001-027 Buku 1 – Matan al-‘Aqidah ath-Thahawiyah (Matan Aswaja – Catatan Wahhabi – SH.) – Terjemahan Matan 4 Kitab Akidah Aswaja

TERJEMAH MATAN
EMPAT KITAB AKIDAH
AHL-US-SUNNAH WAL-JAMĀ‘AH

Penulis:
Al-‘AQĪDAH ATH-THAḤĀWĪ

Penulis: Al-Imām Abū Ja‘far ath-Thaḥāwī
(Matan Aswaja – Catatan Wahhabi – SH.)

AL-‘AQĪDAH AL-WĀSITHIYYAH
Penulis: Syaikh-ul-Islām Ibnu Taimiyyah

(Matan Salafi (Aqidah al-Qur’an dan Sunnah) – SH.)

AL-USHŪL ATS-TSALĀTSAH
Penulis: Al-Imām Muḥammad Bin ‘Abd-il-Wahhāb

(Matan Wahhabi – SH.)

KASYF ASY-SYUBUHĀT
Penulis: Al-Imām Muḥammad Bin ‘Abd-il-Wahhāb

(Matan Wahhabi – Catatan Wahhabi – SH.)

Penerjemah:
‘Abdurrahman Nuryaman
‘Izzudin Karimi, Lc
Zainal ‘Abidin Syamsuddin, Lc
‘Ainul Haris ‘Arifin, Lc
Ahmad Amin Sjihab, Lc

Penerbit:
DARUL HAQ, Jakarta

Rangkaian Pos: Buku 1 Matan al-‘Aqidah ath-Thahawiyah (Matan Aswaja – Catatan Wahhabi – SH.) - Terjemahan Matan 4 Kitab Akidah Aswaja

العقيدة الطحاوية

للإمام أبو جعفر الطحاوي رحمه الله

MATAN AL-‘AQĪDAH ATH-THAḤĀWIYYAH

 

بسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

 

قَالَ العَلَّامَةُ حُجَّةُ الْإِسْلَامِ أَبُوْ جَعْفَرٍ الوَرَّاقِ الطَّحَاوِيِّ السَّلَفِيِّ (239 هـ – 321 هـ) -الْمِصْرِيِّ- رَحِمَهُ اللهُ:

Al-‘Allāmah Ḥujjat-ul-Islām Abū Ja‘far al-Warrāq ath-Thaḥāwī r.h. – di Mesir – berkata:

[1] هذَا ذِكْرُ بَيَانِ عَقِيْدَةِ أَهْلِ السُّنَّةِ وَ الْجَمَاعَةِ عَلَى مَذْهَبِ فُقَهَاءِ الْـمِلَّةِ: أَبِيْ حَنِيْفَةَ النُّعْمَانِ بْنِ ثَابِتٍ الْكُوْفِيِّ، وَ أَبِيْ يُوْسُفَ يَعْقُوْبَ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ الْأَنْصَارِيِّ، وَ أَبِيْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدِ بْنِ الـْحَسَنِ الشَّيْبَانِيِّ، رِضْوَانُ اللهِ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ وَ مَا يَعْتَقِدُوْنَ مِنْ أُصُوْلِ الدِّيْنِ، وَ يَدِيْنُوْنَ بِهِ لِرَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Ini adalah penjelasan akidah Ahl-us-Sunnah wal-Jamā‘ah berdasarkan madzhab para ulama fikih agama ini: Abū Ḥanīfah an-Nu‘mān bin Tsābit al-Kūfī, Abū Yūsuf Ya‘qūb bin Ibrāhīm al-Anshārī, dan Abū ‘Abdillāh Muḥammad bin al-Ḥasan asy-Syaibānī – semoga Allah meridhai mereka semua –, berikut apa yang mereka yakini dari pokok-pokok agama ini dan mereka anut sebagai agama bagi Rabb alam semesta.

[2] نَقُوْلُ فِيْ تَوْحِيْدِ اللهِ مُعْتَقِدِيْنَ بِتَوْفِيْقِ اللهِ: إِنَّ اللهَ وَاحِدٌ لَا شَرِيْكَ لَهُ.

Kami mengatakan tentang tauhid kepada Allah dengan yakin akan taufik Allah: “Sesungguhnya Allah adalah Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya.”

[3] وَ لَا شَىْءَ مِثلُهُ،

Tidak ada sesuatu pun yang semisal dengan-Nya.”

[4] وَ لَا شَىْءَ يُعْجِزَهُ،

Tidak ada sesuatu pun yang melemahkan-Nya.”

[5] وَ لَا إِلهَ غَيْرُهُ.

Tidak ada tuhan yang berhak disembah selian Dia.”

[6] قَدِيْمٌ بِلَا ابْتِدَاءٍ، دَائِمٌ بِلَا انْتِهَاءٍ،

Maha Dahulu tanpa permulaan, Maha Abadi tanpa berkesudahan.” (11)

[7] لَا يَفْنَى وَ لَا يَبِيدُ،

Dia tidak akan fana’ dan tidak akan punah.”

[8] وَ لَا يَكُوْنُ إِلَّا مَا يُرِيْدُ،

Tidak akan terjadi kecuali apa yang Dia kehendaki.”

[9] لَا تَبْلُغُهُ الْأَوْهَامُ وَ لَا تُدْرِكُهُ الْأَفْهَامُ،

Tidak dijangkau oleh angan-angan dan tidak pula oleh nalar (daya pikir manusia).

[10] وَ لَا يُشْبِهُ الْأَنَامَ،

Tidak serupa dengan makhluk.”

[11] حَيٌّ لَا يَمُوْتُ،

Maha Hidup dan tidak akan mati.”

[12] قَيُّوْمٌ لَا يَنَامُ،

Maha mengurusi makhluk-Nya terus-menerus dan tidak pernah tidur.”

[13] خَالِقٌ بِلَا حَاجَةٍ، رَازِقٌ بِلَا مُؤْنَةٍ،

Maha Pencipta tanpa membutuhkan (ciptaan-Nya), Maha Pemberi rizki tanpa pernah kekurangan.”

[14] مُمِيْتٌ بِلَا مَخَافَةٍ،

Maha mematikan tanpa “takut” (pada mereka).

[15] بَاعِثٌ بِلَا مَشَقَّةٍ.

Maha membangkitkan kembali (makhluk yang telah Dia matikan) tanpa kesulitan.”

[16] مَا زَالَ بِصِفَاتِهِ قَدِيْمًا قَبْلَ خَلْقِهِ،

Dia tetap dan senantiasa dengan sifat-sifatNya, Maha mendahului sebelum makhluk-Nya.”

[17] لَمْ يَزْدَدْ بِكَوْنِهِمْ شَيْئًا لَمْ يَكُنْ قَبْلَهُمْ مِنْ صِفَتِهِ.

Allah sedikit pun tidak bertambah (Sifat-Nya) dengan keberadaan mereka, yang sebelum keberadaan mereka memang bukan Sifat-Nya.”

[18] وَ كَمَا كَانَ بِصِفَاتِهِ أَزَلِيًّا، كَذلِكَ لَا يَزَالُ عَلَيْهَا أَبَدِيًّا،

Dan sebagaimana Dia dengan Sifat-sifatNya adalah azali, maka Dia senantiasa dengan Sifat-sifatNya tersebut selamanya.”

[19] لَيْسَ بَعْدَ خَلْقِ الـخَلْقِ اسْتَفَادَ اسْمَ (الـْخَالِقِ)،

Bukan setelah menciptakan makhluk, Allah mendapat nama al-Khāliq (Pencipta).

[20] وَ لَا بِإِحْدَاثِهِ الْبَرِيَّةِ اسْتَفَادَ اسْمَ (الْبَارِئِ).

Bukan pula karena membuat makhluk (al-Bariyyah) Allah mendapatkan nama al-Bāri’ (Pencipta).

[21] لَهُ مَعْنَى الرُّبُوْبِيَّةِ وَ لَا مَرْبُوْبَ، وَ مَعْنَى الْـخَالِقِ وَ لَا مَخْلُوْقَ.

Allah (telah) memiliki Sifat Rubūbiyyah semenjak makhluk yang bertuhan belum ada, dan memiliki sifat mencipta sebelum ada ciptaan (mukhluk).

[22] وَ كَمَا أَنَّهُ مُحْيِي الْـمَوْتَى بَعْدَ مَا أَحْيَا، اِسْتَحَقَّ هذَا الْاِسْمَ قَبْلَ إِحْيَائِهِمْ، كَذلِكَ اسْتَحَقَّ اسْمَ الْـخَالِقِ قَبْلَ إِنْشَائِهِمْ.

Sebagaimana Allah (menyandang Nama) Maha menghidupkan yang telah mati, setelah Dia menghidupkan, Allah telah berhak menyandang nama itu sebelum menghidupkan mereka, demikian pula Dia berhak menyandang Nama Yang Maha mencipta sebelum menciptakan mereka.”

[23] ذلِكَ بِأَنَّهُ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ،

Semua itu adalah karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

[24] وَ كُلُّ شَىْءٍ إِلَيْهِ فَقِيْرٌ،

Dan segala sesuatu fakir (butuh) kepada-Nya.

[25] وَ كُلُّ أَمْرٍ عَلَيْهِ يَسِيْرٌ،

Dan segala perkara bagi-Nya adalah mudah.”

[26] لَا يَحْتَاجُ إِلَى شَىْءٍ،

Allah tidak butuh kepada sesuatu pun.

[27] {لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَىْءٌ وَ هُوَ السَّمِيْعُ البَصِيْرُ}.

Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya. Dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (asy-Syūrā: 11).

Catatan:

  1. 1). (الْقَدِيْمُ) bukan termasuk nama-nama Allah. Di antara nama-namaNya adalah, (الْأَوَّلُ) “Yang Maha Awwal”; karena (الْقَدِيْمُ) “Yang Maha Dahulu” memiliki kemungkinan didahului oleh sesuatu, sedangkan (الْأَوَّلُ) “Yang Maha Awwal” tidak ada kemungkinan didahului oleh sesuatu pun. Rasālullāh s.a.w. bersabda:

    أَنْتَ الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ.

    Engkaulah Yang Maha Awwal, maka tidak ada sesuatu pun sebelum-Mu.” Akan tetapi Imām ath-Thaḥāwī r.h. bersikap hati-hati. Beliau mengatakan: “Yang Maha Dahulu tanpa permulaan.” Seandainya beliau hanya mengatakan “Yang Maha Dahulu” lalu beliau diam sampai di situ, maka ini tidak benar dari segi makna. (at-Ta‘liqāt-ul-Mukhtasharah ‘alā Matn-il-‘Aqīdat-ith-Thaḥāwiyyah, Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *