021-6 ‘Abdullah Bin Mas’ud – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

Rangkaian Pos: 021 'Abdullah Bin Mas'ud - Hilyat-ul-Auliya' wa Thabaqat-ul-Ashfiya'

عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُودٍ

(21). ‘ABDULLĀH BIN MAS‘ŪD r.a.

(Bagian 6 dari 6)

 

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، عَنْ عَبْدِ الرَّزَّاقِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِيْ عُبَيْدَةَ، عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ، قَالَ: ثَلَاثٌ أَحْلِفُ عَلَيْهِنَّ، وَ الرَّابِعَةُ لَوْ حَلَفْتُ عَلَيْهَا لَبَرَرْتُ: «لَا يَجْعَلُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ مَنْ لَهُ سَهْمٌ فِي الْإِسْلَامِ كَمَنْ لَا سَهْمَ لَهُ، وَ لَا يَتَوَلَّى اللهَ عَبْدٌ فِي الدُّنْيَا فَوَلَّاهُ غَيْرَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَ لَا يُحِبُّ رَجُلٌ قَوْمًا إِلَّا جَاءَ مَعَهُمْ، وَ الرَّابِعَةُ الَّتِيْ لَوْ حَلَفْتُ عَلَيْهَا لَبَرَرْتُ، لَا يَسْتُرُ اللهُ عَلَى عَبْدٍ فِي الدُّنْيَا إِلَّا سَتَرَ عَلَيْهِ فِي الْآخِرَةَ»

444. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Isḥāq bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, dari ‘Abd-ur-Razzāq, dari Ma‘mar, dari Abū Isḥāq, dari Abū ‘Ubaidah, dari Ibnu Mas‘ūd, dia berkata: “Ada tiga perkara yang aku bersumpah terhadapnya, dan ada perkara keempat yang seandainya aku bersumpah terhadapnya, lalu aku pasti membuktikan sumpahku!

(a). Allah tidak menjadikan orang yang memiliki andil dalam Islam seperti orang yang tidak punya andil di dalamnya;

(b). Allah tidak mengaruniainya walāyah (kewalian) di dunia melainkan Allah juga mengaruiainya walayah di Hari Kiamat;

(c). Tidaklah seseorang mencintai sesuatu kaum melainkan dia akan datang (di Hari Kiamat) bersama mereka.

Dan perkara keempat yang seandainya aku bersumpah terhadapnya, maka sumpahku pasti terbukti, yaitu bahwa Allah tidak menutupi aib seorang hamba di dunia melainkan Allah juga menutupi aibnya di akhirat.”

حَدَّثَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، ثَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدُ بْنُ أَبِيْ سَهْلٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْعَبْسِيُّ، ثَنَا عَبَّادُ بْنُ الْعَوَّامِ، عَنْ سُفْيَانَ بْنِ حُسَيْنٍ، عَنْ أَبِي الْحَكَمِ، أَوِ الْحَكَمِ عَنْ أَبِيْ وَائِلٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: «مَا أَحَدٌ مِنَ النَّاسِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِلَّا يَتَمَنَّى أَنَّهُ كَانَ يَأْكُلُ فِي الدُّنْيَا قُوتًا، وَ مَا يَضُرُّ أَحَدُكُمْ عَلَى مَا أَصْبَحَ وَ أَمْسَى مِنَ الدُّنْيَا إِلَّا أَنَّ تَكُوْنَ فِي النَّفْسِ حَزَازَةٌ، وَ لَأَنْ يَعَضُّ أَحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ حَتَّى تُطْفَأَ خَيْرٌ مِنْ أَنْ يَقُوْلَ لِأَمْرٍ قَضَاهُ اللهُ لَيْتَ هذَا لَمْ يَكُنْ»

445. ‘Abdullāh bin Muḥammad menceritakan kepadaku, Abū ‘Abdillāh Muḥammad bin Abī Sahl menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Muḥammad al-‘Absī menceritakan kepada kami, ‘Abbād bin ‘Awwām menceritakan kepada kami, dari Sufyān bin al-Ḥusain, dari Abū Ḥakam – atau Ḥakam, dari Abū Wā’il, dari ‘Abdullāh, dia berkata: “Tidak ada seorang manusia pun di Hari Kiamat melainkan dia berangan-angan sekiranya dia makan makanan pokok saja di dunia. Dan yang demikian itu tidak mengakibatkan mudharat bagi salah seorang di antara kalian, hanya saja dalam hatinya ada penyakit. Sungguh, sekiranya salah seorang di antara kalian menggigit bara hingga padam, maka itu lebih baik baginya daripada berkata terkait perkara yang telah ditakdirkan Allah: “Andai saja hal itu tidak terjadi.”

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا بِشْرُ بْنُ مُوْسَى، ثَنَا يَحْيَى بْنُ إِسْحَاقَ السَّيْلَحِيْنِيُّ، ثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، أَوْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ مِكْرَزٍ قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ: ” إِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ عِنْدَهُ لَيْلٌ وَ لَا نَهَارٌ، نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَ الْأَرْضِ مِنْ نُوْرِ وَجْهِهِ، وَ إِنَّ مِقْدَارَ كُلِّ يَوْمٍ مِنْ أَيَّامِكُمْ عِنْدَهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً، فَتُعْرَضُ عَلَيْهِ أَعْمَالُكُمْ بِالْأَمْسِ أَوَّلَ النَّهَارِ فَيَنْظُرُ فِيْهَا ثَلَاثَ سَاعَاتٍ، وَ يُسَبِّحُهُ حَمَلَةُ الْعَرْشِ وَ سُرَادِقَاتُ الْعَرْشِ وَ الْمَلَائِكَةُ الْمُقَرَّبُوْنَ وَ سَائِرُ الْمَلَائِكَةِ، ثُمَّ يَنْفُخُ جِبْرِيْلُ بِالْقَرْنِ فَلَا يَبْقَى شَيْءٌ إِلَا سَمِعَ صَوْتَهُ، فَيُسَبِّحُوْنَ الرَّحْمنَ ثَلَاثَ سَاعَاتٍ حَتَّى يَمْتَلِئَ الرَّحْمنُ رَحْمَةً، فَتِلْكَ سِتُّ سَاعَاتٍ، ثُمَّ يُؤْتَى بِالْأَرْحَامِ فَيَنْظُرُ فِيْهَا ثَلَاثَ سَاعَاتٍ، وَ هُوَ قَوْلُهُ فِيْ كِتَابِهِ: {يُصَوِّرُكُمْ فِي الْأَرْحَامِ كَيْفَ يَشَاءُ} [آل عمران: 6]، {يَهَبُ لِمَنْ يَشَاءُ إِنَاثًا وَ يَهَبُ لِمَنْ يَشَاءُ الذُّكُوْرَ} [الشورى: 49] {أَوْ يُزَوِّجُهُمْ ذُكْرَانًا وَ إِنَاثًا وَ يَجْعَلُ مَنْ يَشَاءُ عَقِيْمًا} [الشورى: 50] الْآيَةَ، فَتِلْكَ التِّسْعُ سَاعَاتٍ، ثُمَّ يُؤْتَى بِالْأَرْزَاقِ [ص: 138] فَيَنْظُرُ فِيْهَا ثَلَاثَ سَاعَاتٍ وَ هُوَ قَوْلُهُ: {يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَ يَقْدِرُ} [الرعد: 26]، {كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِيْ شَأْنٍ} [الرحمن: 29]، قَالَ: هذَا مِنْ شَأْنِكُمْ وَ شَأْنِ رَبِّكُمْ عَزَّ وَ جَلَّ “

446. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Bisyr bin Mūsā menceritakan kepada kami, Yaḥyā bin Isḥāq as-Sailaḥīnī menceritakan kepada kami, Ḥammād bin Salamah menceritakan kepada kami, dari ‘Abdullāh – atau ‘Ubaidullāh – bin Mikraz, dia berkata: ‘Abdullāh bin Mas‘ūd berkata: Sesungguhnya tidak ada malam dan siang bagi Rabb kalian. Cahaya langit dan bumi ini berasal di sisi-Nya itu sama dengan dua belas masa. Amal-amal kalian kemarin dilaporkan kepada-Nya di awal hari, lalu amal-amal kalian diperiksa selama tiga masa. Bertasbih kepada-Nya para malaikat pembawa ‘Arasy, sekat-sekat ‘Arasy, para malaikat yang didekatkan kepada-Nya, dan seluruh malaikat yang lain. Jibrīl melantunkan al-Qur’ān, maka tidak ada satu malaikat pun melainkan mendengarkan suara Jibrīl, lalu mereka bertasbih kepada ar-Raḥmān selama tiga masa. Yang dibaca Jibrīl adalah firman Allah dalam Kitāb-Nya: “Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya.” (Āli ‘Imrān [3]: 6). “Dan memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki, atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa yang dikehendaki-Nya), dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki.” (asy-Syūrā [42]: 49-50). Kemudian didatangkan rezeki, lalu diperiksa selama tiga masa. Itulah maksud dari firman Allah: “Allah meluaskan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki.” (ar-Ra‘d [13]: 26). “Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan.” (ar-Raḥmān [55]: 29).

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ مَالِكٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، ثَنَا وَكِيْعٌ، ثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ أَبِيْ قَيْسٍ الْأَوْدِيِّ، عَنْ هُذَيْلِ بْنِ شُرَحْبِيْلٍ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ: «مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا أَضَرَّ بِالْآخِرَةِ، وَ مَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ أَضَرَّ بِالدُّنْيَا، يَا قَوْمُ فَأَضِرُّوْا بِالْفَانِيْ لِلْبَاقِيْ»

447. Abū Bakar bin Mālik menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, Wakī‘ menceritakan kepada kami, Sufyān menceritakan kepada kami, dari Abū Qais al-Audī, dari Hudzail bin Syuraḥbīl, dia berkata: ‘Abdullāh berkata: “Barang siapa yang menginginkan dunia, maka dia membahayakan akhirat. Dan barang siapa menginginkan akhirat, maka dia membahayakan dunia. Wahai kaum muslimin! Bahayakanlah yang fana’ demi yang abadi!”

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنَ أَيُّوْبَ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ سَعْدَانَ، ثَنَا بَكْرُ بْنُ بَكَّارٍ، ثَنَا حَبِيْبُ بْنُ حَبَّانَ، ثَنَا الْمُسَيَّبُ بْنُ رَافِعٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِيْ إِيَاسٌ الْبَجَلِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ مَسْعُوْدٍ، يَقُوْلُ: «مَنْ رَاءَى فِي الدُّنْيَا رَاءَ اللهُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَ مَنْ يُسَمِّعْ فِي الدُّنْيَا يُسَمِّعِ اللهُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَ مَنْ يَتَطَاوَلْ تَعَظُّمًا يَضَعْهُ اللهُ، وَ مَنْ يَتَوَاضَعْ تَخَشُّعًا يَرْفَعْهُ اللهُ»

448. Muḥammad bin Isḥāq bin Ayyūb menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Sa‘dān menceritakan kepada kami, Bakr bin Bakkār menceritakan kepada kami, Ḥabīb bin Ḥabbān menceritakan kepada kami, Musayyib bin Rāfi‘ menceritakan kepada kami, dia berkata: Iyās al-Bajalī mengabariku, dia berkata: Aku mendengar Ibnu Mus‘ūd berkata: “Barang siapa yang berlaku riya’ di dunia, maka Allah berlaku riya’ kepadanya di Hari Kiamat. Dan barang siapa berlaku sum‘ah di dunia, maka Allah berlaku sum‘ah kepadanya di Hari Kiamat. Barang siapa yang menyombongkan diri, maka Allah merendahkannya. Dan barang siapa yang bersikap rendah diri karena khusyu‘, maka Allah meninggikannya.”

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنَ أَيُّوْبَ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ سَعْدَانَ، ثَنَا بَكْرُ بْنُ بَكَّارٍ، ثَنَا عَمْرُو بْنُ ثَابِتٍ، ثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ: «إِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ، وَ أَوْثَقُ الْعُرَى كَلِمَةُ التَّقْوَى، وَ خَيْرُ الْمِلَلِ مِلَّةُ إِبْرَاهِيْمَ، وَ أَحْسَنُ السُّنَنِ سُنَّةُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، وَ خَيْرُ الْهُدَى هُدَى الْأَنْبِيَاءِ، وَ أَشْرَفُ الْحَدِيْثِ ذِكْرُ اللهِ، وَ خَيْرُ الْقَصَصِ الْقُرْآنُ، وَ خَيْرُ الْأُمُوْرِ عَوَاقِبُهَا، وَ شَرُّ الْأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَ مَا قَلَّ وَ كَفَى خَيْرٌ مِمَّا كَثُرَ وَ أَلْهَى، وَ نَفْسٌ تُنْجِيْهَا خَيْرٌ مِنْ أَمَّارَةٍ لَا تُحْصِيْهَا، وَ شَرُّ الْعَذِيْلَةِ حِيْنَ يَحْضُرُ الْمَوْتُ، وَ شَرُّ النَّدَامَةِ نَدَامَةُ الْقِيَامَةِ، وَ شَرُّ الضَّلَالَةِ الضَّلَالَةُ بَعْدَ الْهُدَى، وَ خَيْرُ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ، وَ خَيْرُ الزَّادِ التَّقْوَى، وَ خَيْرُ مَا أُلْقِيَ فِي الْقَلْبِ الْيَقِيْنُ، وَ الرَّيْبُ مِنَ الْكُفْرِ، وَ شَرُّ الْعَمَى عَمَى الْقَلْبِ، وَ الْخَمْرُ جِمَاعُ كُلِّ إِثْمٍ، وَ النِّسَاءُ حِبَالَةُ الشَّيْطَانِ، وَ الشَّبَابُ شُعْبَةٌ مِنَ الْجُنُوْنِ، وَ النَّوْحُ مِنْ عَمَلِ الْجَاهِلِيَّةِ، وَ مِنَ النَّاسِ مَنْ لَا يَأْتِي الْجُمُعَةَ إِلَّا دُبْرًا، وَ لَا يَذْكُرُ اللهَ إِلَّا هَجْرًا، وَ أَعْظَمُ الْخَطَايَا الْكَذِبُ، وَ سِبَابُ الْمُؤْمِنِ فُسُوْقٌ، وَ قِتَالُهُ كُفْرٌ، وَ حُرْمَةُ مَالِهِ كَحُرْمَةِ دَمِهِ، وَ مَنْ يَعْفُ يَعْفُ اللهُ عَنْهُ، وَ مَنْ يَكْظِمِ الْغَيْظَ يَأْجُرْهُ اللهُ، وَ مَنْ يَغْفِرْ يَغْفِرِ اللهُ لَهُ، وَ مَنْ يَصْبِرْ عَلَى الرَّزِيَّةِ يُعْقِبْهُ اللهُ، وَ شَرُّ الْمَكَاسِبِ كَسْبُ الرِّبَا، وَ شَرُّ الْمَأْكَلِ مَالُ الْيَتِيْمِ، وَ السَّعِيْدُ مَنْ وُعِظَ بِغَيْرِهِ، وَ الشَّقِيُّ مَنْ شَقِيَّ فِيْ بَطْنِ أُمِّهِ، وَ إِنَّمَا [ص: 139] يَكْفِيْ أَحَدُكُمْ مَا قَنَعَتْ بِهِ نَفْسُهُ، وَ إِنَّمَا يَصِيْرُ إِلَى أَرْبَعَةِ أَذْرُعٍ، وَ الْأَمْرُ إِلَى آخِرَةٍ، وَ مِلَاكُ الْعَمَلِ خَوَاتِمُهُ، وَ شَرُّ الرَّوَايَا رَوَايَا الْكَذِبِ، وَ أَشْرَفُ الْمَوْتِ قَتْلُ الشُّهَدَاءِ، وَ مَنْ يَعْرِفِ الْبَلَاءَ يَصْبِرْ عَلَيْهِ، وَ مَنْ لَا يَعْرِفْ يُنْكِرْ، وَ مَنْ يَسْتَكْبِرْ يَضَعْهُ، وَ مَنْ يَتَوَلَّى الدُّنْيَا تَعْجَزْ عَنْهُ، وَ مَنْ يُطِعِ الشَّيْطَانَ يَعْصِ اللهَ، وَ مَنْ يَعْصِ اللهَ يُعَذِّبْهُ»

449. Muḥammad bin Isḥāq bin Ayyūb menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Sa‘dān kepada kami, Bakr bin Bakkār menceritakan kepada kami, ‘Amr bin Tsābit menceritakan kepada kami, ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Abbās menceritakan kepada kami, dia berkata: ‘Abdullāh bin Mas‘ūd berkata: “Sesungguhnya ucapan yang paling benar adalah Kitāb Allah, tali yang paling kuat adalah kalimat takwa, sebaik-baik agama adalah agama Ibrāhīm, sebaik-baik sunnah adalah Sunnah Muḥammad s.a.w., sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk para nabi, semulia-mulia ucapan adalah dzikir kepada Allah, sebaik-baik kisah adalah al-Qur’ān, sebaik-baik perkara adalah kesudahannya, dan seburuk-buruk perkara adalah yang diadakan dalam agama. Harta yang sedikit tapi cukup itu lebih baik daripada harta yang banyak tetapi melalaikan. Diri yang menyelamatkan itu lebih baik daripada jabatan yang tidak terlaksanakan. Seburuk-buruk kecemasan adalah ketika datang kematian. Seburuk-buruk penyesalan adalah penyesalan di Hari Kiamat. Seburuk-buruk kesesatan adalah sesat setelah mengikuti petunjuk. Sebaik-baik kekayaan adalah kekayaan hati. Sebaik-baik bekal adalah takwa. Sebaik-baik perkara yang dimasukkan ke dalam hati adalah keyakinan. Keraguan itu sebagian dari kufur. Seburuk-buruk buta adalah buta hati. Khamer adalah penghimpun segala dosa. Perempuan adalah jerat syetan. Masa muda adalah salah satu cabang dari penyakit gila. Ratapan merupakan sebagian dari perbuatan jahiliyah. Di antara manusia ada yang tidak mendapati shalat Juma‘at kecuali belakangan, dan tidak berdzikir kepada Allah kecuali dengan hati yang lalai. Dosa yang paling besar adalah bohong. Mencaci orang mukmin adalah perbuatan fasik, dan memeranginya adalah kufur. Keharaman hartanya sama seperti keharaman darahnya. Barang siapa memaafkan, maka Allah memaafkannya. Barang siapa menahan amarah, maka Allah memberinya pahala. Barang siapa mengampuni, maka Allah akan mengampuninya. Barang siapa sabar terhadap musibah, maka Allah akan menggantinya. Seburuk-buruk usaha adalah riba, dan seburuk-buruk makanan adalah harta anak yatim. Orang bahagia adalah orang yang memetik nasihat dari orang lain. Dan orang yang sengsara adalah orang yang sejak di perut ibunya sudah sengsara. Ukuran yang cukup bagi seseorang adalah yang memuaskan jiwanya. Manusia pasti kembali ke tempat yang ukurannya empat hasta, dan segala urusan akan kembali kepada Allah. Inti dari amal adalah penutupnya. Seburuk-buruk cerita adalah cerita kebohongan. Semulia-mulia kematian adalah terbunuhnya syuhadā’. Barang siapa mengenal ujian, maka dia sabar terhadapnya. Dan barangsiapa tidak mengenalnya, maka dia mengingkarinya. Barang siapa sombong, maka Allah merendahkannya. Barang siapa berpaling dari dunia, maka dunia tidak sanggup menggodanya. Barang siapa menaati syetan, maka dia mendurhakai Allah. Dan barang siapa mendurhakai Allah, maka Allah akan menyiksanya.” (1081).

Catatan:


  1. 108). H.R. ath-Thabrānī (al-Mu‘jam al-Kabīr, 8522, 8524) dengan redaksi yang sama. 

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *