Hati Senang

024-2 Bilal Bin Rabah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

Rangkaian Pos: 024 Bilal Bin Rabah - Hilyat-ul-Auliya' wa Thabaqat-ul-Ashfiya'
  1. 1.024-1 Bilal Bin Rabah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  2. 2.Anda Sedang Membaca: 024-2 Bilal Bin Rabah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

بِلَالُ بْنُ رَبَاحٍ

(24). BILĀL BIN RABĀḤ r.a.

(Bagian 2 dari 2)

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ خُلَيْدٍ، ثَنَا أَبُوْ تَوْبَةَ، ثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ سَلَّامٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَلَّامٍ، يَقُوْلُ: حَدَّثَنِيْ عَبْدُ اللهِ الْهَوْزَنِيُّ، قَالَ: لَقِيتُ بِلَالًا فَقُلْتُ: يَا بِلَالُ حَدِّثْنِيْ كَيْفَ كَانَتْ نَفَقَةُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ؟ فَقَالَ: مَا كَانَ لَهُ شَيْءٌ، كُنْتُ أَنَا الَّذِيْ أَلِيْ لَهُ ذَاكَ مُنْذُ بَعَثَهُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ حَتَّى تُوُفِّيَ، وَ كَانَ إِذَا أَتَاهُ الرَّجُلُ الْمُسْلِمُ فَرَأَهُ عَارِيًا يَأْمُرُنِيْ بِهِ، فَأَنْطَلِقُ فَأَسْتَقْرِضُ وَ أَشْتَرِي الْبُرْدَةَ فَأَكْسُوْهُ وَ أُطْعِمُهُ “

489. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Khālid menceritakan kepada kami, Abū Taubah menceritakan kepada kami, Mu‘āwiyah bin Sallām menceritakan kepada kami, dari Zaid bin Aslam bahwa dia mendengar Abū Sallām berkata: ‘Abdullāh al-Hauzanī berkata: Aku bertemu dengan Bilāl lalu aku bertanya: “Wahai Bilāl! Ceritakan kepada kami bagaimana nafkah Rasūlullāh s.a.w.?” Dia menjawab: “Beliau tidak memiliki apa-apa. Akulah yang mengatur ini dan itu bagi beliau sejak Allah mengutusnya hingga beliau wafat. Apabila seorang muslim mendatangi beliau lalu beliau melihatnya tidak pantas pakaiannya, maka beliau menyuruhku untuk pergi membeli mantel, lalu aku memakaikannya pada orang itu dan memberinya makan.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ خَلَّادٍ، ثَنَا الْحَارِثُ بْنُ أَبِيْ أُسَامَةَ، ثَنَا عَاصِمُ بْنُ عَلِيٍّ، ثَنَا قَيْسُ بْنُ الرَّبِيْعِ، عَنْ أَبِيْ حُصَيْنٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ وَثَّابٍ، عَنْ مَسْرُوْقٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَلَى بِلَالٍ، وَ عِنْدَهُ صُبَرٌ مِنْ تَمْرٍ، فَقَالَ: «مَا هذَا يَا بِلَالُ؟» قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ ادَّخَرْتُهُ لَكَ وَ لِضِيَفَانِكَ، قَالَ: «أَمَا تَخْشَى أَنْ تَكُوْنَ لَهُ بُخَارٌ فِي النَّارِ، أَنْفِقْ بِلَالُ وَ لَا تَخْشَ مِنْ ذِي الْعَرْشِ إِقْلَالًا»

490. Abū Bakar bin Khallād menceritakan kepada kami, al-Ḥārits bin Abī Usāmah menceritakan kepada kami, ‘Āshim bin ‘Alī menceritakan kepada kami, Qais bin ar-Rabī‘ menceritakan kepada kami, dari Abū Ḥushain, dari Yaḥyā bin Watstsāb, dari Masrūq, dari ‘Abdullāh, dia berkata: Nabi s.a.w. menemui Bilāl, dan di sampingnya ada sekantong kurma kering, lalu beliau bertanya: “Apa ini, wahai Bilāl?” Dia menjawab: “Ya Rasūlullāh, aku menyimpannya untukmu dan tamu-tamumu.” Beliau bersabda: “Tidakkah kamu takut dia akan menjadi api di neraka? Infakkan, wahai Bilāl, dan janganlah kamu takut ditelantarkan oleh Tuhan Pemilik ‘Arasy.” (1241).

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ الصَّايغُ، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ، ثَنَا عِمْرَانُ بْنُ بَنَانٍ، ثَنَا طَلْحَةُ، عَنْ يَزِيْدَ بْنِ سِنَانٍ، عَنْ أَبِي الْمُبَارَكِ، عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ، عَنْ بِلَالٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «يَا بِلَالُ مُتْ فَقِيْرًا، وَ لَا تَمُتْ غَنِيًّا»، قُلْتُ [ص: 150] : فَكَيْفَ لِيْ بِذلِكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: «مَا رُزِقْتَ فَلَا تُخَبِّئْ، وَ مَا سُئِلْتَ فَلَا تَمْنَعْ»، فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ لِيْ بِذلِكَ؟ قَالَ: «هُوَ ذلِكَ أَوِ النَّارُ»

491. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Alī ash-Shāyigh menceritakan kepada kami, al-Ḥasan bin ‘Alī al-Ḥulwānī menceritakan kepada kami, ‘Imrān bin Banān menceritakan kepada kami, Thalḥah menceritakan kepada kami, dari Yazīd bin Sinān, dari Abū Mubārak, dari Abū Sa‘īd al-Khudrī, dari Bilāl, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Wahai Bilāl, matilah kamu dalam keadaan fakir, dan janganlah kamu mati dalam keadaan kaya!” Aku bertanya: “Bagaimana caranya, ya Rasūlullāh?” Beliau bersabda: “Apa yang direzekikan kepadamu, janganlah kamu halangi.” Aku bertanya: “Ya Rasūlullāh, bagaimana agar aku bisa melakukan itu?” Beliau menjawab: “Kamu lakukan seperti itu, atau kamu akan merasakan api neraka.” (1252).

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ خَلَّادٍ، ثَنَا الْحَارِثُ بْنُ أَبِيْ أُسَامَةَ، ثَنَا عَفَّانُ، ثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «لَقَدْ أُخِفْتُ فِي اللهِ تَعَالَى وَ مَا يَخَافُ أَحَدٌ، وَ لَقَدْ أُوذِيْتُ فِي اللهِ وَ مَا يُؤْذَى أَحَدٌ، وَ لَقَدْ أَتَتْ عَلَيَّ ثَلَاثُوْنَ مِنْ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ مَا لِيْ وَ لَا لِبِلَالٍ طَعَامٌ يَأْكُلُهُ أَحَدٌ إِلَّا شَيْءٌ يُوَارِيْهِ إِبِطُ بِلَالٍ»

492. Abū Bakar bin Khallād menceritakan kepada kami, al-Ḥārits bin Abī Usāmah menceritakan kepada kami, ‘Affān menceritakan kepada kami, Ḥammād bin Salamah menceritakan kepada kami, dari Tsābit, dari Anas, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Aku pernah ditakut-takuti karena Allah saat tidak seorang pun merasa takut. Dan aku pernah dianiaya karena Allah saat tidak seorang pun yang dianiaya. Dan aku pernah menjalani tiga puluh hari dalam keadaan aku dan Bilāl tidak memiliki makanan untuk dimakan selain sesuatu yang bisa tertutupi ketiak Bilāl.” (1263).

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ جَعْفَرٍ، ثَنَا يُوْنُسُ بْنُ حَبِيْبٍ، ثَنَا أَبُوْ دَاوُدَ، ثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ أَبِيْ سَلَمَةَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُنْكَدِرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: ” رَأَيْتُنِيْ دَخَلْتُ الْجَنَّةَ وَ سَمِعْتُ خَشْفًا أَمَامِيْ، فَقُلْتُ: مَنْ هذَا يَا جِبْرِيْلُ؟ فَقَالَ: هذَا بِلَالٌ “

493. ‘Abdullāh bin Ja‘far menceritakan kepada kami, Yūnus bin Ḥabīb menceritakan kepada kami, Abū Dāūd menceritakan kepada kami, ‘Abd-ul-‘Azīz bin Abī Salamah menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Munkadir menceritakan kepada kami, dari Jābir, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Aku bermimpi masuk surga, dan aku mendengar suara sendal di depanku. Lalu aku bertanya: “Siapa itu, wahai Jibrīl?” Dia menjawab: “Dia itu Bilāl.” (1274)

حَدَّثَنَا أَبُوْ عَمْرِو بْنُ حَمْدَانَ، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ، ثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ، ثَنَا حُسَيْنُ بْنُ وَاقِدٍ، حَدَّثَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: ” سَمِعْتُ فِي الْجَنَّةِ خَشْخَشَةً أَمَامِيْ، فَقُلْتُ: مَنْ هذَا؟ قَالُوْا: بِلَالٌ “، فَأَخْبَرَهُ وَ قَالَ: «بِمَ سَبَقْتَنِيْ إِلَى الْجَنَّةِ؟» قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ مَا أَحْدَثْتُ إِلَّا تَوَضَّأْتُ، وَ لَا تَوَضَّأْتُ إِلَّا رَأَيْتُ أَنَّ للهِ تَعَالَى عَلَيَّ رَكْعَتَيْنِ فَأُصَلِّيْهِمَا “

رَوَاهُ أَبُوْ حَيَّانَ، عَنْ أَبِيْ زُرْعَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ جَرِيْرٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، مِثْلَهُ

494. Abū ‘Amr bin Ḥamdān menceritakan kepada kami, al-Ḥasan bin Sufyān menceritakan kepada kami, Abū Bakar bin Abī Syaibah menceritakan kepada kami, Zaid bin Ḥubāb menceritakan kepada kami, Ḥusain bin Wāqid menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Buraidah menceritakan kepada ku, dari ayahnya, bahwa Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Di surga aku mendengar suara telapak kaki berjalan di depanku, lalu aku bertanya: “Siapa dia?” Mereka menjawab: “Bilāl. Beritahukan kepadanya.” Beliau bertanya: “Mengapa engkau mendahuluiku ke surga?” Bilāl menjawab: “Ya Rasūlullāh, aku tidak pernah berhadats melainkan aku langsung berwudhu’. Dan aku tidak berwudhu’ melainkan sesudahnya aku melihat adanya hak Allah padaku untuk shalat dua rakaat, sehingga aku mengerjakan shalat dua rakaat.” (1285).

Atsar ini juga diriwayatkan oleh Abū Ḥayyān dari Abū Zur‘ah dari ‘Amr bin Jarīr dari Abū Hurairah dengan redaksi yang sama.

حَدَّثَنَا أَبُوْ حَامِدِ بْنُ جَبَلَةَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثَنَا أَبُوْ كُرَيْبٍ، ثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ، عَنْ إِسْمَاعِيْلَ، عَنْ قَيْسٍ، قَالَ: اشْتَرَى أَبُوْ بَكْرٍ بِلَالًا رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا بِخَمْسَةِ أَوَاقٍ فَأَعْتَقَهُ، فَقَالَ: «يَا أَبَا بَكْرٍ إِنْ كُنْتَ أَعْتَقْتَنِي للهِ فَدَعْنِيْ حَتَّى أَعْمَلَ للهِ، وَ إِنْ كُنْتَ إِنَّمَا أَعْتَقْتَنِيْ لِتَتَّخِذَنِيْ خَادِمًا فَاتَّخِذْنِيْ»، فَبَكَى أَبُوْ بَكْرٍ وَ قَالَ: إِنَّمَا أَعْتَقْتُكَ للهِ، فَاذْهَبْ فَاعْمَلْ للهِ تَعَالَى “

495. Abū Ḥāmid bin Jabalah menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Isḥāq menceritakan kepada kami, Abū Kuraib menceritakan kepada kami, Abū Mu‘āwiyah menceritakan kepada kami, dari Ismā‘īl, dari Qais, dia berkata: Abū Bakar membeli Bilāl r.a. dengan harta lima uqiyah emas, lalu dia memerdekakannya. Lalu Bilāl berkata: “Wahai Abū Bakar, jika engkau memerdekakanku karena Allah, maka biarkan aku bekerja karena Allah. Dan jika engkau memerdekakanku supaya bisa menjadikanku pelayan, maka jadikanlah aku pelayan.” Abū Bakar menangis dan berkata: “Aku memerdekakanmu semata karena Allah. Jadi, pergilah dan bekerjalah karena Allah.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ حَامِدٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عِيْسَى، ثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ، ثَنَا مَعْمَرٌ، حَدَّثَنِيْ عَطَاءٌ الْخُرَاسَانِيُّ، عَنْ سَعِيْدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، قَالَ: لَمَّا كَانَتْ خِلَافَةُ أَبِيْ بَكْرٍ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ تَجَهَّزَ بِلَالٌ لِيَخْرُجَ إِلَى الشَّامِ، فَقَالَ لَهُ أَبُوْ بَكْرٍ: مَا كُنْتُ أَرَاكَ يَا بِلَالُ تَدَعُنَا عَلَى هذَا الْحَالِ، لَوْ أَقَمْتَ مَعَنَا فَأَعَنْتَنَا، قَالَ: «إِنْ كُنْتَ إِنَّمَا أَعْتَقْتَنِي للهِ تَعَالَى فَدَعْنِيْ أَذْهَبْ إِلَيْهِ، وَ إِنْ كُنْتَ إِنَّمَا أَعْتَقْتَنِيْ لِنَفْسِكَ فَاحْبِسْنِيْ [ص: 151] عِنْدَكَ»، فَأَذِنَ لَهُ فَخَرَجَ إِلَى الشَّامِ فَمَاتَ بِهَا “

496. Abū Ḥāmid menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Isḥāq menceritakan kepada kami, al-Ḥasan bin ‘Īsā menceritakan kepada kami, Ibnu Mubārak menceritakan kepada kami, Ma‘mar menceritakan kepada kami, ‘Athā’ al-Khurāsānī menceritakan kepada kami, dari Sa‘īd bin Musayyib, dia berkata: Di masa kekhalifahan Abū Bakar r.a., Bilāl bersiap-siap untuk pergi ke Syām. Lalu Abū Bakar bertanya kepadanya: “Mengapa engkau meninggalkan kami dalam keadaan seperti ini, wahai Bilāl? Tidakkah sebaiknya engkau tinggal bersama kami untuk membantu kami?” Bilāl menjawab: “Jika engkau memerdekakanku karena Allah, maka biarkan aku pergi ke Syām. Tetapi jika engkau memerdekakanku untuk dirimu sendiri, maka tahanlah aku di sampingmu.” Lalu Abū Bakar mengizinkannya, dan Bilāl pun pergi ke Syām dan wafat di sana.

Catatan:


  1. 124). Hadits ini dha‘īf. H.R. ath-Thabrānī (al-Mu‘jam al-Kabīr, 1020, 1030). Al-Haitsamī (Majma‘ az-Zawā’id, 3/126) berkata: “Dalam sanad-nya terdapat Qais bin ar-Rabī‘ yang dinilai tsiqah oleh Syu‘bah dan ats-Tsaurī, tetapi ada komentar terkait dirinya. Sedangkan para periwayat lainnya adalah tsiqah.” 
  2. 125). Hadits ini dha‘īf. H.R. ath-Thabrānī (al-Ma‘jam al-Kabīr, 1021). Al-Haitsamī (Majma‘ az-Zawā’id, 3/125) berkata: “Dalam sanad-nya ada Thalḥah bin Zaid al-Quraisyī yang statusnya lemah.” 
  3. 126). Hadits ini shaḥīḥ. H.R. at-Tirmidzī (Sunan at-Tirmidzī, pembahasan: Sifat Hari Kiamat, 2472); Ibnu Mājah (Muqaddimah, 151); dan Aḥmad (Musnad Aḥmad, 3/286). Hadits ini dinilai shaḥīḥ oleh al-Albānī dalam Sunan at-Tirmidzī dan Sunan Ibnu Mājah
  4. 127). H.R. al-Bukhārī (Shaḥīḥ al-Bukhārī, pembahasan: Keutamaan Para Sahabat Nabi, 3679) dan Muslim (Shaḥīḥ Muslim, pembahasan: Keutamaan Para Sahabat, 2457). 
  5. 128). Hadits ini shaḥīḥ. H.R. Aḥmad (Musnad Aḥmad, 5/354, 360); at-Tirmidzī (Sunan at-Tirmidzī, pembahasan: Manāqib, 3689); al-Bukhārī (Shaḥīḥ al-Bukhārī, pembahasan: Tahajjud, 1149); dan Muslim (Shaḥīḥ Muslim, pembahasan: Keutamaan Para Sahabat, 2458) dari hadits Abū Hurairah r.a. Hadits ini dinilai shaḥīḥ oleh al-Albānī dalam kedua kitab as-Sunan tersebut. 
Bagikan ('Amal Jāriyah):
Langganan buletin Hati Senang

Masukkan email Anda untuk mengetahui tentang artikel terbaru di hatisenang.com

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas