196-228 Buku 1 – Matan al-‘Aqidah ath-Thahawiyah (Matan Aswaja – Catatan Wahhabi – SH.) – Terjemahan Matan 4 Kitab Akidah Aswaja

TERJEMAH MATAN
EMPAT KITAB AKIDAH
AHL-US-SUNNAH WAL-JAMĀ‘AH

Penulis:
Al-‘AQĪDAH ATH-THAḤĀWĪ

Penulis: Al-Imām Abū Ja‘far ath-Thaḥāwī
(Matan Aswaja – Catatan Wahhabi – SH.)

AL-‘AQĪDAH AL-WĀSITHIYYAH
Penulis: Syaikh-ul-Islām Ibnu Taimiyyah

(Matan Salafi (Aqidah al-Qur’an dan Sunnah) – SH.)

AL-USHŪL ATS-TSALĀTSAH
Penulis: Al-Imām Muḥammad Bin ‘Abd-il-Wahhāb

(Matan Wahhabi – SH.)

KASYF ASY-SYUBUHĀT
Penulis: Al-Imām Muḥammad Bin ‘Abd-il-Wahhāb

(Matan Wahhabi – Catatan Wahhabi – SH.)

Penerjemah:
‘Abdurrahman Nuryaman
‘Izzudin Karimi, Lc
Zainal ‘Abidin Syamsuddin, Lc
‘Ainul Haris ‘Arifin, Lc
Ahmad Amin Sjihab, Lc

Penerbit:
DARUL HAQ, Jakarta

Rangkaian Pos: Buku 1 Matan al-‘Aqidah ath-Thahawiyah (Matan Aswaja – Catatan Wahhabi – SH.) - Terjemahan Matan 4 Kitab Akidah Aswaja

[196] وَ لَا نَتَبَرَّأُ مِنْ أَحَدٍ مِنْهُمْ،

Kami tidak barā’ (bersikap anti) terhadap salah seorang dari mereka.”

[197] وَ نُبْغِضُ مَنْ يُبْغِضُهُمْ

Kami benci kepada orang yang membenci mereka.”

[198] وَ بِغَيْرِ الْـخَيْرِ يَذْكُرُهُمْ، وَ لَا نَذْكُرُهُمْ إِلَّا بِخَيْرٍ،

Dia (yang membenci para sahabat) menyebut-nyebut mereka dengan hal-hal yang tidak baik, sedangkan kami tidak menyebut-nyebut tentang mereka kecuali dengan kebaikan.

[199] وَ حُبُّهُمْ دِيْنٌ وَ إِيْمَانٌ وَ إِحْسَانٌ، وَ بُغْضُهُمْ كُفْرٌ وَ نِفَاقٌ وَ طُغْيَانٌ.

Mencintai mereka adalah Agama, Īmān dan Iḥsān, dan membenci mereka adalah suatu kekufuran, kemunafikan dan kezhaliman.”

[200] وَ نُثْبِتُ الْـخِلَافَةَ بَعْدَ رَسُوْلِ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ- أَوَّلًا لِأَبِيْ بَكْرٍ الصِّدِّيْقِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، تَفْضِيْلًا لَهُ وَ تَقْدِيْمًا عَلَى جَمِيْعِ الْأُمَّةِ. ثُمَّ لِعُمَرَ بْنِ الْـخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، ثُمَّ لِعُثْمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، ثُمَّ لِعَلِيِّ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، وَ هُمُ الْـخُلَفَاءُ الرَّاشِدُوْنَ وَ الْأَئِمَّةُ الْـمُهْتَدُوْنَ.

Kami menetapkan kekhalifahan setelah Rasūlullāh s.a.w. pertama, untuk Abū Bakar ash-Shiddīq r.a. mengutamakan dan mendahulukannya dari semua umat ini, kemudian untuk ‘Umar bin al-Khaththāb r.a., kemudian untuk ‘Utsmān r.a., kemudian untuk ‘Alī bin Abī Thālib r.a. Mereka adalah Khulafā’-ur-Rāsyidīn (para pengganti Rasūlullāh yang bijaksana) dan para pemimpin yang mendapat petunjuk.

[201] وَ إِنَّ الْعَشَرَةَ الَّذِيْنَ سَمَّاهُمْ رَسُوْلُ اللهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ- وَ بَشَّرَهُمْ بِالْـجَنَّةِ، نَشْهَدُ لَهُمْ بِالْـجَنَّةِ، عَلَى مَا شَهِدَ لَهُمْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، وَ قَوْلُهُ الْـحَقُّ، وَ هُمْ أَبُوْ بَكْرٍ وَ عُمَرُ، وَ عُثْمَانُ، وَ عَليٌّ، وَ طَلْحَةُ، وَ الزُّبَيْرُ، وَ سَعْدٌ، وَ سَعِيْدٌ، وَ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ، وَ أَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ الْـجَرَّاحِ وَ هُوَ أَمِيْنُ هذِهِ الْأُمَّةِ، رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ أَجْمَعِيْنَ.

