1-10 Rasulullah Berbicara Dengan Pohon – 115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah

115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasūlullāh Saw

Oleh: FUAD ABDURAHMAN
(Penulis buku bestseller The Great of Two Umars)

Penerbit: Penerbit Noura Books
(PT Mizan Publika)

Untuk kedua orangtuaku:
Ma’mun Fudholi ibn K.H. Ahmad Fudholi
Siti Sobariyah

Untuk dua guruku:
Al-‘Allamah Al-Ustadz Qurtubi (Alm.)
Drs. K.H. Pepe Syafi‘i Mukhtar (Alm.)

Diketik Oleh: Zahra’

Rasūlullāh Berbicara dengan Pohon

 

Ibn ‘Umar r.a. menceritakan bahwa dalam sebuah perjalanan, Rasūlullāh Saw. bertemu dengan beberapa orang pedalaman dan beliau mengajak mereka memeluk Islam. Rasūlullāh Saw. berkata: “Aku akan memperlihatkan sesuatu kepada siapa pun yang masih sangsi. Ini adalah pohon, aku akan bicara kepadanya dan meminta sesuatu darinya.”

Lalu, tiba-tiba pohon di hadapan Rasūlullāh itu merunduk dan mencium bumi, kemudian tegak kembali seperti semula. Menyaksikan peristiwa itu, orang-orang pedalaman itu langsung mengucapkan syahadat tiga kali: “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah.”

Buraidah Al-Aslamī menuturkan bahwa seorang ‘Arab Badui memohon kepada Rasūlullāh Saw. untuk memperlihatkan mukjizat dengan memanggil sebatang pohon dan beliau menyanggupinya. Maka, tidak lama kemudian datang sebatang pohon kurma dan berhenti di hadapan orang Badui tadi dan berkata: “Salam keselamatan atasmu, wahai utusan Allah.”

Setelah itu, Rasūlullāh Saw. memerintahkan pohon itu kembali ke tempatnya.

Suatu hari Rasūlullāh Saw. memanggil pohon kurma untuk mendengarkan khutbahnya. Ketika Rasūlullāh naik mimbar dan mulai berbicara, pohon kurma itu bersedih dan menangis tersedu-sedu. Orang-orang di sekelilingnya mendengar tangisannya sehingga mereka pun ikut menangis tersedu-sedu.

Lalu, Rasūlullāh Saw. memanggil pohon itu. Ia pun datang dan bersujud ke bumi, lalu kembali lagi ke tempatnya. Wallāhu a‘lam.[]

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.