Hati Senang

021-3 ‘Abdullah Bin Mas’ud – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُودٍ

(21). ‘ABDULLĀH BIN MAS‘ŪD r.a.

(Bagian 3 dari 6)

 

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ حَمْدَانَ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، ثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمُحَارِبِيُّ، ثَنَا مَالِكُ بْنُ مِغْوَلٍ، ثَنَا أَبُوْ يَعْفُوْرٍ، عَنِ الْمُسَيِّبِ [ص: 130] بْنِ رَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ، قَالَ: «يَنْبَغِيْ لِحَامِلِ الْقُرْآنِ أَنْ يُعْرَفَ بِلَيْلِهِ إِذَا النَّاسُ نَائِمُوْنَ، وَ بِنَهَارِهِ إِذَا النَّاسُ يُفْطِرُوْنَ، وَ بِحُزْنِهِ إِذَا النَّاسُ يَفْرَحُوْنَ، وَ بِبُكَائِهِ إِذَا النَّاسُ يَضْحَكُوْنَ، وَ بِصَمْتِهِ إِذَا النَّاسُ يَخْلِطُوْنَ، وَ بِخُشُوْعِهِ إِذَا النَّاسُ يَخْتَالُوْنَ، وَ يَنْبَغِيْ لِحَامِلِ الْقُرْآنِ أَنْ يَكُوْنَ بَاكِيًا مَحْزُوْنًا حَكِيْمًا حَلِيْمًا عَلِيْمًا سِكِّيْتًا، وَ لَا يَنْبَغِيْ لِحَامِلِ الْقُرْآنِ أَنْ يَكُوْنَ جَافِيًا، وَ لَا غَافِلًا، وَ لَا صَخَّابًا، وَ لَا صَيَّاحًا، وَ لَا حَدِيْدًا»

401. Aḥmad bin Ja‘far bin Ḥamdān menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, ‘Abd-ur-Raḥmān bin Muḥammad al-Muḥāribī menceritakan kepada kami, Mālik bin Mighwal menceritakan kepada kami, Abū Ya‘fūr menceritakan kepada kami, dari Musayyib bin Rāfi‘, dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, dia berkata: “Seyogianya penghafal al-Qur’ān itu dikenali lewat malamnya saat manusia tidur, dengan siangnya saat manusia tidak berpuasa, dan dengan kekhusyukannya saat manusia lalai. Seyogianya penghafal al-Qur’ān itu suka menangis, bersedih hati, bijak, lembut, alim dan pendiam. Dan seyogianya penghafal al-Qur’ān itu tidak keras hati, tidak lalai, tidak sukan berteriak, tidak bersuara keras dan tidak kasar.”

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ الصَّايِغُ، ثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ، ثَنَا أَبُوْ عَوَانَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ يَحْيَى بْنِ وَثَّابٍ، قَالَ: قَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ « إِنِّيْ لَأَكْرَهُ أَنْ أَرَى الرَّجُلَ فَارِغًا، لَا فِيْ عَمَلِ الدُّنْيَا، وَ لَا فِيْ عَمَلِ الْآخِرَةِ»

402. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Alī ash-Shāyigh menceritakan kepada kami, Sa‘īd bin Manshūr menceritakan kepada kami, Abū ‘Awānah menceritakan kepada kami, dari al-A‘masy, dari Yaḥyā bin Watstsāb, dia berkata: Ibnu Mas‘ūd berkata: “Sungguh aku benci melihat seseorang menganggur, tidak sedang melakukan amal dunia dan tidak pula amal akhirat.”

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ شِبْلٍ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ، ثَنَا أَبُوْ مُعَاوِيَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنِ الْمُسَيِّبِ بْنِ رَافِعٍ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ «إِنِّيْ لَأَمْقَتُ الرَّجُلَ أَنْ أَرَاهُ، فَارِغًا، لَيْسَ فِيْ شَيْءٍ مِنْ عَمَلِ الدُّنْيَا، وَ لَا عَمَلِ الْآخِرَةِ»

403. ‘Abdullāh bin Muḥammad menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Syibl menceritakan kepada kami, Abū Bakar bin Abī Syaibah menceritakan kepada kami, Abū Mu‘āwiyah menceritakan kepada kami, dari al-A‘masy, dari Musayyib bin Rāfi‘, dia berkata: ‘Abdullāh bin Mas‘ūd berkata: “Sungguh aku benci kepada seseorang yang kulihat menganggur, tidak sedang melakukan amal dunia dan tidak pula amal akhirat.”

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ النَّضْرِ الْأَزْدِيُّ، ثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو، ثَنَا زَائِدَةُ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ خَيْثَمَةَ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ «لَا أَلْفَيَنَّ أَحَدَكُمْ جِيْفَةَ لَيْلٍ، قُطْرُبَ نَهَارٍ» وَ سَمِعْتُ أَبَا بَكْرِ بْنَ مَالِكٍ يَقُوْلُ: قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ: حُكِيَ لِيْ عَنِ ابْنِ عُيَيْنَةَ أَنَّهُ قَالَ: الْقُطْرُبُ الَّذِيْ يَجْلِسُ هَهُنَا سَاعَةً، وَ هَهُنَا سَاعَةً

404. Sulaimān bin Aḥmad bin Nadhar al-Azdī menceritakan kepada kami, Mu‘āwiyah bin ‘Amr menceritakan kepada kami, dan Zā’idah menceritakan kepada kami, dari al-A‘masy, dari Khaitsamah, dia berkata: ‘Abdullāh berkata: “Jangan sampai aku mendapati salah seorang di antara kalian menjadi mayit di malam hari dan menjadi quthrub di siang hari.”

Aku juga mendengar Abū Bakar bin Mālik berkata: ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal berkata: Aku diceritai dari Ibnu ‘Uyainah bahwa dia berkata: “Yang dimaksud dengan quthrub adalah orang yang duduk sebentar di sini dan sebentar di sana.”

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْحَسَنِ، ثَنَا بِشْرُ بْنُ مُوْسَى، ثَنَا خَلَّادُ بْنُ يَحْيَى، ثَنَا مِسْعَرٌ، عَنْ زُبَيْدٍ، عَنْ مُرَّةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: «مَا دُمْتَ فِيْ صَلَاةٍ فَأَنْتَ تَقْرَعُ بَابَ الْمَلِكِ، وَ مَنْ يَقْرَعْ بَابَ الْمَلِكِ يُفْتَحْ لَهُ»

405. Muḥammad bin Aḥmad bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, Bisyr bin Mūsā menceritakan kepada kami, Khallād bin Yaḥyā menceritakan kepada kami, Mis‘ar menceritakan kepada kami, dari Zubaid bin Murrah, dari ‘Abdullāh, dia berkata: “Selama engkau berada dalam shalat, maka engkau sedang mengetuk pintu Raja. Barang siapa yang mengetuk pinta Raja, maka pintu tersebut akan dibukakan untuknya.”

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، ثَنَا وَكِيْعٌ، عَنْ مِسْعَرٍ، عَنْ مَعْنٍ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ ” إِنِ اسْتَطَعْتَ أَنْ تَكُوْنَ أَنْتَ الْمُحَدَّثُ، وَ إِذَا سَمِعْتَ اللهَ يَقُوْلُ: {يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا} [البقرة: 104] فَأَرْعِهَا سَمْعَكَ، فَإِنَّهُ خَيْرٌ يُؤْمَرُ بِهِ، أَوْ شَرٌّ يُنْهَى عَنْهُ “

406. ‘Abdullāh bin Ja‘far menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada ku, Wakī‘ menceritakan kepada kami, dari Mis‘ar bin Ma‘n, dia berkata: ‘Abdullāh bin Mas‘ūd berkata: “Apabila kamu ingin menjadi muḥaddats, maka jika kamu mendengar firman Allah: “Wahai orang-orang yang beriman…” maka pasanglah telingamu, karena sesudah itu akan ada sebaik-baik perkara yang diperintahkan atau seburuk-buruk perkara yang dilarang.”

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا الدَّبَرِيُّ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، عَنْ عَبْدِ الرَّزَّاقِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ، قَالَ: قَالَ ابْنُ مَسْعُوْدٍ: «إِنَّ هذَا الْقُرْآنَ مَأْدُبَةُ اللهِ، فَمَنِ اسْتَطَاعَ أَنْ يَتَعَلَّمَ مِنْهُ شَيْئًا فَلْيَفْعَلْ، فَإِنَّ أَصْفَرَ الْبُيُوْتِ مِنَ الْخَيْرِ الَّذِيْ [ص: 131] لَيْسَ فِيْهِ مِنْ كِتَابِ اللهِ شَيْءٌ، وَ إِنَّ الْبَيْتَ الَّذِيْ لَيْسَ فِيْهِ مِنْ كِتَابِ اللهِ شَيْءٌ كَخَرَابِ الْبَيْتِ الَّذِيْ لَا عَامِرَ لَهُ، وَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَخْرُجُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِيْ تُسْمَعُ فِيْهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ»

407. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Ad-Dabarī menceritakan kepada kami, Isḥāq bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, dari ‘Abd-ur-Razzāq, dari Ma‘mar, dari Abū Isḥāq, dari Abul-Aḥwash, dia berkata: Ibnu Mas‘ūd berkata: “Sesungguhnya al-Qur’ān ini adalah hidangan Allah. Barang siapa yang bisa mempelajari sebagian darinya, maka hendaklah dia melakukannya. Karena sesungguhnya rumah yang paling kosong dari kebaikan adalah rumah yang di dalamnya tidak ada sebagian dari Kitāb Allah. Dan rumah yang di dalamnya tidak ada sebagian dari Kitāb Allah itu seperti rumah rapuh yang tidak ada penghuni yang memakmurkannya. Dan sesungguhnya syetan akan keluar dari rumah yang di dalamnya diperdengarkan surah al-Baqarah.” (991).

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِيْ سَهْلٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْعَبْسِيُّ، ثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمُحَارِبِيُّ، ثَنَا هَارُوْنُ بْنُ عَنْتَرَةَ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ الْأَسْوَدِ، عَنْ أَبِيْهِ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ: «إِنَّمَا هذِهِ الْقُلُوْبُ أَوْعِيَةٌ، فَاشْغَلُوْهَا بِالْقُرْآنِ، وَ لَا تَشْغَلُوْهَا بِغَيْرِهِ»

408. ‘Abdullah bin Muḥammad menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Abī Sahl menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Muḥammad al-‘Absī menceritakan kepada kami, ‘Abd-ur-Raḥmān bin Muḥammad al-Muḥāribī menceritakan kepada kami, Hārūn bin ‘Antarah menceritakan kepada kami, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin al-Aswad, dari ayahnya, dia berkata: ‘Abdullāh berkata: “Sesungguhnya hati ini ibarat bejana, maka isilah dia dengan al-Qur’ān, dan janganlah kalian mengisinya dengan yang lain.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ أَحْمَدَ الْغِطْرِيْفِيُّ، ثَنَا أَبُوْ خَلِيفَةَ، ثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، ثَنَا قُرَّةُ بْنُ خَالِدٍ، عَنْ عَوْنِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: قَالَ لِيْ عَبْدُ اللهِ: «لَيْسَ الْعِلْمُ بِكَثْرَةِ الرِّوَايَةِ، وَ لكِنَّ الْعِلْمَ الْخَشْيَةُ»

409. Abū Aḥmad al-Ghithrīfī menceritakan kepada kami, Abū Khalīfah menceritakan kepada kami, Muslim bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, Qurrah bin Khālid menceritakan kepada kami, dari ‘Aun bin ‘Abdullāh, dia berkata: ‘Abdullāh berkata kepadaku: “Ilmu itu tidak diukur dengan banyaknya riwayat yang dimiliki, melainkan ilmu itu diukur dari rasa takut dalam hati.” (1002).

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ مَالِكٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ، ثَنَا يَزِيْدُ يَعْنِي ابْنَ أَبِيْ زِيَادٍ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ: «تَعَلَّمُوا الْعِلْمَ، فَإِذَا عَلِمْتُمْ فَاعْمَلُوْا»

410. Abū Bakar bin Mālik menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, Muḥammad bin Fudhail, menceritakan kepada kami, Yazīd – yakni bin Abī Ziyād – menceritakan kepada kami, dari ‘Alqamah, dia berkata: ‘Abdullāh berkata: “Pelajarilah ilmu, dan apabila kalian sudah tahu maka amalkanlah.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ مَالِكٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، ثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ، ثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ، عَنْ عَدِيِّ بْنِ عَدِيٍّ، قَالَ: قَالَ ابْنُ مَسْعُوْدٍ: «وَيْلٌ لِمَنْ لَا يَعْلَمُ، وَ لَوْ شَاءَ اللهُ لَعَلَّمَهُ، وَ وَيْلٌ لِمَنْ يَعْلَمُ ثُمَّ لَا يَعْمَلُ» سَبْعَ مَرَّاتٍ

411. Abū Bakar bin Mālik menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada ku, ‘Abd-ur-Raḥmān menceritakan kepada kami, Mu‘āwiyah bin Shāliḥ menceritakan kepada kami, dari ‘Adī bin ‘Adī, dia berkata: Ibnu Mas‘ūd berkata: “Celakalah orang yang tidak berilmu. Seandainya Allah berkehendak, maka Dia mampu mengajarinya. Celakalah orang yang berilmu tetapi tidak mengamalkan.” Dia berkata demikian tujuh kali.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْحَسَنِ، ثَنَا بِشْرُ بْنُ مُوْسَى، ثَنَا يَحْيَى بْنُ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنِيْ أَبُوْ عَوَانَةَ، عَنْ هِلَالٍ الْوَزَّانِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُكَيْمٍ، قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ مَسْعُوْدٍ، فِيْ هذَا الْمَسْجِدِ يَبْدَأُ بِالْيَمِيْنِ قَبْلَ الْكَلَامِ فَقَالَ: “مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا أَنَّ رَبَّهُ تَعَالَى سَيَخْلُوْ بِهِ كَمَا يَخْلُوْ أَحَدُكُمْ بِالْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ، فَيَقُوْلُ: «يَا ابْنَ آدَمَ مَا غَرَّكَ بِيْ؟ ابْنَ آدَمَ مَاذَا أَجَبْتَ الْمُرْسَلِيْنَ؟ ابْنَ آدَمَ مَاذَا عَمِلْتَ فِيْمَا عَلِمْتَ؟»

412. Muḥammad bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, Bisyr bin Mūsā menceritakan kepada kami, Yaḥyā bin Isḥāq menceritakan kepada kami, Abū ‘Awānah menceritakan kepada kami, dari Hilāl al-Wazzān, dari ‘Abdullāh bin ‘Ukaim, dia berkata: Aku mendengar Ibnu Mas‘ūd di masjid ini bersumpah sebelum bicara. Dia berkata: “Tidak seorang pun di antara kalian melainkan Tuhannya akan menemuinya empat mata sebagaimana salah seorang di antara kalin menatap bulan pada malam purnama, lalu Allah berfirma: “Wahai anak Ādam! Apa yang menggodamu sehingga melalaikan-Ku? Wahai anak Ādam! Apa jawabanmu terhadap para rasul? Waha anak Ādam! Apa yang telah kau amalkan dari apa yang telah kau ketahui?” (1013)

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ سَعْدَانَ، ثَنَا بَكْرُ بْنُ بَكَّارٍ، ثَنَا الْمَسْعُوْدِيُّ، عَنِ الْقَاسِمِ، قَالَ: قَالَ ابْنُ مَسْعُوْدٍ: «إِنِّيْ لَأَحْسَبُ الرَّجُلَ يَنْسَى الْعِلْمَ كَانَ تَعَلَّمَهُ، لِلْخَطِيْئَةِ يَعْمَلُهَا»

قَالَ أَبُوْ نُعَيْمٍ: وَ كَانَ لِفُضُوْلِ الدُّنْيَا مِنْ أَهْلٍ وَ وَلَدٍ شَانِيًا، وَ عَلَى نَفْسِهِ وَ أَحْوَالِهِ وَ أَوْرَادِهِ زَارِيًا، وَ لِمَا مَنَحَهُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ مِنْ تَوْحِيْدِهِ رَاجِيًا.

وَ قَدْ قِيْلَ: “إِنَّ التَّصَوُّفَ حَثُّ النَّفْسِ عَلَى النَّجَا، لِلِاعْتِلَاءِ عَلَى الْخَوْفِ وَ الرَّجَاءِ

413. Muḥammad bin Isḥāq menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Sa‘dān menceritakan kepada kami, Bakr bin Bakkār menceritakan kepada kami, al-Mas‘ūdī menceritakan kepada kami, dari al-Qāsim, dia berkata: Ibnu Mas‘ūd berkata: “Sungguh aku menduga seseorang yang lupa akan ilmu yang dipelajarinya karena dosa yang dia perbuat.” (1024).

Abū Nu‘aim berkata: ‘Abdullāh bin Mas‘ūd adalah orang yang tidak tersilaukan oleh hiasan dunia berupa keluarga dan keturunan, selalu introspeksi atas dirinya, kondisiya dan wirid-wiridnya, serta berharap terhadap karunia Allah untuk mengesakan-Nya.

Sebuah petuah mengatakan bahwa: Tashawwuf adalah memotivasi diri untuk mencari selamat, untuk menaiki jenjang-jenjang takut dan harapan.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ حَمْدَانَ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، ثَنَا هُشَيْمٌ، عَنْ يَزِيْدَ بْنِ أَبِيْ زِيَادٍ، عَنْ أَبِيْ جُحَيْفَةَ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ: «ذَهَبَ صَفْوُ الدُّنْيَا [ص: 132] وَ بَقِيَ كَدَرُهَا، فَالْمَوْتُ الْيَوْمَ تُحْفَةٌ لِكُلِّ مُسْلِمٍ»

414. Aḥmad bin Ja‘far bin Ḥamdān menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada ku, Husyaim menceritakan kepada kami, dari Yazīd bin Abī Ziyād, dari Abū Juḥaifah, dia berkata: ‘Abdullāh berkata: “Kejernihan dunia telah hilang, dan keseluruhannya masih ada. Jadi, kematian hari ini merupakan anugerah bagi setiap muslim.” (1035).

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ شِبْلٍ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ إِدْرِيْسَ، عَنْ يَزِيْدَ بْنِ أَبِيْ زِيَادٍ، عَنْ أَبِيْ جُحَيْفَةَ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ: «إِنَّمَا الدُّنْيَا كَالثَّغْبِ، ذَهَبَ صَفْوُهُ وَ بَقِيَ كَدَرُهُ»

415. ‘Abdullāh bin Muḥammad menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Syibl menceritakan kepada kami, Abū Bakar bin Abī Syaibah menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Idrīs menceritakan kepada kami, dari Yazīd bin Abī Yazīd, dari Abū Juḥaifah, dia berkata: ‘Abdullāh berkata: “Dunia ini seperti sisa-sisa genangan air. Jernihnya hilang, dan tersisa keruhnya.” (1046).

 

Catatan:


  1. 99). Hadits ini shaḥīḥ. H.R. ath-Thabrānī (al-Mu‘jam al-Kabīr, 8642). Al-Haitsamī (Majma‘ az-Zawā’id, 7/164) berkata: “Para periwayat jalur riwayat ini merupakan para periwayat hadits-hadits shaḥīḥ.” 
  2. 100). Hadits ini dha‘īf. H.R. ath-Thabrānī (al-Mu‘jam al-Kabīr, 8534). Al-Haitsamī (Majma‘ az-Zawā’id, 10/235) berkata: “Sanad-nya bagus, hanya saja ‘Aun tidak berjumpa dengan Ibnu Mas‘ūd.” 
  3. 101). Hadits ini dha‘īf. H.R. ath-Thabrānī (al-Mu‘jam al-Kabīr, 8899, 8900). Al-Haitsamī (Majma‘ az-Zawā’id, 10/347) berkata: “Ath-Thabrānī meriwayatkannya secara mauqūf, dan meriwayatkannya sebagiannya secara marfū‘ dalam al-Ausath (466, Majma‘ al-Bahrain). Para periwayat kitab al-Kabīr merupakan para periwayat hadits shaḥīḥ, selain Syarīk bin ‘Abdullāh karena statusnya tsiqah. Periwayat dalam al-Ausath juga terdapat Syarīk di dalamnya. Isḥāq bin ‘Abdullāh at-Taimī dinilai tsiqah oleh Ibnu Ḥibbān. Sementara para periwayat lainnya merupakan para periwayat hadits shaḥīḥ.” 
  4. 102). Hadits ini dha‘īf. H.R. ath-Thabrānī (al-Mu‘jam al-Kabīr, 8930). Al-Haitsamī (Majma‘ az-Zawā’id, 1/199) berkata: “Para periwayatnya dinilai tsiqah kecuali al-Qāsim karena ia tidak mendengar riwayat dari kakeknya.” 
  5. 103). H.R. ath-Thabrānī (al-Mu‘jam al-Kabīr, 7884, 7885). 
  6. 104). H.R. ath-Thabrānī (al-Mu‘jam al-Kabīr, 7886). 
Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.