Dan bahwasanya sepuluh orang yang disebutkan langsung nama-nama mereka oleh Rasūlullāh s.a.w. dan beliau berikan kabar gembira dengan surga adalah (benar) sebagaimana yang dipersaksikan oleh Rasūlullāh s.a.w., dan sabda beliau adalah benar adanya, mereka ialah: Abū Bakar, ‘Umar, ‘Utsmān, ‘Alī, Thalḥah, az-Zubair, Sa‘ad, Sa‘īd, ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf, Abū ‘Ubaidah bin al-Jarrāḥ kepercayaan umat ini, semoga Allah meridhai mereka semua.”

[202] وَ مَنْ أَحْسَنَ الْقَوْلَ فِيْ أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَزْوَاجِهِ الطَّاهِرَاتِ مِنْ كُلِّ دَنَسٍ وَ ذُرِّيَّاتِهِ الْـمُقَدَّسِيْنَ مِنْ كُلِّ رِجْسٍ فَقَدْ بَرِئَ مِنَ النِّفَاقِ.

Barang siapa yang berkata baik tentang para sahabat Rasūlullāh s.a.w., pada istri beliau yang suci dari segala perbuatan keji, dan keturunan beliau yang suci dari segala perbuatan kotor; maka orang tersebut terbebas dari kemunafikan.”

[203] وَ عُلَمَاءُ السَّلَفِ مِنَ السَّابِقِيْنَ وَ مَنْ بَعْدَهُمْ مِنَ التَّابِعِيْنَ أَهْلُ الْـخَيْرِ وَ الْأَثَرِ، وَ أَهْلُ الْفِقْهِ وَ النَّظَرِ، – لَا يُذْكَرُوْنَ إِلَّا بِالْـجَمِيْلِ وَ مَنْ ذَكَرَهُمْ بِسُوْءٍ فَهُوَ عَلَى غَيْرِ السَّبِيْلِ.

‘Ulama’ Salaf dari generasi awal dan generasi sesudah mereka dari kalangan tābi‘īn – para pengikut kebaikan dan atsar, ahli fikih dan pandangan (yang lurus) – tidak boleh disebut-sebut kecuali dengan pembicaraan yang baik, dan barang siapa yang menyebut-nyebut mereka dengan keburukan, maka dia tidak mengikuti jalan (yang lurus).”

[204] وَ لَا نُفَضِّلُ أَحَدًا مِنَ الْأَوْلِيَاءِ عَلَى أَحَدٍ مِنَ الْأَنْبِيَاءِ عَلَيْهِمُ السَّلَامُ، وَ نَقُوْلُ نَبيٌّ وَاحِدٌ أَفْضَلُ مِنْ جَمِيْعِ الْأَوْلِيَاءِ.

Kami tidak mengutamakan seorang pun dari para wali di atas para nabi a.s., bahkan kami berpandangan bahwa seorang nabi lebih utama dari semua para wali.”

[205] وَ نُؤْمِنُ بِمَا جَاءَ مِنَ كَرَامَاتِهِمْ، وَ صَحَّ عَنِ الثِّقَاتِ مِنْ رِوَايَاتِهِمْ.

Kami percaya dengan apa yang terjadi dari karamah-karamah mereka (para wali), dan terdapat riwayat-riwayat shaḥīḥ tentang kisah-kisah mereka.”

[206] وَ نُؤْمِنُ بِأَشْرَاطِ السَّاعَةِ مِنْ خُرُوْجِ الدَّجَّالِ،

Kami juga beriman dengan tanda-tanda Hari Kiamat, seperti (akan) keluarnya Dajjāl.

[207] وَ نُزُوْلِ عِيْسَى بْنِ مَرْيَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مِنَ السَّمَاءِ،

(Kami juga beriman) akan turunnya Nabi ‘Īsā a.s. dari langit.”

[208] وَ نُؤْمِنُ بِطُلُوْعِ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا،

Dan kami juga beriman akan terbitnya matahari dari sebelah barat.”

[209] وَ خُرُوْجِ دَابَّةِ الْأَرْضِ مِنْ مَوْضِعِهَا.

(Kami juga beriman) akan keluarnya binatang melata bumi dari tempatnya.”

[210] وَ لَا نُصَدِّقُ كَاهِنًا وَ لَا عَرَّافًا

Dan kami tidak membenarkan perkataan dukun dan tidak pula tukang tenung.”

[211] وَ لَا مَنْ يَدَّعِيْ شَيْئًا يُخَالِفُ الْكِتَابَ وَ السُّنَّةَ وَ إِجْمَاعَ الْأُمَّةِ.

(Kami juga tidak membenarkan) orang yang mengklaim sesuatu yang bertentangan dengan al-Qur’ān, as-Sunnah dan ijma‘ umat ini.”

[212] وَ نَرَى الْـجَمَاعَةَ حَقًّا وَ صَوَابًا، وَ الْفُرْقَةَ زَيْغًا وَ عَذَابًا.

Kami juga berpandangan bahwa persatuan adalah haqq dan benar, dan (sebaliknya) perpecahan adalah kesesatan dan ‘adzab.”

[213] وَ دِيْنُ اللهِ فِي الْأَرْضِ وَ السَّمَاءِ وَاحِدٌ، وَ هُوَ دِيْنُ الْإِسْلَامِ،

Agama Allah di bumi dan di langit adalah satu, yaitu Agama Islam.”

[214] قَالَ اللهُ تَعَالَى:{إِنَّ الدِّيْنَ عِنْدَ اللهِ الْإِسْلَامُ}. وَ قَالَ تَعَالَى:{وَ رَضِيْتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِيْنًا}،

Allah ta‘ālā berfirman: “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (Āli ‘Imrān: 19). Dan Allah ta‘ālā berfirman: “….dan telah Kuridhai Islam itu sebagai agama bagimu.” (al-Mā’idah: 3).

[215] وَ هُوَ بَيْنَ الْغُلُوِّ وَ التَّقْصِيْرِ،

Dan Agama Islam itu adalah (pertengahan) di antara sikap ekstrim (ghuluw) dan lalai.

[216] وَ بَيْنَ التَّشْبِيْهِ وَ التَّعْطِيْلِ،

(Juga pertengahan) antara tasybīh (menetapkan sifat-sifat Allah tapi menyerupakannya dengan sifat-sifat makhluk) dengan ta‘thīl (mengingkari sifat-sifat Allah).”

[217] وَ بَيْنَ الْـجَبْرِ وَ الْقَدَرِ،

Dan (Juga pertengahan) antara (pandangan) Jabariyyah dan Qadariyyah.”

[218] وَ بَيْنَ الْأَمْنِ وَ الْإِيَاسِ.

(Juga pertengahan) antara rasa aman (dari ‘adzab Allah) dengan rasa putus asa (dari Raḥmat Allah).

[219] فَهذَا دِيْنُنَا وَ اعْتِقَادُنَا ظَاهِرًا وَ بَاطِنًا، وَ نَحْنَ بُرَءَاءُ إِلَى اللهِ مِنْ كُلِّ مَنْ خَالَفَ الَّذِيْ ذَكَرْنَاُه وَ بَيّنَّاهُ.

Inilah Agama dan Akidah kami, zhahir dan bathin. Dan kami berlepas diri (bara’) kepada Allah dari orang-orang yang menyelisihi apa yang telah kami sebutkan dan telah kami jelaskan.”

[220] وَ نَسأَلُ اللهَ تَعَالَى أَنْ يُثَبِّتَنَا عَلَى الْإِيْمَانِ وَ يَخْتِمَ لَنَا بِهِ،

Kami memohon kepada Allah ta‘ālā agar meneguhkan kami di atas iman, dan menutup hidup kami dengannya.”

[221] وَ يَعْصِمَنَا مِنَ الْأَهْوَاءِ الْـمُخْتَلِفَةِ، وَ الْآرَاءِ الْـمُتَفَرِّقَةِ

(Dan agar Allah) melindungi kita dari kecenderungan hawa nafsu yang saling berselisih, dan pikiran-pikiran yang saling berpecah.”

[222] وَ الْـمَذَاهِبِ الرَّدِيَّةِ

(Dan agar melindungi kita) dari madzhab-madzhab yang celaka.”

[223] مِثْلِ الْـمُشَبِّهَةِ

Seperti al-Musyabbihah.”

[224] وَ الْـمُعْتَزِلَةِ

Dan Mu‘tazilah.”

[225] وَ الْـجَهْمِيَّةِ وَ الْـجَبْرِيَّةِ

Juga Jahmiyyah dan Jabariyyah.”

[226] وَ الْقَدَرِيَّةِ

Dan juga Qadariyyah.”

[227] وَ غَيْرِهِمْ مِنَ الَّذِيْنَ خَالَفُوا السُّنَّةَ وَ الْـجَمَاعَة، وَ حَالَفُوا الضَّلَالَةَ،

Dan (golongan-golongan sesat) selain mereka, dari orang-orang yang menyelisihi as-Sunnah dan al-Jamā‘ah, dan (sebaliknya) berpihak kepada kesesatan.”

[228] وَ نَحْنُ مِنْهُمْ بَرَاءٌ، وَ هُمْ عِنْدَنَا ضُلَّالٌ وَ أَرْدِيَاءٌ، وَ بِاللهِ الْعِصْمَةُ وَ التَّوْفِيْقِ.

Dan kami berlepas diri (bara’) dari mereka, dan mereka bagi kami adalah orang-orang sesat dan orang-orang yang celaka. Dan hanya kepada Allah-lah kami memohon perlindungan dan taufīq.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *