029 Salim Maula Abi Hudzaifah r.a. – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

سَالِمٌ مَوْلَى أَبِيْ حُذَيْفَةَ

(29). SALIM MAULĀ ABĪ ḤUDZAIFAH r.a.

وَ مِنْهُمُ الْحَافِظُ الْقَارِيْ، وَ الْإِمَامُ الْجَارِيْ، سَالِمٌ مَوْلَى أَبِيْ حُذَيْفَةَ. كَانَ صَبًّا وَامِقًا، وَ بِمُودَعِ الْكِتَابِ نَاطِقًا، وَ فِي الْعِبَادَةِ مُخْلِصًا وَاثِقًا

Di antara mereka terdapat sahabat penghapal dan ahli bacaan al-Qur’ān, dan seorang Imam yang berjalan. Dia adalah Sālim maulā Abī Ḥudzaifah. Dia adalah pemuda yang penuh cinta, pandai tentang kandungan Kitāb, serta ikhlas dalam beribadah.

حَدَّثَنَا فَارُوْقٌ الْخَطَّابِيُّ، وَ حَبِيْبُ بْنُ الْحَسَنِ، قَالَا: ثَنَا أَبُوْ مُسْلِمٍ الْكَشِّيُّ، ثَنَا أَبُو الْوَلِيْدِ الطَّيَالِسِيُّ، ثَنَا شُعْبَةُ، أَخْبَرَنِيْ عَمْرُو بْنُ مُرَّةَ، قَالَ: سَمِعْتُ إِبْرَاهِيْمَ يُحَدِّثُ عَنْ مَسْرُوْقٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «اسْتَقْرِئُوا الْقُرْآنَ مِنْ أَرْبَعَةٍ»، فَذَكَرَ ابْنَ مَسْعُوْدٍ، وَ سَالِمًا مَوْلَى أَبِيْ حُذَيْفَةَ، وَ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ، وَ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُمْ “

  1. Fārūq al-Khaththābī dan Ḥabīb bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Abū Muslim al-Kasysyī menceritakan kepada kami, Abū Walīd ath-Thayālisī menceritakan kepada kami, Syu‘bah menceritakan kepada kami, ‘Amr bin Murrah mengabariku, dia berkata: Aku mendengar Ibrāhīm menceritakan dari Masrūq, dari ‘Abdullāh bin ‘Amr r.a., dia berkata: “Aku mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Ambillah bacaan al-Qur’ān dari empat orang.” Lalu beliau menyebut Ibnu Mas‘ūd, Sālim maulā Abī Ḥudzaifah, Ubai bin Ka‘b, dan Mu‘ādz bin Jabal r.a.” (41).

حَدَّثَنَا يُوْسُفُ بْنُ يَعْقُوْبَ النَّجِيْرَمِيُّ، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُثَنَّى، ثَنَا عَفَّانُ، ثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ، ثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، وَ ثَنَا أَبُوْ عَمْرِو بْنُ حَمْدَانَ، حَدَّثَنَا [ص: 177] الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، ثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، ثَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: «لَمَّا قَدِمَ الْمُهَاجِرُوْنَ الْأَوَّلُوْنَ الْعُصْبَةُ قَبْلَ مَقْدَمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، كَانَ يَؤُمُّهُمْ سَالِمٌ مَوْلَى أَبِيْ حُذَيْفَةَ، كَانَ أَكْثَرَهُمْ قُرْآنًا، فِيْهِمْ أَبُوْ بَكْرٍ وَ عُمَرُ»

  1. Yūsuf bin Ya‘qūb an-Najīramī menceritakan kepada kami, al-Ḥasan bin al-Mutsannā menceritakan kepada kami, ‘Affān menceritakan kepada kami, Ḥafsh bin Ghiyāts menceritakan kepada kami, Ibnu Jaraij menceritakan kepada kami, Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar; dan Abū ‘Amr bin Ḥamdān menceritakan kepada kami, al-Ḥasan bin Sufyān menceritakan kepada kami, Hisyām bin ‘Ammār menceritakan kepada kami, Anas bin ‘Iyādh menceritakan kepada kami, dari ‘Ubaidullāh bin ‘Umar, dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar, dia berkata: “Ketika kaum Muhājirīn yang pertama tiba sebelum Nabi s.a.w. tiba, yang mengimami shalat mereka adalah Sālim maulā Abī Ḥudzaifah. Dia adalah orang yang paling banyak hapalan al-Qur’ān-nya. Di antara mereka ada Abū Bakar dan ‘Umar.”

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ بْنِ حُبَيْشٍ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَمَّادِ بْنِ سُفْيَانَ، ثَنَا زَكَرِيَّا بْنُ يَحْيَى بْنِ أَبَانَ، ثَنَا أَبُوْ صَالِحٍ، كَاتَبُ اللَّيْثِ، حَدَّثَنِي ابْنُ لَهِيْعَةَ، عَنْ عُبَادَةَ بْنِ نَسِيٍّ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ غَنْمٍ، قَالَ: سَمِعْتُ عَبْدَ اللهِ بْنَ الْأَرْقَمِ، يَقُوْلُ: سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ، رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ يَقُوْلُ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، وَ ذَكَرَ سَالِمًا مَوْلَى أَبِيْ حُذَيْفَةَ، فَقَالَ: «إِنَّ سَالِمًا شَدِيْدُ الْحُبِّ للهِ عَزَّ وَ جَلَّ» وَ رَوَاهُ حَبِيْبُ بْنُ نَجِيْحٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ غَنْمٍ

  1. Muḥammad bin ‘Alī bin Ḥubaisy menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Ḥammād bin Sufyān menceritakan kepada kami, Zakariyyā bin Yaḥyā bin Abān menceritakan kepada kami, Abū Shāliḥ – sekretaris Laits – menceritakan kepada kami, Ibnu Lahī‘ah menceritakan kepada kami, dari ‘Ubādah bin Nasiy, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Ghanm, dia berkata. Aku mendengar ‘Abdullāh bin al-Arqam berkata: Aku mendengar ‘Umar bin Khaththāb r.a. berkata: Aku mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda – saat disebutkan nama Sālim maulā Abī Ḥudzaifah: “Sesungguhnya Sālim adalah orang yang sangat cinta kepada Allah s.w.t.” (52).

حُدِّثْتُ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ سُلَيْمَانَ، ثَنَا يُوْنُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنِ الْجَرَّاحِ بْنِ الْمِنْهَالِ، عَنْ حَبِيْبِ بْنِ نَجِيْحٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ غَنْمٍ، قَالَ: قَدِمْتُ الْمَدِيْنَةَ فِيْ زَمَانِ عُثْمَانَ، فَأَتَيْتُ عَبْدَ اللهِ بْنَ الْأَرْقَمِ فَقَالَ: حَضَرْتُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عِنْدَ وَفَاتِهِ مَعَ ابْنِ عَبَّاسٍ وَ الْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَةَ، فَقَالَ عُمَرُ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «إِنَّ سَالِمًا شَدِيْدُ الْحُبِّ للهِ عَزَّ وَ جَلَّ، لَوْ كَانَ لَا يَخَافُ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ مَا عَصَاهُ»، فَلَقِيْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ فَذَكَرْتُ ذلِكَ لَهُ فَقَالَ: صَدَقَ، انْطَلِقْ بِنَا إِلَى الْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَةَ حَتَّى يُحَدِّثَكَ بِهِ، فَجِئْنَا الْمِسْوَرَ فَقُلْتُ: إِنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ الْأَرْقَمِ حَدَّثَنِيْ بِهذَا الْحَدِيْثِ، قَالَ: حَسْبُكَ، لَا تَسَلْ عَنْهُ بَعْدَ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْأَرْقَمِ

  1. Aku diceritakan dari Sa‘īd bin Sulaimān, Yūnus bin Bukair menceritakan kepada kami dari Muḥammad bin Isḥāq, dari Jarrāḥ bin Minhāl, dari Ḥabīb bin Najīḥ, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Ghanm, dia berkata: Aku pergi ke Madīnah pada zaman kekhalifahan ‘Utsmān, lalu aku menemui ‘Abdullāh bin al-Arqam. Dia berkata: “Aku ada di dekat ‘Umar r.a. pada saat wafatnya bersama Ibnu ‘Abbās dan Miswar bin Makhramah, lalu ‘Umar r.a. berkata: “Aku mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Sālim itu orang yang sangat cinta kepada Allah. Dan sekalipun dia tidak takut Allah, dia tidak bermaksiat kepada-Nya.” Kemudian aku bertemu Ibnu ‘Abbās dan menceritakan hadits ini kepadanya, lalu dia berkata: ‘Umar bernar. Mari kita temui Miswar bin Makhramah agar dia menceritakannya kepadamu.” Kemudian kami menemui Miswar, lalu aku bertanya: “Sesungguhnya ‘Abdullāh bin al-Arqam menceritakan hadits ini kepadaku.” Dia berkata: “Cukup bagimu, jangan bertanya tentangnya sesudah diberitahu oleh ‘Abdullāh bin al-Arqam.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ حَامِدِ بْنُ جَبَلَةَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ الثَّقَفِيُّ السَّرَّاجُ، ثَنَا مَحْمُودُ بْنُ خِدَاشٍ، ثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، ثَنَا سَعِيْدٌ، قَالَ: سَمِعْتُ شَهْرَ بْنَ حَوْشَبٍ، يَقُوْلُ: قَالَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ: لَوِ اسْتَخْلَفْتُ سَالِمًا مَوْلَى أَبِيْ حُذَيْفَةَ فَسَأَلَنِيْ عَنْهُ رَبِّيْ: مَا حَمَلَكَ عَلَى ذلِكَ؟ لَقُلْتُ: رَبِّ سَمِعْتُ نَبِيَّكَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ هُوَ يَقُوْلُ: «إِنَّهُ يُحِبُّ اللهَ تَعَالَى حَقًّا مِنْ قَلْبِهِ»

  1. Abū Ḥāmid bin Jabalah menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Isḥāq ats-Tsaqafī as-Sarrāj menceritakan kepada kami, Maḥmūd bin Khidāsy menceritakan kepada kami, Marwān bin Mu‘ūwiyah menceritakan kepada kami, Sa‘īd menceritakan kepada kami, dia berkata: Aku mendengar Syahr bin Ḥausyab berkata: ‘Umar bin Khaththāb r.a. berkata: “Seandainya aku mengangkat Sālim maulā Abī Ḥudzaifah sebagai khalifah lalu Tuhanku bertanya kepadaku tentangnya: “Apa yang mendorongmu untuk berbuat seperti itu?” maka aku menjawab: “Rabbi, karena aku mendengar Nabi-Mu bersabda: “Sesungguhnya Sālim mencintai Allah dengan sebenar-benarnya cinta dari hatinya.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَلِيٍّ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْهَيْثَمِ، ثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، ثَنَا بِشْرُ بْنُ مَطَرِ بْنِ حَكِيْمِ بْنِ دِيْنَارٍ الْقُطَعِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ عَمْرَو بْنَ دِيْنَارٍ، وَكِيْلُ، آلِ الزُّبَيْرِ، يُحَدِّثُ، عَنْ مَالِكِ بْنِ دِيْنَارٍ، قَالَ: حَدَّثَنِيْ [ص: 178] شَيْخٌ، مِنَ الْأَنْصَارِ يُحَدِّثُ، عَنْ سَالِمٍ، مَوْلَى أَبِيْ حُذَيْفَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ«: لَيُجَاءَنَّ بِأَقْوَامٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَعَهُمْ مِنَ الْحَسَنَاتِ مِثْلُ جِبَالِ تِهَامَةَ، حَتَّى إِذَا جِيْءَ بِهِمْ جَعَلَ اللهُ أَعْمَالَهُمْ هَبَاءً، ثُمَّ قَذَفَهُمْ فِي النَّارِ»، فَقَالَ سَالِمٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ بِأَبِيْ أَنْتَ وَ أُمِّيْ حَلِّ لَنَا هؤُلَاءِ الْقَوْمَ حَتَّى نَعْرِفَهُمْ، فَوَالَّذِيْ بَعَثَكَ بِالْحَقِّ إِنِّيْ أَتَخَوَّفُ أَنْ أَكُوْنَ مِنْهُمْ، فَقَالَ: «يَا سَالِمُ أَمَا إِنَّهُمْ كَانُوْا يَصُوْمُوْنَ وَ يُصَلُّوْنَ، وَ لكِنَّهُمْ إِذَا عَرَضَ لَهُمْ شَيْءٌ مِنَ الْحَرَامِ وَثَبُوْا عَلَيْهِ، فَأَدْحَضَ اللهُ تَعَالَى أَعْمَالَهُمْ»، فَقَالَ مَالِكُ بْنُ دِيْنَارٍ: هذَا وَاللهِ النِّفَاقُ، فَأَخَذَ الْمُعَلَّى بْنُ زِيَادٍ بِلِحْيَتِهِ فَقَالَ: صَدَقْتَ وَاللهِ أَبَا يَحْيَى “

  1. Muḥammad bin Aḥmad bin ‘Alī menceritakan kepada kami, Aḥmad bin al-Haitsam menceritakan kepada kami, Muslim bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, Bisyr bin Mathar bin Ḥakīm bin Dīnār al-Qutha‘ī menceritakan kepada kami, dia berkata: Aku mendengar ‘Amr bin Dīnār – wakil keluarga Zubair – menceritakan dari Mālik bin Dīnār, dia berkata: Seorang syaikh dari Anshār menceritakan dari Sālim maulā Abī Ḥudzaifah, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sungguh, akan didatangkan kaum-kaum pada Hari Kiamat dengan membawa kebaikan-kebaikan seperti gunung Tihāmah. Hingga ketika mereka telah didatangkan, Allah menjadikan amal-amal mereka sia-sia, kemudian Allah mencampakkan mereka ke dalam neraka.” Sālim berkata: “Ya Rasūlullāh, demi ayah dan ibuku, terangkan kepada kami siapa kaum itu agar kami mengenali mereka. Demi Tuhan yang mengutusmu dengan kebenaran, sesungguhnya aku takut sekiranya aku termasuk golongan mereka.” Beliau bersabda: “Wahai Sālim! Sesungguhnya mereka itu berpuasa dan shalat. Akan tetapi, apabila mereka ditawari sesuatu yang haram, maka mereka mencengkramnya sehingga Allah menyia-nyiakan amal mereka.” Mālik bin Dīnār berkata: “Demi Allah, ini adalah kemunafikan.” Mu‘allā bin Ziyād lalu memegang jenggotnya dan berkata: “Demi Allah, kamu benar, wahai Abū Yaḥyā!”

Catatan:

  1. 4). H.R. al-Bukhārī (Shaḥīḥ al-Bukhārī, pembahasan: Keutamaan-keutamaan Para Sahabat Nabi, 3758, dan pembahasan: Keutamaan-keutamaan al-Qur’ān, 4999); Muslim (Shaḥīḥ Muslim, pembahasan: Keutamaan-keutamaan Sahabat, 2464/118); dan Aḥmad (Musnad Aḥmad, 2/189, 195).
  2. 5). Hadits ini dha‘īf.H.R. al-‘Irāqī (al-Mughnī ‘an Ḥamli al-Asfār fī Takhrīj al-Ihyā’, 4/321); al-Hindī (Kanz al-‘Ummāl, 33310); as-Suyūthī (ad-Durar al-Muntatsirah, 444).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *