang menaati-Ku. Wahai Abū Barzah! ‘Alī bin Abī Thālib adalah orang kepercayaanku kelak di Hari Kiamat, dan pembawa panjiku di Hari Kiamat di atas kunci-kunci perbendaharaan rahmat Tuhanku.” (481).

 

Ibnu ‘Adī berkata: “Lāhiz tidak dikenal dan me-reka hadits-hadits munkar dari para tsiqah. Hadits yang batil mengenai keutamaan ‘Alī dan cobaan yang menimpanya ini diriwayatkan dari Lāhiz.”

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ الطَّلْحِيُّ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ دُحَيْمٍ، ثَنَا عَبَّادُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ عَبَّادٍ الْجُعْفِيُّ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي الْبُهْلُولِ، حَدَّثَنِي صَالِحُ بْنُ أَبِي الْأَسْوَدِ، عَنْ أَبِي الْمُطَهَّرِ الرَّازِيِّ، عَنِ الْأَعْشَى الثَّقَفِيِّ، عَنْ سَلَّامٍ الْجُعْفِيِّ، عَنْ أَبِي بَرْزَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” إِنَّ اللهَ تَعَالَى عَهِدَ إِلَيَّ عَهْدًا فِي عَلِيٍّ، فَقُلْتُ: يَا رَبِّ بَيِّنْهُ لِي، فَقَالَ: اسْمَعْ فَقُلْتُ: سَمِعْتُ، فَقَالَ: إِنَّ عَلِيًّا رَايَةُ الْهُدَى، وَإِمَامُ أَوْلِيَائِي، وَنُورُ مَنْ أَطَاعَنِي، وَهُوَ الْكَلِمَةُ الَّتِي أَلْزَمْتُهَا الْمُتَّقِينَ، مَنْ أَحَبَّهُ أَحَبَّنِي، وَمَنْ أَبْغَضَهُ أَبْغَضَنِي، فَبَشَّرْهُ بِذلِكَ “. فَجَاءَ عَلِيٌّ فَبَشَّرْتُهُ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ أَنَا عَبْدُ اللهِ، وَفِي قَبْضَتِهِ، فَإِنْ يُعَذِّبْنِي فَبِذَنْبِي، وَإِنْ يُتِمَّ لِيَ الَّذِي بَشَّرْتَنِي بِهِ فَاللهُ أَوْلَى بِي، قَالَ: ” قُلْتُ: اللهُمَّ اجْلُ قَلْبَهُ، وَاجْعَلْ رَبِيعَهَ الْإِيمَانَ ” فَقَالَ اللهُ: قَدْ فَعَلْتُ بِهِ ذلِكَ، ثُمَّ إِنَّهُ رُفِعَ إِلَيَّ أَنَّهُ سَيَخُصُّهُ مِنَ الْبَلَاءِ بِشَيْءٍ لَمْ يَخُصَّ بِهِ أَحَدًا مِنْ أَصْحَابِي، فَقُلْتُ: يَا رَبِّ أَخِي وَصَاحِبِي، فَقَالَ: إِنَّ هذَا شَيْءٌ قَدْ سَبَقَ، إِنَّهُ مُبْتَلًى، وَمُبْتَلًى بِهِ “

207. Abū Bakar ath-Thalḥī menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Alī bin Duḥaim menceritakan kepada kami, ‘Abbād bin Sa‘īd bin ‘Abbād al-Ja‘fī menceritakan kepada kami, dari Abū Muthahhir ar-Rāzī, dari al-A‘syā ats-Tsaqafī, dari Sallām al-Ja‘fī, Muḥammad bin ‘Utsmān bin Abī Bahlūl menceritakan kepada kami, Shāliḥ bin Abī al-Aswad menceritakan kepada kami dari Abū Barzah, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah menyampaikan satu janji kepada ku terkait ‘Alī. Lalu aku bertanya: “Ya Rabbi! Jelaskan dia kepada ku”. Lalu Allah berfirman: “Dengarlah!” Aku berkata: Aku siap mendengar”. Allah berfirman: “Sesungguhnya ‘Ali adalah panji hidayah, imam para wali-Ku, cahaya orang yang menaati-Ku. Dia adalah kalimat yang dibebankan pada orang-orang yang bertakwa. Barang siapa mencintainya, maka dia mencintai-Ku. Dan barang siapa membencinya, maka dia telah membenci-Ku. Maka, sampaikanlah kabar gembira ini kepadanya.” Lalu datanglah ‘Alī, dan aku pun menyampaikan kabar gembira ini kepadanya. Dia berkata: “Ya Rasūlullāh, aku hanyalah hamba Allah dan berada dalam genggaman-Nya. Apabila Dia mengadzabku, maka itu karena dosaku. Dan apabila Dia menyempurnakan janji yang engkau sampaikan kepadanya, maka sesungguhnya Allah paling pantas memenuhi janji.” Lalu aku berdoa: “Ya Allah, bersihkanlah hatinya dan jadikanlah kesenangannya ada pada iman.” Lalu Allah berfirman: “Aku telah melakukan itu padanya.” Kemudian Allah mengangkatnya dengan memberinya kekhususan berupa ujian yang tidak diberikan-Nya kepada seorang pun di antara sahabat-sahabatku. Lalu aku bertanya: “Ya Rabbi, dia itu saudaraku dan sahabatku”. Allah berfirman: “Sesungguhnya ini telah menjadi ketetapan sebelumnya bahwa dia akan diuji dan dijadikan sebagai ujian.

حَدَّثَنَا سَعْدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّيْرَفِيُّ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي شَيْبَةَ، ثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مَيْمُونٍ، ثَنَا الْحَكَمُ بْنُ ظُهَيْرٍ، عَنِ السُّدِّيِّ، عَنْ عَبْدِ خَيْرٍ، عَنْ عَلِيٍّ، قَالَ: «لَمَّا قُبِضَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقْسَمْتُ، أَوْ حَلَفْتُ أَنْ لَا أَضَعَ رِدَائِي عَنْ ظَهْرِي حَتَّى أَجْمَعَ مَا بَيْنَ اللَّوْحَيْنِ، فَمَا وَضَعْتُ رِدَائِي عَنْ ظَهْرِي حَتَّى جَمَعْتُ الْقُرْآنَ»

208. Sa‘d bin Muḥammad ash-Shairafī menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Utsmān bin Abī Syaibah menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Muḥammad bin Maimūn menceritakan kepada kami, Ḥakam bin Zhuhir menceritakan kepada kami, dari as-Suddī, dari ‘Abdu Khair, dari ‘Alī, dia berkata: “Ketika Rasūlullāh s.a.w. wafat, aku bersumpah untuk tidak menanggalkan selendangku dari punggungku sampai aku mengumpulkan isi di antara dua sampul (mushḥaf). Dan benar saja, aku tidak meletakkan selendangku dari punggungku hingga aku mengumpulkan al-Qur’ān.

Catatan:


  1. 48). Hadits ini maudhū‘. H.R. Ibnu al-Jauzī (al-Maudhū‘āt, 1/388). Ibnu al-Jauzī berkata: “Menurut Abū Fatḥ al-Azdī, Lāhiz bukan periwayat yang tsiqah dan tidak tepercaya. Dia juga majhūl (tidak dikenal).” 

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *