021-5 ‘Abdullah Bin Mas’ud – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

Rangkaian Pos: 021 'Abdullah Bin Mas'ud - Hilyat-ul-Auliya' wa Thabaqat-ul-Ashfiya'

عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُودٍ

(21). ‘ABDULLĀH BIN MAS‘ŪD r.a.

(Bagian 5 dari 6)

 

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ، وَ بِشْرُ بْنُ مُوْسَى، قَالَا: ثَنَا أَبُوْ نُعَيْمٍ، ثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ يَزِيْدَ بْنِ حَيَّانَ، عَنْ عِيْسَى بْنِ عُقْبَةَ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ: «وَاللهِ الَّذِيْ لَا إِلهَ إِلَّا هُوَ، مَا عَلَى ظَهْرِ الْأَرْضِ شَيْءٌ أَحْوَجَ إِلَى طُوْلِ سِجْنٍ مِنْ لِسَانٍ»

429. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, ‘Alī bin ‘Abd-il-‘Azīz dan Bisyr bin Mūsā menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Abū Nu‘aim menceritakan kepada kami, al-A‘masy menceritakan kepada kami, dari Yazīd bin Ḥayyān, dari ‘Īsā bin ‘Uqbah, dia berkata: ‘Abdullāh bin Mas‘ūd berkata: “Demi Allah yang tiada tuhan selain Dia! Di muka bumi ini tidak ada sesuatu yang lebih perlu dipenjara dalam waktu yang lama daripada kalian.” (1061).

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْحَسَنِ، ثَنَا بِشْرُ بْنُ مُوْسَى، ثَنَا خَلَّادُ بْنُ يَحْيَى، ثَنَا مِسْعَرٌ، عَنْ مَعْنٍ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ: «إِنَّ لِلْقُلُوْبِ شَهْوَةً وَ إِقْبَالًا، وَ إِنَّ لِلْقُلُوْبِ فَتْرَةً وَ إِدْبَارًا، فَاغْتَنِمُوْهَا عِنْدَ شَهْوَتِهَا وَ إِقْبَالِهَا، وَ دَعُوْهَا عِنْدَ فَتْرَتِهَا وَ إِدْبَارِهَا»

430. Muḥammad bin Aḥmad bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, Bisyr bin Mūsā menceritakan kepada kami, Khālid bin Yaḥyā menceritakan kepada kami, Mis‘ar menceritakan kepada kami, dari Ma‘n, dia berkata: ‘Abdullāh bin Mas‘ūd berkata: “Sesungguhnya hati itu memiliki gairah dan ketertarikan. Hati juga memiliki kejemuan dan keengganan. Karena itu, manfaatkanlah hati pada saat bergairah dan tertarik, dan tinggalkan hati saat lemah dan enggan.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ مَالِكٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ [ص: 135] أَبِيْ، ثَنَا جَرِيْرٌ، عَنْ مَنْصُوْرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ يَزِيْدَ، عَنْ أَبِيْهِ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ: «إِيَّاكُمْ وَ حَزَائِزُ الْقُلُوْبِ، وَ مَا حَزَّ فِيْ قَلْبِكَ مِنْ شَيْءٍ فَدَعْهُ»

431. Abū Bakar bin Mālik menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, Jarīr menceritakan kepada kami, dari Manshūr, dari Muḥammad bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin Yazīd, dari ayahnya dia berkata: ‘Abdullāh berkata: “Waspadailah penyakit yang ada di hati (seperti benci dan semisalnya). Penyakit apa saja yang menjangkiti hatimu, maka tinggalkan!”

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ، ثَنَا أَبُوْ يَحْيَى الرَّازِيُّ، ثَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ، ثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ، عَنْ سَعِيْدِ بْنِ مَسْرُوْقٍ، عَنْ مُنْذِرٍ، قَالَ: جَاءَ نَاسٌ مِنَ الدَّهَاقِيْنَ إِلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ، فَتَعَجَّبَ النَّاسُ مِنْ غِلَظِ رِقَابِهِمْ وَ صِحَّتِهِمْ، قَالَ: فَقَالَ عَبْدُ اللهِ: «إِنَّكُمْ تَرَوْنَ الْكَافِرَ مِنْ أَصَحِّ النَّاسِ جِسْمًا، وَ أَمْرَضِهِمْ قَلْبًا، وَ تَلْقَوْنَ الْمُؤْمِنَ مِنْ أَصَحِّ النَّاسِ قَلْبًا، وَ أَمْرَضِهِمْ جِسْمًا، وَايْمُ اللهِ، لَوْ مَرِضَتْ قُلُوْبُكُمْ وَ صَحَّتْ أَجْسَامُكُمْ لَكُنْتُمْ أَهْوَنَ عَلَى اللهِ مِنَ الْجِعْلَانِ»

432. ‘Abdullāh bin Muḥammad bin Ja‘far menceritakan kepada kami, Abū Yaḥyā ar-Rāzī menceritakan kepada kami, Hannād bin as-Sarī menceritakan kepada kami, Abū Ahwash menceritakan kepada kami, dari Sa‘īd bin Masrūq, dari Mundzir, dia berkata: “Orang-orang dari Dahāqīn datang kepada ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, lalu orang-orang takjub dengan kuat dan sehatnya budak-budak mereka. Lalu ‘Abdullāh berkata: “Sesungguhnya kalian melihat orang kafir itu sebagai orang yang paling sehat tubuhnya tetapi paling sakit hatinya. Dan kalian menjumpai orang mukmin sebagai orang yang paling sehat hatinya tetapi paling sakit tubuhnya. Demi Allah, seandainya hati kalian sakit meskipun tubuh kalian sehat, maka kalian lebih ringan bagi Allah daripada kutu unta.”

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِيْ سَهْلٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْعَبْسِيُّ، ثَنَا وَكِيْعٌ، عَنْ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ أَبِيْ خَالِدٍ، عَنْ أَخِيْهِ، عَنْ أَبِيْ عُبَيْدَةَ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ: «مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يَجْعَلَ كَنْزَهُ حَيْثُ لَا يَأْكُلُهُ السُّوْسُ، وَ لَا تَنَالُهُ السُّرَّاقُ فَلْيَفْعَلْ، فَإِنَّ قَلْبَ الرَّجُلِ مَعَ كَنْزِهِ»

433. ‘Abdullāh bin Muḥammad menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Abī Sahl menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Muḥammad al-‘Absī menceritakan kepada kami, Wakī‘ menceritakan kepada kami, dari Ismā‘īl bin Abī Khālid, dari saudaranya, dari Abū ‘Ubaidah, dia berkata: ‘Abdullāh berkata: “Barang siapa di antara kalian yang bisa menjadikan pundi-pundinya tidak dimakan rayap dan tidak diambil pencuri, maka hendaklah dia melakukannya, karena hati seseorang itu bersama pundi-pundi hartanya.”

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ، ثَنَا أَبُوْ نُعَيْمٍ، ثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ، عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ، قَالَ: جَاءَ عِتْرِيْسُ بْنُ عُرْقُوْبٍ الشَّيْبَانِيُّ إِلَى عَبْدِ اللهِ فَقَالَ: هَلَكَ مَنْ لَمْ يَأْمُرْ بِالْمَعْرُوْفِ وَ لَمْ يَنْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ، قَالَ: «بَلْ هَلَكَ مَنْ لَمْ يَعْرِفْ قَلْبُهُ الْمَعْرُوْفَ وَ يُنْكِرُ قَلْبُهُ الْمُنْكَرَ»

434. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, ‘Alī bin ‘Abd-il-‘Azīz menceritakan kepada kami, Abū Nu‘aim menceritakan kepada kami, Sufyān menceritakan kepada kami, dari Qais bin Muslim dari Thāriq bin Syihāb, dia berkata: ‘Itrīs bin ‘Urqūb asy-Syaibānī datang kepada ‘Abdullāh dan berkata: “Binasalah orang yang tidak memerintahkan kebaikan dan tidak mencegah kemungkaran.” ‘Abdullāh berkata: “Bahkan celakalah orang yang hatinya tidak mengakui kebaikan dan hatinya tidak mengingkari kemungkaran.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ أَحْمَدَ مُحَمَّدُ بْنُ مُحَمَّدٍ، وَ سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، قَالَا: ثَنَا أَبُوْ خَلِيفَةَ، ثَنَا أَبُو الْوَلِيْدِ، ثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: «يَذْهَبُ الصَّالِحُوْنَ أَسْلَافًا، وَ يَبْقَى أَهْلُ الرِّيْبِ مَنْ لَا يَعْرِفُهُ مَعْرُوْفًا وَ لَا يُنْكِرُ مُنْكِرًا»

435. Abū Aḥmad Muḥammad bin Muḥammad dan Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Abū Khalīfah menceritakan kepada kami, Abū Walīd menceritakan kepada kami, Syu‘bah menceritakan kepada kami, dari Abū Isḥāq, dari Abul-Aswad, dari ‘Abdullāh, dia berkata: “Orang-orang shalih telah pergi, dan yang tersisa hanyalah orang-orang yang ragu, yang tidak mengakui kebaikan dan tidak mengingkari kemungkaran.”

حَدَّثَنَا حَبِيْبُ بْنُ الْحَسَنِ، ثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ، ثَنَا عَاصِمُ بْنُ عَلِيٍّ، ثَنَا الْمَسْعُوْدِيُّ، عَنِ الْقَاسِمِ، قَالَ: قَالَ رَجُلٌ لِعَبْدِ اللهِ: أَوْصِنِيْ يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمنِ، قَالَ: «لَيَسَعْكَ بَيْتُكَ، وَاكْفُفْ لِسَانَكَ، وَابْكِ عَلَى ذِكْرِ خَطِيْئَتِكَ»

436. Ḥabīb bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, ‘Umar bin Ḥafsh menceritakan kepada kami, ‘Āshim bin ‘Alī menceritakan kepada kami, al-Mas‘ūdī menceritakan kepada kami, dari al-Qāsim, dia berkata: “Seorang laki-laki berkata kepada ‘Abdullāh: “Berilah aku wasiat, wahai ‘Abd-ur-Raḥmān!” Dia menjawab: “Jadikanlah rumahku luas bagimu (maksudnya jangan banyak keluar rumah), tahanlah lisanmu, dan menangislah saat mengingat dosamu.” (1072)

حَدَّثَنَا أَبُوْ إِسْحَاقَ إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَمْزَةَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ سُلَيْمَانَ، ثَنَا عَاصِمُ بْنُ عَلِيٍّ، ثَنَا الْمَسْعُوْدِيُّ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِيْ وَائِلٍ، قَالَ: سَمِعَ عَبْدُ اللهِ، رَجُلًا يَقُوْلُ: أَيْنَ الزَّاهِدُوْنَ فِي الدُّنْيَا، الرَّاغِبُوْنَ فِي الْآخِرَةِ؟ فَقَالَ عَبْدُ اللهِ: أُولئِكَ أَصْحَابُ الْجَابِيَةِ، اشْتَرَطَ خَمْسُمِائَةٍ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ أَنْ لَا يَرْجِعُوْا حَتَّى يُقْتَلُوْا، فَحَلَقُوْا رُءُوْسَهُمْ وَ لَقُوا الْعَدُوَّ فَقُتِلُوْا إِلَّا مُخْبِرٌ عَنْهُمْ “

437. Abū Isḥāq Ibrāhīm bin Muḥammad bin Ḥamzah menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Yaḥyā bin Sulaimān menceritakan kepada kami, ‘Āshim bin ‘Alī menceritakan kepada kami, al-Mas‘ūdī menceritakan kepada kami, dari al-A‘masy, dari Abū Wā’il, dia berkata: ‘Abdullāh mendengar seorang laki-laki berkata: “Di manakah orang-orang yang zuhud kepada dunia dan mencintai akhirat?” ‘Abdullāh menjawab: “Mereka adalah orang-orang yang memperoleh telaga yang luas (di surga). Ada lima ratus orang muslim yang mensyaratkan untuk tidak pulang sebelum mereka terbunuh, lalu mereka mengikat kepala mereka dan menghadapi musuh, lalu mereka semua terbunuh kecuali orang yang menyampaikan kabar mereka.”

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنِ شِبْلٍ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ، ثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ عُمَارَةَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ يَزِيْدَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: “أَنْتُمْ أَكْثَرُ صِيَامًا، وَ أَكْثَرُ صَلَاةً، وَ أَكْثَرُ اجْتِهَادًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، وَ هُمْ كَانُوْا خَيْرًا مِنْكُمْ، قَالُوْا: لِمَ يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمنِ؟ قَالَ: «هُمْ كَانُوْا أَزْهَدَ فِي الدُّنْيَا، وَ أَرْغَبَ فِي الْآخِرَةِ»

438. ‘Abdullāh bin Muḥammad menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Syibl menceritakan kepada kami, Abū Bakar bin Abī Syaibah menceritakan kepada kami, Abū Mu‘āwiyah menceritakan kepada kami, dari al-A‘masy, dari ‘Ammār, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Yazīd, dari ‘Abdullāh, dia berkata: “Kalian lebih banyak puasa, lebih banyak shalatnya, dan lebih banyak ijtihadnya daripada para sahabat Rasūlullāh s.a.w., tetapi mereka lebih baik daripada kalian.” Mereka bertanya: “Mengapa demikian, wahai ‘Abd-ur-Raḥmān?” Dia menjawab: “Mereka lebih zuhud terhadap dunia dan lebih mencintai akhirat.

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ الْعَبَّاسِ، ثنا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ إِسْحَاقَ الْحَرْبِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ، ثنا ابْنُ الْمُبَارَكِ، ثنا سُفْيَانُ، عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ، قَالَ: قَالَ ابْنُ مَسْعُوْدٍ: «لَيْسَ لِلْمُؤْمِنِ رَاحَةٌ دُوْنَ لِقَاءِ اللهِ، فَمَنْ كَانَتْ رَاحَتُهُ فِيْ لِقَاءِ اللهِ فَكَأَنْ قَدْ»

439. ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Abbās menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Isḥāq al-Ḥarbī menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Muqātil menceritakan kepada kami, Ibnu Mubārak menceritakan kepada kami, Sufyān menceritakan kepada kami, dari al-‘Alā’ bin al-Musayyib, dari Ibrāhīm, dia berkata: Ibnu Mas‘ūd berkata: “Seorang mukmin tidak merasakan rileks selain dari perjumpaan dengan Allah. Barang siapa yang merasakan rileks dalam perjumpaan dengan Allah, maka seolah-olah dia telah berjumpa dengan-Nya.”

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ، ثَنَا أَبُوْ يَاسِرٍ عَمَّارُ بْنُ نَصْرٍ، حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ نَبْهَانَ، حَدَّثَنِيْ يَزِيْدُ بْنُ أَبِيْ زِيَادٍ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ النَّخَعِيِّ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: ” كَيْفَ أَنْتُمْ إِذَا الْتَبَسَتْكُمْ فِتْنَةٌ، فَتُتَّخَذُ سُنَّةً، يَرْبُوْ مِنْهَا الصَّغِيْرُ وَ يَهْرَمُ فِيْهَا الْكَبِيْرُ، وَ إِذَا تُرِكَ مِنْهَا شَيْءٌ قِيلَ: تُرِكَتْ سُنَّةٌ؟ “، قَالُوْا: مَتَى ذلِكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: «إِذَا كَثُرَ قُرَّاؤُكُمْ، وَ قَلَّتْ عُلَمَاؤُكُمْ، وَ كَثُرَتْ أُمَرَاؤُكُمْ، وَ قَلَّتْ أُمَنَاؤُكُمْ، وَ الْتُمِسَتِ الدُّنْيَا بِعَمَلِ الْآخِرَةِ، وَ تُفُقِّهَ لِغَيْرِ اللهِ» قَالَ عَبْدُ اللهِ: فَأَصْبَحْتُمْ فِيْهَا كَذَا رَوَاهُ مُحَمَّدُ بْنُ نَبْهَانَ مَرْفُوْعًا، وَ الْمَشْهُوْرُ مِنْ قَوْلِ عَبْدِ اللهِ مَوْقُوْفٌ

440. Muḥammad bin Ḥumaid menceritakan kepada kami, Aḥmad bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, Abū Yāsir ‘Ammār bin Nashr menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Nabhān menceritakan kepada ku, Yazīd bin Abī Ziyād menceritakan kepadaku, dari Ibrāhīm an-Nakha‘ī, dari ‘Alqamah, dari ‘Abdullāh, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Bagaimana keadaan kalian saat kalian diliputi fitnah, lalu kalian mengambil suatu sunnah di mana anak kecil menjadi tumbuh dewasa dan orang dewasa menjadi tua renta. Dan apabila sebagian darinya ditinggalkan, maka dikatakan: sunnah telah ditinggalkan.” Para sahabat bertanya: “Kapan itu terjadi, ya Rasūlullāh?” Beliau menjawab: “Apabila para ahli qirā’ah kalian telah banyak, ulama kalian sedikit, para pemimpin negara kalian telah banyak, sedangkan orang-orang yang amanah di antara kalian sedikit, dunia dicari dengan amal akhirat, dan kalian belajar agama untuk selain Allah.” ‘Abdullāh berkata: “Kalian telah berada di dalamnya saat ini.”

Demikianlah Aḥmad bin Nabhān meriwayatkannya secara marfū‘, dan riwayat yang masyhur berisi ucapan ‘Abdullāh adalah riwayat yang sanad-nya mauqūf.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ حَمْدَانَ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ الْوَرَكَانِيُّ، أَخْبَرَنَا شَرِيْكٌ، عَنْ أَبِيْ حُصَيْنٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ وَثَّابٍ، عَنْ مَسْرُوْقٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: ” إِذَا أَصْبَحَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا – أَوْ قَالَ: إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا – فَلْيَتَرَجَّلْ، وَ إِذَا تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ بِيَمِيْنِهِ فَلْيُخْفِهَا عَنْ شِمَالِهِ، وَ إِذَا صَلَّى صَلَاةً أَوْ صَلَّى تَطَوُّعًا فَلْيُصَلِّهَا فِيْ دَاخِلَهِ “

441. Aḥmad bin Ja‘far bin Ḥamdān menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Ja‘far al-Warakānī menceritakan kepada kami, Syarīk mengabarkan kepada kami, dari Abū Ḥushain, dari Yaḥyā bin Watstsāb, dari Masrūq, dari ‘Abdullāh, dia berkata: “Apabila salah seorang di antara kalian memasuki pagi dalam keadaan berpuasa – atau dia berkata: apabila salah seorang di antara kalian berpuasa – maka hendaklah dia bepergian dari rumahnya. Barang siapa yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka hendaknya dia merahasiakannya dari tangan kirinya. Dan barang siapa yang mengerjakan shalat sunnah, maka hendaklah dia mengerjakannya di dalam rumahnya.”

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ النَّضْرِ، ثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو، ثَنَا زَائِدَةُ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْلٍ، عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: «لَا يُقَلِّدَنَّ أَحَدُكُمْ دِيْنَهُ رَجُلًا، فَإِنْ آمَنَ آمَنَ، وَ إِنْ كَفَرَ كَفَرَ، فَإِنْ كُنْتُمْ لَا بُدَّ مُقْتَدِيْنَ فَاقْتَدُوْا بِالْمَيِّتِ؛ فَإِنَّ الْحَيَّ لَا يُؤْمَنُ عَلَيْهِ الْفِتْنَةَ»

442. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Nadhar menceritakan kepada kami, Mu‘āwiyah bin ‘Amr menceritakan kepada kami, Zā’idah menceritakan kepada kami, dari al-A‘masy, dari Salamah bin Kuhail, dari Abū Ahwash, dari ‘Abdullāh, dia berkata: “Janganlah salah seorang di antara kalian bertaklid kepada orang lain dalam hal agama; kalau orang lain beriman maka dia beriman, dan kalau orang lain kafir maka dia kafir. Jika kalian harus bertaklid, maka bertaklidlah kepada mayit, karena orang yang hidup itu tidak terjaga dari fitnah.”

حَدَّثَنَا حَبِيْبُ بْنُ الْحَسَنِ، ثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ السَّدُوْسِيُّ، ثَنَا عَاصِمُ بْنُ عَلِيٍّ عَنِ الْمَسْعُوْدِيِّ، عَنْ سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْلٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ [ص: 137] يَزِيْدَ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ: “لَا يَكُوْنَنَّ أَحَدُكُمْ إِمَّعَةً، قَالُوْا: وَ مَا الْإِمَّعَةُ يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمنِ؟ قَالَ: يَقُوْلُ: أَنَا مَعَ النَّاسِ، إِنِ اهْتَدَوْا اهْتَدَيْتُ، وَ إِنْ ضَلُّوْا ضَلَلْتُ، أَلَا لَيُوَطِّنَنَّ أَحَدُكُمْ نَفْسَهُ عَلَى إِنْ كَفَرَ النَّاسُ أَنْ لَا يَكْفُرَ “

443. Ḥabīb bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, ‘Umar bin Ḥafsh as-Sadūsī menceritakan kepada kami, ‘Āshim bin ‘Alī al-Mas‘ūdī menceritakan kepada kami, dari Salamah bin Kuhail, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Yazīd, dia berkata: ‘Abdullāh berkata: “Janganlah sekali-kali seseorang di antara kalian itu menjadi imma‘ah.” Mereka bertanya: “Apa itu imma‘ah, wahai Abū ‘Abd-ir-Raḥmān?” Dia menjawab: “Ia mengatakan: “Aku mengikuti apa kata orang banyak.” Apabila mereka mengikuti petunjuk, maka dia mengikuti petunjuk, dan apabila mereka sesat, maka dia sesat. Ingatlah, jangan sekali-kali salah seorang di antara kalian meneguhkan diri untuk tidak kufur meskipun manusia kufur.”

 

Catatan:


  1. 106). Hadits ini shaḥīḥ. H.R. ath-Thabrānī (al-Mu‘jam al-Kabīr, 8744, 8745). Al-Haitsamī (Majma‘ az-Zawā’id, 10/303) berkata: “ath-Thabrānī meriwayatkannya dengan beberapa sanad, dan para periwayatnya tsiqah.” 
  2. 107). Hadits ini dha‘īf. H.R. ath-Thabrānī (al-Mu‘jam al-Kabīr, 8886) Al-Haitsamī (Majma‘ az-Zawā’id, 1/85) berkata: “Di dalam sanad-nya terdapat Abū ‘Abd-is-Salām. Menurut Abū Ḥātim, statusnya majhūl. Ibnu Ḥibbān menyebutkannya dalam deretan para periwayat tsiqah. Sedangkan ‘Abdullāh bin Mikraz atau ‘Ubaidullāh (ragu nama yang benar) tidak ada seorang ulama pun yang menyebut namanya.” 

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.