014 ‘Amir Bin Fuhairah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

عَامِرُ بْنُ فُهَيْرَةَ

(14). ‘ĀMIR BIN FUHAIRAH r.a.

وَ مِنْهُمُ الْمَشْرُوْعُ رُشْدُهُ، الْمَنْزُوْعُ حَسَدُهُ، وَ الْمَرْفُوْعُ جَسَدُهُ، عَامِرُ بْنُ فُهَيْرَةَ. سَبَقَ إِلَى الدَّعْوَةِ، وَ خَدَمَ الرَّسُوْلَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ صَحْبَهُ فِي الْهِجْرَةِ،

وَ قَدْ قِيْلَ: «إِنَّ التَّصَوُّفَ اسْتِطَابَةُ الْهَلَكِ، فِيْمَا يَخْطُبُ مِنَ الْمَلِكِ»

Di antara para sahabat ada seorang sahabat yang dilegalkan zuhudnya, yang diangkat rasa hasudnya, yang diangkat jasadnya. Dia adalah ‘Āmir bin Fuhairah, termasuk sahabat yang terawal dalam berdakwah, mengabdi kepada Rasūlullāh s.a.w., dan menemani beliau dalam hijrah.

Sebuah petuah mengatakan bahwa: Tashawwuf adalah memandang indah kematian dalam perkara yang dititahkan Tuhan Yang Maha Kuasa.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْحَسَنِ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ أَبِيْ شَيْبَةَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ نُمَيْرٍ، ثَنَا يُوْنُسُ بْنُ بُكَيْرٍ، ثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: «لَمْ يَكُنْ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ حِيْنَ هَاجَرَ مِنْ مَكَّةَ إِلَى الْمَدِيْنَةِ إِلَّا أَبُوْ بَكْرٍ وَ عَامِرُ بْنُ فُهَيْرَةَ وَ رَجُلٌ مِنْ بَنِي الدِّيْلِ دَلِيْلُهُمْ»

347. Aḥmad bin Muḥammad bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Utsmān bin Abī Syaibah menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Abdullāh bin Numair menceritakan kepada kami, Yūnus bin Bukair menceritkan kepada kami, Hisyām bin ‘Urwah menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari ‘Ā’isyah r.a. dia berkata: “Tidak ada yang bersama Rasūlullāh s.a.w. ketika beliau hijrah dari Makkah ke Madīnah selain Abū Bakar dan ‘Āmir bin Fuhairah, seorang laki-laki dari Bani ad-Dīl sebagai penunjuk jalan mereka.”

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ الْخَلَّالِ، ثَنَا يَعْقُوْبُ بْنُ حُمَيْدٍ، ثَنَا يُوْسُفُ بْنُ الْمَاجِشُوْنِ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِيْ بَكْرٍ، قَالَتْ: «خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَبُوْ بَكْرٍ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ، فَمَكَثَا فِي الْغَارِ ثَلَاثَ لَيَالٍ، وَ كَانَ يَرُوْحُ عَلَيْهِمَا عَامِرُ بْنُ فُهَيْرَةَ مُوْلَى أَبِيْ بَكْرٍ يَرْعَى غَنَمًا لِأَبِيْ بَكْرٍ وَ يُدْلِجُ مِنْ عِنْدِهِمَا فَيُصْبِحُ مَعَ الرُّعَاةِ فِيْ مَرَاعِيْهَا، وَ يَرُوْحُ مَعَهُمْ وَ يَتَبَاطَأُ فِي الْمَشْيِ حَتَّى إِذَا أَظْلَمَ انْصَرَفَ بِغَنَمِهِ [ص: 110] إِلَيْهِمَا، فَيَظُنُّ الرُّعَاةُ أَنَّهُ مَعَهُمْ»

348. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Aḥmad bin ‘Amr bin Khallāl menceritakan kepada kami, Ya‘qūb bin Ḥumaid menceritakan kepada kami, Yūsuf bin Mājisyūn menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari Asmā’ binti Abī Bakar, dia berkata: “Rasūlullāh s.a.w. dan Abū Bakar r.a. keluar rumah lalu keduanya berdiam di goa selama tiga malam. Lalu ‘Āmir bin Fuhairah mantan sahaya Abū Bakar menemui keduanya di setiap sore sambil menggembala kambing milik Abū Bakar, lalu dia pulang dari tempat keduanya pada waktu malam dan di pagi harinya dia bersama para penggembala yang lain. Di sore harinya, dia pergi bersama mereka dan berjalan dengan pelan-pelan. Hingga langit telah gelap, maka dia membawa kambing-kambingnya ke tempat keduanya sehingga para penggembala yang lain mengira bahwa dia bersama mereka.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ أَحْمَدَ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ، ثَنَا خَلَفُ بْنُ سَالِمٍ، ثَنَا أَبُوْ أُسَامَةَ، ثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: “خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَبُوْ بَكْرٍ، وَ عَامِرُ بْنُ فُهَيْرَةَ حَتَّى قَدِمُوا الْمَدِيْنَةَ، فَقُتِلَ عَامِرُ يَوْمَ بِئْرِ مَعُوْنَةَ، وَ أُسِرَ عَمْرُو بْنُ أُمَيَّةَ، فَقَالَ لَهُ عَامِرُ بْنُ الطُّفَيْلِ: مَنْ هذَا؟ وَ أَشَارَ إِلَى قَتِيْلٍ، فَقَالَ لَهُ عَمْرُو بْنُ أُمَيَّةَ: هذَا عَامِرُ بْنُ فُهَيْرَةَ، فَقَالَ: لَقَدْ رَأَيْتُهُ بَعْدَمَا قُتِلَ رُفِعَ إِلَى السَّمَاءِ حَتَّى إِنِّيْ لَأَنْظُرُ إِلَى السَّمَاءِ بَيْنَهُ وَ بَيْنَ الْأَرْضِ “

349. Abū Aḥmad Muḥammad bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Aḥmad bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, Khalaf bin Sālim menceritakan kepada kami, Abū Usāmah bin ‘Urwah menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari ‘Ā’isyah r.a., dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. keluar bersama Abū Bakar dan ‘Āmir bin Fuhairah hingga mereka tiba di Madīnah. ‘Āmir terbunuh pada peristiwa Bi’ru Ma‘ūnah, dan ‘Amr bin Umayyah ditawan. Lalu ‘Āmir bin Thufail berkata kepadanya: “Siapa ini?” sambil menunjuk ke korban tewas. ‘Amr bin Umayyah menjawab: “Dia ‘Āmir bin Fuhairah.” ‘Āmir bin Thufail berkata: “Setelah terbunuh, aku melihatnya diangkat ke langit hingga aku melihat langit berada di antara dia dan bumi.”

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، ثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: أَخْبَرَنِيْ أُبَيُّ بْنُ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: «بَعَثَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَى بَنِيْ سُلَيْمٍ نَفَرًا فِيْهِمْ عَامِرُ بْنُ فُهَيْرَةَ، فَاسْتَجَاشَ عَلَيْهِمْ عَامِرُ بْنُ الطُّفَيْلِ فَأَدْرَكُوْهُمْ بِبِئْرِ مَعُوْنَةَ فَقَتَلُوْهُمْ» قَالَ الزُّهْرِيُّ: فَبَلَغَنِيْ أَنَّهُمُ الْتَمَسُوْا جَسَدَ عَامِرِ بْنِ فُهَيْرَةَ فَلَمْ يَقْدِرُوْا عَلَيْهِ، قَالَ: فَيَرَوْنَ أَنَّ الْمَلَائِكَةَ دَفَنَتْهُ

350. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Isḥāq bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, ‘Abd-ur-Razzāq menceritakan kepada kami, dari Ma‘mar, dari az-Zuhrī, dia berkata: Ubai bin Ka‘b bin Mālik mengabariku, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. mengutus beberapa orang kepada Bani Sulaim. Di antara mereka ada ‘Āmir bin Fuhairah. Namun ‘Āmir bin Thufail memobilisasi pasukan untuk menyerang mereka, lalu dia menangkap mereka di Bi’ru Ma‘ūnah dan membunuh mereka.”

Az-Zuhrī berkata: “Aku menerima kabar bahwa mereka mencari jasad ‘Āmir bin Fuhairah tetapi mereka tidak menemukannya.” Dia melanjutkan: “Lalu mereka berpendapat bahwa dia telah dimakamkan para malaikat.”

حَدَّثَنَا حَبِيْبُ بْنُ الْحَسَنِ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَيُّوْبَ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ سَعْدِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنِيْ هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ عَامِرَ بْنَ الطُّفَيْلِ، كَانَ يَقُوْلُ عَنْ رَجُلٍ، مِنْهُمْ: «لَمَّا قُتِلَ رُفِعَ بَيْنَ السَّمَاءِ وَ الْأَرْضِ، حَتَّى رَأَيْتُ السَّمَاءَ مِنْ دُوْنِهِ» قَالُوْا: هُوَ عَامِرُ بْنُ فُهَيْرَةَ

351. Ḥabīb bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Yaḥyā menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Muḥammad bin Ayyūb menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Sa‘d menceritakan kepada kami, dari Muḥammad bin Isḥāq, Hisyām bin ‘Urwah menceritakan kepada ku, dari ayahnya, bahwa ‘Āmir bin Thufail berkata tentang salah seorang di antara mereka: “Ketika terbunuh, jasadnya diangkat di antara langit dan bumi hingga aku melihat langit ada di bawahnya.” Mereka berkata: “Dia adalah ‘Āmir bin Fuhairah.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *