3-1 ‘Utsman Bin ‘Affan RA – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

Rangkaian Pos: 'Utsman Bin 'Affan RA - Hilyat-ul-Auliya' wa Thabaqat-ul-Ashfiya'
  1. 1.Anda Sedang Membaca: 3-1 ‘Utsman Bin ‘Affan RA – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  2. 2.3-2 ‘Utsman Bin ‘Affan RA – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  3. 3.3-3 ‘Utsman Bin ‘Affan RA – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ

(3). ‘UTSMĀN BIN ‘AFFĀN r.a.

 

وَ ثَالِثُ الْقَوْمِ الْقَانِتُ ذُو النُّورَيْنِ، وَ الْخَائِفُ ذُو الْهِجْرَتَيْنِ، وَ الْمُصَلِّي إِلَى الْقِبْلَتَيْنِ، هُوَ عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ. كَانَ مِنَ الَّذِيْنَ {آمَنُوْا وَ عَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ثُمَّ اتَّقَوْا وَ آمَنُوْا ثُمَّ اتَّقَوْا وَ أَحْسَنُوْا} [المائدة: 93]، فَكَانَ مِمَّنْ {هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَ قَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَ يَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ} [الزمر: 9]. غَالِبُ أَحْوَالِهِ الْكَرَمُ وَ الْحَيَاءُ، وَ الْحَذَرُ وَ الرَّجَاءُ، حَظُّهُ مِنَ النَّهَارِ الْجُوْدُ وَ الصِّيَامُ، وَ مِنَ اللَّيْلِ السُّجُوْدُ وَ الْقِيَامُ، مُبَشَّرٌ بِالْبَلْوَى، وَ مُنَعَّمٌ بِالنَّجْوَى.

وَ قَدْ قِيلَ: «إِنَّ التَّصَوُّفَ الْإِكْبَابُ عَلَى الْعَمَلِ، تَطَرُّقًا إِلَى بُلُوْغِ الْأَمَلِ»

Orang ketiga dari golongan manusia yang patuh kepada Allah adalah Dzūn Nūrain (pemilik dua cahaya), Dzul-Hijratain (pemilik dua hijrah), orang yang shalat ke arah dua kiblat. Dia adalah ‘Utsmān bin ‘Affān r.a. Dia termasuk kaum yang disebutkan dalam firman Allah: “Mereka beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang shalih, kemudian mereka tetap bertakwa dan beriman, kemudian mereka (tetap juga) bertakwa dan berbuat kebajikan.” (al-Mā’idah [5]: 93).

Dia termasuk orang yang berendah diri di tengah malam dalam keadaan sujud dan berdiri, takut akan akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya. Karakternya yang paling dominan adalah pemurah, pemalu, takut dan berharap. Siangnya diisi dengan kedermawanan dan puasa, dan malamnya diisi dengan sujud dan berdiri. Dia bergembira dengan musibah dan merasa nikmat dengan munajat.

Sebuah petuah mengatakan bahwa: Tasahawwuf adalah menekuni amal untuk meniti jalan teraihnya cita-cita.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْحَسَنِ، ثَنَا بِشْرُ بْنُ مُوْسَى، ثَنَا خَلَّادُ بْنُ يَحْيَى، ثَنَا مِسْعَرٌ، ثَنَا [ص: 56] أَبُوْ عَوْنٍ الثَّقَفِيُّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ حَاطِبٍ، قَالُوْا: ذَكَرُوْا عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ، فَقَالَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ:” الْآنَ يَجِيْءُ أَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ، قَالَ: فَجَاءَ عَلِيٌّ، فَقَالَ عَلِيٌّ: “كَانَ عُثْمَانُ مِنَ الَّذِيْنَ {آمَنُوْا وَ عَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ثُمَّ اتَّقَوْا وَ آمَنُوْا ثُمَّ اتَّقَوْا وَ أَحْسَنُوْا وَ اللهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ} [المائدة: 93] “

155. Muḥammad bin Aḥmad bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, Bisyr bin Mūsā menceritakan kepada kami, Khallād bin Yaḥyā menceritakan kepada kami, Mis‘ar menceritakan kepada kami, Abū ‘Aun ats-Tsaqafī menceritakan kepada kami, dari Muḥammad bin Ḥāthib, mereka berkata: Mereka menyebut-nyebut ‘Utsmān bin ‘Affān, lalu Ḥasan bin ‘Alī berkata: “Sekarang telah tiba Amīr-ul-Mu’minīn. Lalu datanglah ‘Alī dan berkata: ‘Utsmān itu termasuk kaum yang disebutkan dalam firman Allah: “Mereka beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh, kemudian mereka tetap bertakwa dan beriman, kemudian mereka (tetap juga) bertakwa dan berbuat kebajikan.” (al-Mā’idah [5]: 93).

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ مُوْسَى الْبَابَسِيْرِيُّ، ثَنَا عُمَرُ بْنُ الْحَسَنِ، ثَنَا ابْنُ شَبَّةَ، ثَنَا أَبُوْ خَلَفٍ صَاحِبُ الْحَرِيْرِ، عَنْ يَحْيَى الْبَكَّاءِ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ: “{أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَ قَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَ يَرْجُوْ رَحْمَةَ رَبِّهِ} [الزمر: 9] قَالَ: هُوَ عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ “

156. Abū Bakar bin Mūsā al-Bābasīrī menceritakan kepada kami, ‘Umar bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, Ibnu Syabbah menceritakan kepada kami, Abū Khalaf sahabat al-Jarīr menceritakan kepada kami, dari Yaḥyā al-Bakkā’, dari Ibnu ‘Umar tentang firman Allah: “(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang dia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya?” (az-Zumar [39]: 9) dia berkata: “Yang dimaksud dari ayat ini adalah ‘Utsmān bin ‘Affān.

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْرٍو الرَّبِيْعِيُّ، ثَنَا زَكَرِيَّا بْنُ يَحْيَى الْمِنْقَرِيُّ، ثَنَا الْأَصْمَعِيُّ، ثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى السَّامِيُّ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «عُثْمَانُ أَحْيَا أُمَّتِيْ وَ أَكْرَمُهَا»

157. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Aḥmad bin ‘Amr ar-Rabī‘ī menceritakan kepada kami, Zakariyyā bin Yaḥyā al-Minqarī menceritakan kepada kami, al-Ashma‘ī menceritakan kepada kami, ‘Abd-ul-A‘la as-Sāmī menceritakan kepada kami, dari ‘Ubaidullāh bin ‘Umar dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “‘Utsmān adalah orang yang paling malu dan paling dermawan di antara umatku.” (341).

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ حُبَيْشٍ، ثَنَا عُمَرُ بْنُ أَيُّوْبَ، ثَنَا أَبُوْ مَعْمَرٍ، ثَنَا هُشَيْمٌ، عَنِ الْكَوْثَرِ بْنِ حَكِيْمٍ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «أَشَدُّ أُمَّتِيْ حَيَاءً عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ»

158. Muḥammad bin ‘Alī bin Ḥubaisy menceritakan kepada kami, ‘Umar bin Ayyūb menceritakan kepada kami, Abū Ma‘mar menceritakan kepada kami, Husyaim menceritakan kepada kami, dari Kautsar bin Ḥakīm, dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Orang yang paling pemalu di antara umatku adalah ‘Utsmān bin ‘Affān.” (352).

 

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ مَالِكٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، ثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ، ثَنَا أَبُوْ جُمَيْعٍ، ثَنَا الْحَسَنُ، قَالَ، وَ ذُكِرَ عُثْمَانُ وَ شِدَّةُ حَيَائِهِ، فَقَالَ: «إِنْ كَانَ لَيَكُوْنُ فِي الْبَيْتِ وَ الْبَابُ عَلَيْهِ مُغْلَقٌ، فَمَا يَضَعُ عَنْهُ الثَّوْبَ لِيُفِيْضَ عَلَيْهِ الْمَاءَ يَمْنَعُهُ الْحَيَاءُ أَنْ يُقِيْمَ صُلْبَهُ»

159. Abū Bakar bin Mālik menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada ku, ‘Abd-ush-Shamad menceritakan kepada kami, Abū Jumai‘ menceritakan kepada kami, al-Ḥasan menceritakan kepada kami perihal sifat sangat pemalunya ‘Utsmān, lalu dia berkata: “Sungguh, ‘Utsmān pernah berada di rumah dan pintunya terkunci, namun dia tidak menanggalkan pakaiannya untuk mengguyur tubuhnya dengan air. Rasa malu menghalanginya untuk menegakkan tulang sulbinya.”

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا طَاهِرُ بْنُ عِيْسَى، ثَنَا سَعِيْدُ بْنُ أَبِيْ مَرْيَمَ، ثَنَا ابْنُ لَهِيْعَةَ، ثَنَا الْحَارِثُ بْنُ يَزِيْدَ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبَاحٍ، أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ، قَالَ: ” ثَلَاثَةٌ مِنْ قُرَيْشٍ أَصْبَحُ النَّاسِ وُجُوْهًا، وَ أَحْسَنُهَا أَخْلَاقًا، وَ أَثْبَتُهَا حَيَاءً، إِنْ حَدَّثُوْكَ لَمْ يَكْذِبُوْكَ، وَ إِنْ حَدَّثْتَهُمْ لَمْ يُكَذِّبُوْكَ: أَبُوْ بَكْرٍ الصِّدِّيْقُ، وَ عُثْمَانُ بْنُ عَفَّانَ، وَ أَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ “

160. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Thāhir bin ‘Īsā menceritakan kepada kami, Sa‘īd bin Abū Maryam menceritakan kepada kami, Ibnu Lahī‘ah menceritakan kepada kami, al-Ḥārits bin Yazīd menceritakan kepada kami, dari ‘Alī bin Rabāḥ, bahwa ‘Abdullāh bin ‘Umar berkata: “Ada tiga orang Quraisy yang paling cerah wajahnya, paling bagus akhlaknya, dan paling kuat rasa malunya. Apabila mereka berbicara kepadamu, maka mereka tidak berdusta kepadamu. Dan apabila kamu berbicara kepada mereka, maka mereka tidak mendustakanmu. Mereka adalah Abū Bakar ash-Shiddīq, ‘Utsmān bin ‘Affān, dan Abū ‘Ubaidah bin Jarrah.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ حَمْدَانَ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، ثَنَا حَمَّادُ بْنُ خَالِدٍ، ثَنَا الزُّبَيْرُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، عَنْ جَدَّةٍ لَهُ يُقَالُ لَهَا: زَهِيْمَةُ، قَالَتْ: «كَانَ عُثْمَانُ يَصُوْمُ الدَّهْرَ، وَ يَقُوْمُ اللَّيْلَ إِلَّا هَجْعَةً مِنْ أَوَّلِهِ»

161. Aḥmad bin Ja‘far bin Ḥamdān menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada ku, Ḥammād bin Khālid menceritakan kepada kami, Zubair bin ‘Abdullāh menceritakan kepada kami, dari seorang neneknya yang bernama Zuhaimah (Zahīmah – dalam teks bahasa ‘Arab di atas), dia berkata: “‘Utsmān puasa sepanjang tahun dan bangun malam sesudah tidur sebentar di awal malam.”

 

Catatan:


  1. 35). Hadits ini dha‘īf jiddan. H.R. al-Ajirī (asy-Syarī‘ah, 1537). Di dalam sanad-nya terdapat Kautsar bin Ḥakīm yang statusnya matrūk (riwayatnya ditinggalkan). 
  2. 34). Hadits ini dha‘īf, diriwayatkan seorang diri oleh pengarang, dan dinilai lemah oleh as-Suyūthī (al-Jāmi‘-ush-Shaghīr, 5381). 
Dapatkan Notifikasi Hati Senang

Masukkan email Anda untuk mengetahui tentang artikel terbaru.

Klik untuk mendapatkan notifikasi push tentang artikel terbaru.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas