009 ‘Abd-ur-Rahman Bin ‘Auf – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ

(9). ‘ABD-UR-RAḤMĀN BIN ‘AUF r.a.

وَ أَمَّا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ، فَكَانَ حَالُهُ فِيْمَا بُسِطَ لَهُ حَالَ الْأُمَنَاءِ وَ الْخُزَّانِ، يُفَرِّقُهُ فِيْ سَبِيْلِ الْمُنْعِمِ الْمَنَّانِ، يَسْتَخِيْرُ بِاللهِ مِنَ التَّفْتِيْنِ فِيْهِ وَ الطُّغْيَانِ، وَ تَتَّصِلُ مِنْهُ الْمَنَاحَةُ وَ الْأَحْزَانُ خَوْفَ الْاِنْقِطَاعِ عَنْ إِخْوَتِهِ وَ الْأَخْدَانِ، أَدْرَكَ الْوَدْقَ، وَ سَبَقَ الرَّنْقَ، كَثِيْرُ الْأَمْوَالِ، مَتِيْنُ الْحَالِ، تَجُوْدُ يَدُهُ بِالْعَطِيَّاتِ، وَ عَيْنُهُ وَ قَلْبُهُ بِالْعَبَرَاتِ، وَ هُوَ قُدْوَةُ ذِي الثَّرْوَةِ وَ الْجَدَّاتِ، فِي الْإِنْفَاقِ عَلَى الْمُتَقَشِّفِيْنَ مِنْ ذَوِي الْفَاقَاتِ

Karakter ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf dalam hal rezeki yang dilapangkan untuknya adalah karakter orang-orang yang amanah dan penyimpan yang baik. Dia membagi-bagikan hartanya di jalan Tuhan Sang Pemberi nikmat dan karunia. Dia meminta perlindungan kepada Allah dari terkena fitnah oleh harta benda dan dari perilaku sewenang-wenang. Dalam dirinya bertemu kehidupan yang lapang dan kesedihan karena takut tercecer dari rombongan saudara-saudaranya dan teman-teman dekatnya. Dia bisa mengejar hujan dan mendahului pasir yang terbawa banjir. Dia orang yang kaya raya dan dermawan. Mata dan hatinya selalu mengambil pelajaran. Dia adalah teladan bagi orang-orang kaya dalam hal berinfak kepada orang-orang yang membutuhkan.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ يَعْقُوْبَ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ، ثَنَا يَزِيْدُ بْنُ هَارُوْنَ، أَخْبَرَنَا أَبُو الْمُعَلَّى الْجُرَيْرِيُّ، عَنْ مَيْمُوْنِ بْنِ مِهْرَانَ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ عَبْدَ الرَّحْمنِ بْنَ عَوْفٍ، قَالَ لِأَصْحَابِ الشُّوْرَى: هَلْ لَكُمْ أَنْ أَخْتَارَهُ لَكُمْ وَ أَتَفَضَّى مِنْهَا؟، فَقَالَ عَلِيٌّ: أَنَا أَوَّلُ مَنْ رَضِيَ، فَإِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «أَنْتَ أَمِيْنٌ فِيْ أَهْلِ الْأَرْضِ وَ أَمِيْنٌ فِيْ أَهْلِ السَّمَاءِ»

310. Muḥammad bin Aḥmad bin Ya‘qūb menceritakan kepada kami, Aḥmad bin ‘Abd-ur-Raḥmān menceritakan kepada kami, Yazīd bin Ḥārūn menceritakan kepada kami, Abul-Mu‘allā al-Jurairī mengabarkan kepada kami, dari Maimūn bin Mihrān, dari Ibnu ‘Umar, bahwa ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf berkata kepada para ahli syura: “Apakah kalian mengizinkan aku untuk memilihkannya bagi kalian?” ‘Alī menjawab: “Aku orang yang pertama kali ridha, karena aku mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Engkau adalah orang kepercayaan bagi penduduk bumi, dan orang kepercayaan bagi penduduk langit.” (631).

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا أَبُوْ يَزِيْدَ الْقَرَاطِيْسِيُّ، ثَنَا أَسَدُ بْنُ مُوْسَى، ثَنَا عُمَارَةُ بْنُ زَاذَانَ، عَنْ ثَابِتٍ الْبُنَانِيِّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: بَيْنَمَا عَائِشَةُ فِيْ بَيْتِهَا إِذْ سَمِعَتْ صَوْتًا رُجَّتْ مِنْهُ الْمَدِيْنَةُ، فَقَالَتْ: مَا هذَا؟ قَالُوْا: عِيْرٌ قَدِمَتْ لِعَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ مِنَ الشَّامِ، وَ كَانَتْ سَبْعَمِائَةِ رَاحِلَةٍ، فَقَالَتْ عَائِشَةُ: أَمَا إِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «رَأَيْتُ عَبْدَ الرَّحْمنِ بْنَ عَوْفٍ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ حَبْوًا»، فَبَلَغَ ذلِكَ عَبْدَ الرَّحْمنِ، فَأَتَاهَا فَسَأَلَهَا عَمَّا بَلَغَهُ، فَحَدَّثْتُهُ، قَالَ: فَإِنِّيْ أُشْهِدُكِ أَنَّهَا بِأَحْمَالِهَا وَ أَقْتَابِهَا وَ أَحْلَاسِهَا فِيْ سَبِيْلِ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ “

311. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Abū Yazīd al-Qarāthīsī menceritakan kepada kami, Asad bin Mūsā menceritakan kepada kami, ‘Umārah bin Zadzan menceritakan kepada kami, dari Tsābit al-Bunānī, dari Anas bin Mālik, dia berkata: Saat ‘Ā’isyah r.a. di rumahnya, tiba-tiba dia mendengar suara yang menggemparkan Madīnah. Lalu dia berkata: “Apa itu?” Mereka berkata: “Itu adalah kafilah milik ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf yang datang dari Syam.” Kafilah itu terdiri dari tujuh ratus unta. Lalu ‘Ā’isyah berkata: “Sungguh aku mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Aku melihat ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf masuk surga dengan merangkak.” Lalu berita itu sampai ke telinga ‘Abd-ur-Raḥmān, lalu dia menemui ‘A’isyah dan bertanya kepadanya tentang apa yang dia dengar, lalu ‘Ā’isyah pun menceritakan hadits tersebut kepadanya. ‘Abd-ur-Raḥmān berkata: “Aku mempersaksikanmu bahwa kafilah ini dengan barang bawaannya, pelana dan tapalnya aku infakkan di jalan Allah.” (642).

حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، ثَنَا أَبُوْ حُصَيْنٍ الْوَادِعِيُّ، ثَنَا يَحْيَى بْنُ عَبْدِ الْحَمِيْدِ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ جَعْفَرٍ الْمُخَرِّمِيُّ، حَدَّثَتْنِيْ عَمَّتِيْ أُمُّ بَكْرِ بِنْتُ الْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَةَ، عَنْ أَبِيْهَا الْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَةَ، قَالَ: “بَاعَ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ أَرْضًا لَهُ مِنْ عُثْمَانَ بِأَرْبَعِيْنَ أَلْفَ دِيْنَارٍ، فَقَسَّمَ ذلِكَ الْمَالَ فِيْ بَنِيْ زُهْرَةَ وَ فُقَرَاءِ الْمُسْلِمِيْنَ وَ أُمَّهَاتِ الْمُؤْمِنِيْنَ، وَ بَعَثَ إِلَى عَائِشَةَ مَعِيْ بِمَالٍ مِنْ ذلِكَ الْمَالِ، فَقَالَتْ عَائِشَةُ: أَمَا إِنِّيْ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ [ص: 99] وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «لَنْ يَحْنُوَ عَلَيْكُمْ بَعْدِيْ إِلَّا الصَّالِحُوْنَ» سَقَى اللهُ ابْنَ عَوْفٍ مِنْ سَلْسَبِيْلِ الْجَنَّةِ “

312. Ja‘far bin Muḥammad bin ‘Amr menceritakan kepada kami, Abū Ḥushain al-Wādi‘ī menceritakan kepada kami, Yaḥyā bin ‘Abd-ul-Ḥamīd menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Ja‘far al-Makharramī menceritakan kepada kami, bibiku yaitu Ummu Bakr binti Miswar bin Makhramah menceritakan kepada kami, dari ayahnya yaitu Miswar bin Makhramah, dia berkata: ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf menjual sebidang tanah miliknya kepada ‘Utsmān dengan harta empat puluh ribu dinar, lalu dia membagi-bagikan uang itu kepada orang-orang Bani Zahrah, orang-orang fakir dari kalangan kaum muslimin, dan Ummahāt-ul-Mu’minīn. Dia mengirimkan melaluiku sebagian dari harta tersebut kepada ‘A’isyah, lalu ‘A’isyah berkata: “Sesungguhnya aku mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Tidak akan berbelas kepadamu sepeninggalku selain orang-orang yang shalih”. Semoga Allah meninumi Ibnu ‘Auf dengan air dari salsabil di surga.” (653).

حَدَّثَنَا حَبِيْبُ بْنُ الْحُسَيْنِ، ثَنَا أَبُوْ مَعْشَرٍ الدَّارِمِيُّ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ بُدَيْلٍ، ثَنَا الْمُحَارِبِيُّ، عَنْ عَمَّارِ بْنِ سَيْفٍ، عَنْ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ أَبِيْ خَالِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ أَوْفَى، “أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لِعَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ: «مَا بَطَّأَ بِكَ عَنِّيْ؟»، فَقَالَ: مَا زِلْتُ بَعْدَكَ أُحَاسَبُ؟ وَ إِنَّمَا ذلِكَ لِكَثْرَةِ مَالِيْ، فَقَالَ: هذِهِ مِائَةُ رَاحِلَةٍ جَاءَتْنِيْ مِنْ مِصْرَ، فَهِيَ صَدَقَةٌ عَلَى أَرَامِلِ أَهْلِ الْمَدِيْنَةِ “

313. Ḥabīb bin al-Ḥusain menceritakan kepada kami, Abū Ma‘syar ad-Dārimī menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Budail menceritakan kepada kami, al-Muḥāribī menceritakan kepada kami, dari ‘Ammār bin Saif, dari Ismā‘īl bin Abī Khālid, dari ‘Abdullāh bin Abī ‘Aufā, bahwa Rasūlullāh s.a.w. bertanya kepada ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf: “Mengapa engkau terlambat menyusulku?” Dia menjawab: “Aku masih menghitung hartaku setelah kepergianmu, dan ini karena banyaknya hartaku.” Kemudian ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf berkata: “Ini seratus dinar yan kuterima dari Mesir. Unta-unta ini kusedekahkan kepada para janda penduduk Madīnah.”

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ حُبَيْشٍ، ثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْفِرْيَابِيُّ، ثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ الدِّمَشْقِيُّ، ثَنَا خَالِدُ بْنُ يَزِيْدَ بْنِ أَبِيْ مَالِكٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِيْ رَبَاحٍ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَهُ: «يَا ابْنَ عَوْفٍ إِنَّكَ مِنَ الْأَغْنِيَاءِ، وَ لَنْ تَدْخُلَ الْجَنَّةَ إِلَّا زَحْفًا، فَأَقْرِضِ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ يُطْلِقْ لَكَ قَدَمَيْكَ»، قَالَ ابْنُ عَوْفٍ: وَ مَا الَّذِيْ أُقْرِضُ اللهَ؟ قَالَ: «تَتَبَرَّأُ مِمَّا أَمْسَيْتَ فِيْهِ»، قَالَ: مِنْ كُلِّهِ أَجْمَعٍ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: «نَعَمْ»، فَخَرَجَ ابْنُ عَوْفٍ وَ هُوَ يُهِمُّ بِذلِكَ، فَأَتَاهُ جِبْرِيْلُ فَقَالَ: مُرِ ابْنَ عَوْفٍ فَلْيُضِفِ الضَّيْفَ، وَ لْيُطْعِمِ الْمِسْكِيْنَ، وَ لْيُعْطِ السَّائِلَ، فَإِذَا فَعَلَ ذلِكَ كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا هُوَ فِيْهِ “

314. Muḥammad bin ‘Alī bin Ḥubaisy menceritakan kepada kami, Ja‘far bin Muḥammad al-Firyābī menceritakan kepada kami, Sulaimān bin ‘Abd-ur-Raḥmān ad-Dimasyqī menceritakan kepada kami, Khālid bin Yazīd bin Abī Mālik menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari ‘Athā’ bin Abī Rabāḥ, dari Ibrāhīm bin ‘Abd-هr-Raḥmān bin ‘Auf, dari ayahnya, bahwa Rasūlullāh s.a.w. bersabda kepadanya: “Wahai Ibnu ‘Auf! Sesungguhnya engkau termasuk orang yang kaya raya, dan engkau tidak akan masuk surga kecuali dengan merambat. Karena itu, pinjamilah Allah (bersedekahlah) niscaya Allah akan melepaskan ikatan dari kedua kakimu.” Ibnu ‘Auf berkata: “Apa yang bisa ku pinjamkan kepada Allah?” Beliau menjawab: “Tinggalkan apa yang kamu kerjakan di sore hari.” Ibnu ‘Auf bertanya: “Seluruhnya, ya Rasūlullāh?” Beliau menjawab: “Ya.” Lalu Ibnu ‘Auf keluar dengan bermaksud untuk melakukannya, tetapi Jibrīl mendatangi beliau dan berkata: “Suruhlah Ibnu ‘Auf untuk menjamu tamu, memberi makan orang miskin, memberi orang yang meminta. Apabila dia melakukan hal itu, maka itu menjadi penebus dosa dari keadaannya itu.” (664).

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا أَبُوْ يَزِيْدَ الْقَرَاطِيْسِيُّ، ثَنَا أَسَدُ بْنُ مُوْسَى، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: «تَصَدَّقَ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِشَطْرِ مَالِهِ أَرْبَعَةِ آلَافٍ، ثُمَّ تَصَدَّقَ بِأَرْبَعِيْنَ أَلْفًا، ثُمَّ تَصَدَّقَ بِأَرْبَعِيْنَ أَلْفَ دِيْنَارٍ، ثُمَّ حَمَلَ عَلَى خَمْسِمِائَةِ فَرَسٍ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ، ثُمَّ حَمَلَ عَلَى أَلِفٍ وَ خَمْسِمِائَةِ رَاحِلَةٍ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ، وَ كَانَ عَامَّةُ مَالِهِ مِنَ التِّجَارَةِ»

315. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Abū Yazīd al-Qarāthīsī menceritakan kepada kami, Asad bin Mūsā menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin al-Mubārak menceritakan kepada kami, dari Ma‘mar, dari az-Zuhrī, dia berkata: “‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf mensedekahkan separuh hartanya di masa Rasūlullāh s.a.w. yaitu sebesar empat ribu. Kemudian dia bersedekah empat puluh ribu dirham. Kemudian dia bersedekah empat puluh ribu dinar. Kemudian dia menyiapkan lima ratus kuda sebagai kendaraan di jalan Allah. Kemudian dia menyiapkan seribu lima ratus unta untuk dijadikan sebagai kendaraan di jalan Allah. Keseluruhan hartanya berasal dari perdagangan.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ حَامِدِ بْنُ جَبَلَةَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثَنَا أَبُوْ هَمَّامٍ السَّكُوْنِيُّ، ثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ بُرْقَانَ، قَالَ: «بَلَغَنِيْ أَنَّ عَبْدَ الرَّحْمنِ بْنَ عَوْفٍ، أَعْتَقَ ثَلَاثِيْنَ أَلْفَ بَيْتٍ»

316. Abū Ḥāmid bin Jabalah menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Isḥāq menceritakan kepada kami, Abū Hammām as-Sakūnī menceritakan kepada kami, al-Ḥusain bin ‘Alī menceritakan kepada kami, dari Ja‘far bin Burqān, dia berkata: “Aku menerima kabar bahwa ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf pernah membebaskan tiga puluh ribu budak perempuan.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ عَمْرِو بْنُ حَمْدَانَ، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، ثَنَا دُحَيْمٌ عَنِ ابْنِ أَبِيْ فُدَيْكٍ، حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِيْ ذِئْبٍ، عَنْ مُسْلِمِ بْنِ جُنْدُبٍ، عَنْ نَوْفَلِ بْنِ إِيَاسٍ الْهُذَلِيِّ، قَالَ: “كَانَ عَبْدُ الرَّحْمنِ لَنَا جَلِيْسًا، وَ كَانَ نِعْمَ الْجَلِيْسُ، وَ إِنَّهُ انْقَلَبَ [ص: 100] بِنَا يَوْمًا حَتَّى دَخَلْنَا بَيْتَهُ، وَ دَخَلَ فَاغْتَسَلَ ثُمَّ خَرَجَ فَجَلَسَ مَعَنَا، وَ أُتِيْنَا بِصَحْفَةٍ فِيْهَا خُبْزٌ وَ لَحْمٌ، فَلَمَّا وُضِعَتْ بَكَى عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ، فَقُلْنَا لَهُ: يَا أَبَا مُحَمَّدٍ، مَا يُبْكِيْكَ؟ قَالَ: «هَلَكَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ لَمْ يَشْبَعْ هُوَ وَ أَهْلُ بَيْتِهِ مِنْ خُبْزِ الشَّعِيْرِ، وَ لَا أُرَانَا أُخِّرْنَا لَهَا لِمَا هُوَ خَيْرٌ مِنْهَا»

317. Abū ‘Amr bin Ḥamdān menceritakan kepada kami, al-Ḥasan bin Sufyān menceritakan kepada kami, Duḥaim bin Abī Fudaik menceritakan kepada kami, Ibnu Abī Dzi‘b menceritakan kepada ku, dari Muslim bin Jundab, dari Naufal bin Iyās al-Hudzalī, dia berkata: ‘Abd-ur-Raḥmān adalah teman majelis kami, dan dia adalah sebaik-baik teman majelis. Pada suatu hari dia mengajak kami pulang ke rumahnya, lalu dia masuk dan mandi, kemudian dia keluar dan duduk bersama kami. Kami disuguhi nampan yang berisi roti dan daging. Ketika makanan itu ditaruh di depan kami, ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf menangis. Kami bertanya kepadanya: “Wahai Abū Muḥammad, apa yang membuatmu menangis?” Dia menjawab: “Rasūlullāh s.a.w. wafat tetapi beliau dan keluarga beliau belum pernah merasakan roti dari gandum sya‘ir. Dan menurutku, kita ditangguhkan dari sesuatu yang lebih baik daripada roti gandum sya‘ir.”

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْحَسَنِ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، ثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَدِّهِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ، أَنَّهُ أُتِيَ بِطَعَامٍ – قَالَ شُعْبَةُ: أَحْسَبُهُ كَانَ صَائِمًا – فَقَالَ عَبْدُ الرَّحْمنِ: قُتِلَ حَمْزَةُ فَلَمْ نَجِدْ مَا نُكَفِّنُهُ فِيْهِ، وَ هُوَ خَيْرٌ مِنِّيْ، وَ قُتِلَ مُصْعَبُ بْنُ عُمَيْرٍ وَ هُوَ خَيْرٌ مِنِّيْ فَلَمْ نَجِدْ مَا نُكَفِّنُهُ، وَ قَدْ أَصَبْنَا مِنْهَا مَا قَدْ أَصَبْنَا، – قَالَ شُعْبَةُ: أَوْ قَالَ: أُعْطِيْنَا مَا أُعْطِيْنَا – ثُمَّ قَالَ عَبْدُ الرَّحْمنِ: إِنِّيْ لَأَخْشَى أَنْ يَكُوْنَ قَدْ عُجِّلَتْ لَنَا طَيِّبَاتُنَا فِي الدُّنْيَا” قَالَ شُعْبَةُ: وَ أَظُنُّهُ قَالَ وَ لَمْ يَأْكُلْ

318. Muḥammad bin Aḥmad bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada ku, Muḥammad bin Ja‘far menceritakan kepada kami, Syu‘bah menceritakan kepada kami, dari Sa‘īd bin Ibrāhīm, dari ayahnya, dari kakeknya yaitu ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf, bahwa dia datang membawa makanan – Syu‘bah berkata: Aku mengiranya sedang puasa – lalu ‘Abd-ur-Raḥmān berkata: “Ḥamzah terbunuh dan kami tidak memiliki pakaian untuk mengkafaninya padahal dia lebih baik daripada aku, tetapi kami tidak memiliki kain untuk mengkafaninya. Sedangkan sekarang kami menerima apa yang kami terima.” Syu‘bah berkata: atau dia berkata: Kemudian kami diberikan semua ini. Kemudian ‘Abd-ur-Raḥmān berkata: “Sungguh aku benar-benar takut sekiranya kebaikan-kebaikan kami disegerakan pemberiannya kepada kami di dunia.”

Syu‘bah berkata: “Aku mengira bahwa dia berkata: “Sedangkan dia tidak dimakan.”

قَالَ أَبُوْ نُعَيْمٍ: أُخْبِرْتُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَيُّوْبَ الرَّازِيِّ، ثَنَا، مُسَدَّدٌ، ثَنَا مُعْتَمِرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنْ، أَبِيْهِ، عَنِ الْحَضْرَمِيِّ قَالَ: “قَرَأَ رَجُلٌ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، وَ كَانَ لَيِّنَ الصَّوْتِ، أَوْ لَيِّنَ الْقِرَاءَةِ، فَمَا بَقِيَ أَحَدٌ مِنَ الْقَوْمِ إِلَّا فَاضَتْ عَيْنُهُ غَيْرَ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «إِنْ لَمْ يَكُنْ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ فَاضَتْ عَيْنُهُ فَقَدْ فَاضَ قَلْبُهُ»

319. Abū Nu‘aim berkata: Aku diberitahu dari Muḥammad bin Ayyūb ar-Rāzī, Musaddad menceritakan kepada kami, Mu‘tamir bin Sulaimān menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari al-Ḥadhramī, dia berkata: “Seorang laki-laki membaca al-Qur’ān di hadapan Nabi s.a.w., dan orang itu bersuara lembut – atau lembut bacaannya. Tidak satu pun di antara orang-orang itu melainkan air matanya meleleh kecuali ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf tidak menangis, maka sesungguhnya hatinya menangis.” (675).

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ جَابِرٍ الطَّائِيُّ، ثَنَا بِشْرُ بْنُ شُعَيْبِ بْنِ أَبِيْ حَمْزَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ: «بُلِيْنَا بِالضَّرَّاءِ فَصَبَرْنَا، وَ بُلِيْنَا بِالسَّرَّاءِ فَلَمْ نَصْبِرْ»

320. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, ‘Abd-ur-Raḥmān bin Jābir ath-Thā’ī menceritakan kepada kami, Bisyr bin Syu‘aib bin Abū Ḥamzah menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari az-Zuhrī, dari Ibrāhīm bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf, dia berkata: ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf berkata: “Kami diuji dengan kesusahan lalu kami bersabar, dan kami diuji dengan kesenangan namun kami tidak bisa bersabar.”

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا أَبُوْ يَزِيْدَ الْقَرَاطِيْسِيُّ، ثَنَا أَسَدُ بْنُ مُوْسَى، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ: سَمِعْتُ عَلِيًّا، يَقُوْلُ “يَوْمَ مَاتَ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ عَوْفٍ: اذْهَبِ ابْنِ عَوْفٍ فَقَدْ أَدْرَكْتَ صَفْوَهَا، وَ سَبَقْتَ رَنْقَهَا “

321. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Abū Yazīd al-Qarāthīsī menceritakan kepada kami, Asad bin Mūsā menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Sa‘d bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari kakeknya, dia berkata: “Aku mendengar ‘Alī berkata pada hari wafatnya ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Auf: “Pergilah, wahai Ibnu ‘Auf, karena engkau telah mendapati kejernihannya dan mengalahkan kekeruhannya.”

 

Catatan:


  1. 63). Hadits ini dha‘īf jiddan (lemah sekali). H.R. Ibnu Abi ‘Ashim (as-Sunnah, 1417); dan al-Hakim (al-Mustadrak, 3/310). Dikomentari dalam al-Muhadzdzab: “Abu al-Mu‘alla Furat bin Sa‘ib riwayatnya mereka tinggalkan.” 
  2. 64). Hadits ini maudhū‘ (palsu). H.R. Ahmad (Musnad Aḥmad, 6/115); ath-Thabrani (al-Mu‘jam al-Kabīr, 264, 5407); dan Ibnu al-Jauzi (al-Maudhū‘āt, 2/13). 
  3. 65). Hadits ini shaḥīḥ berdasarkan riwayat-riwayat lain yang menguatkannya. H.R. al-Ajiri (asy-Syarī‘ah, 1848). Namun di dalam sanad-nya terdapat Yahya bin ‘Abd-ul-Hamid al-Hamani yang statusnya lemah. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ahmad (Musnad Aḥmad, 6/103); Ibnu Abi ‘Ashim (as-Sunnah, 1413, 1415); dan al-Hakim (al-Mustadrak, 3/311). Setelah meriwayatkannya al-Hakim menilainya shahīh, dan penilaiannya itu disepakati oleh al-Muhadzdzab, dengan lafazh: “Sesungguhnya orang yang berbelas kasih kepada kalian nanti adalah orang yang jujur dan berbakti.” 
  4. 66). Hadits ini dha‘īf. H.R. al-Ajiri (asy-Syarī‘ah, 1849); dan al-Hakim (al-Mustadrak, 3/11). Adz-Dzahabi berkata: “Khalid bin ‘Abd-ul-‘Aziz dinilai lemah oleh sekelompok ulama. Menurut an-Nasa’i, dia bukan periwayat yang tsiqah.” 
  5. 67). Hadits ini dha‘īf. H.R. Ibnu Hajar (al-Mathālib al-‘Aliyah, 4009). Ibnu Hajar menisbatkannya kepada Musaddad. Dalam sanad-nya terdapat periwayat yang tidak diketahui. 

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.