0-2 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

Rangkaian Pos: Mukaddimah - Hilyat-ul-Auliya' wa Thabaqat-ul-Ashfiya'

MUKADDIMAH (Bagian 2)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

 

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَمْزَةَ، حَدَّثَنَا أَبُوْ عُبَيْدَةَ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْمُؤَمَّلِ، وَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ السَّرَّاجُ، قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ كَرَامَةَ، حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بِلَالٍ، عَنْ شَرِيْكِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ نَمِرٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “إِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ قَالَ: «مَنْ آذَى لِيْ وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْحَرْبِ، وَ مَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِيْ بِشَيْءٍ أَفْضَلَ مِنْ أَدَاءِ مَا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ، وَ مَا يَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ [ص: 5] الَّذِيْ يَسْمَعُ بِهِ، وَ بَصَرَهُ الَّذِيْ يُبْصِرُ بِهِ، وَ يَدَهُ الَّتِيْ يَبْطِشُ بِهَا، وَ رِجْلَهُ الَّتِيْ يَمْشِيْ بِهَا، فَلَئِنْ سَأَلَنِيْ عَبْدِيْ أَعْطَيْتُهُ، وَ لَئِنِ اسْتَعَاذَنِيْ لَأَعَذْتُهُ، وَ مَا تَرَدَّدْتُ عَنْ شَيْءٍ أَنَا فَاعِلُهُ تَرَدُّدِيْ عَنْ نَفْسِ الْمُؤْمِنِ، يَكْرَهُ الْمَوْتَ وَ أَكْرَهُ إِسَاءَتَهُ، أَوْ مُسَاءَتَهُ»

  1. Ibrāhīm bin Muḥammad bin Ḥamzah menceritakan kepada kami, Abū ‘Ubaidah Muḥammad bin Aḥmad bin Mu’ammal menceritakan kepada kami, dan Ibrāhīm bin ‘Abdullāh menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Isḥāq as-Sarrāj menceritakan kepada kami, keduanya berkata: “Muḥammad bin Isḥāq bin Karāmah menceritakan kepada kami, Khālid bin Makhlad menceritakan kepada kami, dari Sulaimān bin Bilāl, dari Syarīk bin ‘Abdullāh bin Abī Namr, dari ‘Athā’, dari Abū Hurairah r.a., dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah s.w.t. berfirman: “Barang siapa menyakiti wali-Ku, maka Aku nyatakan perang kepadanya. Dan tidaklah hamba-Ku taqarrub (mendekatkan diri) kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih utama daripada melaksanakan apa yang Aku wajibkan padanya. Dan hamba-Ku senantiasa taqarrub kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya. Apabila Aku mencintainya, maka Aku menjadi pendengaran yang dengannya dia mendengar, penglihatannya yang dengannya dia melihat, dan tangannya yang dengannya dia memukul, dan kakinya yang dengannya dia berjalan. Sungguh jika hamba-Ku meminta kepada-Ku maka Aku memberinya, dan jika dia memohon perlindungan kepada-Ku maka Aku pasti melindunginya. Aku tidak bimbang terhadap sesuatu yang Aku lakukan seperti kebimbangan-Ku kepada jiwa orang mukmin, yang tidak menyukai kematian, dan Aku tidak ingin berbuat buruk kepadanya.” (11).

حَدَّثَنَا الْقَاضِيْ أَبُوْ أَحْمَدَ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ نَصْرٍ، قَالَ: قُرِئَ عَلَى أَبِيْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُثَنَّى، وَ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ سَلَمَةَ بْنِ أَبِيْ كَبْشَةَ، أَنَّ أَبَا عَامِرٍ الْعَقَدِيَّ، حَدَّثَهُمَا، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَرْوِيْ عَنْ رَبِّهِ عَزَّ وَ جَلَّ: “قَالَ: «مَنْ آذَى لِيْ وَلِيًّا فَقَدِ اسْتَحَلَّ مُحَارَبَتِيْ»

  1. Al-Qādhī Abū Aḥmad Muḥammad bin Aḥmad bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, Al-Ḥasan bin ‘Alī bin Nashr menceritakan kepada kami, dia berkata: “Ayahku Abū Muḥammad bin al-Mutsannā membacakan kepadakku; dan al-Ḥasan bin Salamah bin Abī Kabsyah menceritakan kepada kami, bahwa Abū ‘Āmir al-‘Aqadī menceritakan kepada keduanya, dia berkata: ‘Abdul-Wāḥid menceritakan kepada kami, dari ‘Urwah dari ‘Ā’isyah, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda dengan meriwayatkan dari Tuhannya: “Allah berfirman: “Barang siapa yang menyakiti wali-Ku, maka dia telah menghalalkan perang-Ku.” (22).

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوْبَ، حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ أَبِيْ مَرْيَمَ، حَدَّثَنَا نَافِعُ بْنُ يَزِيْدَ، حَدَّثَنِيْ عَيَّاشُ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ عِيْسَى بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: وَجَدَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَاعِدًا عِنْدَ قَبْرِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَبْكِيْ، فَقَالَ: مَا يُبْكِيْكَ? قَالَ: يُبْكِيْنِيْ شَيْءٌ سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «إِنَّ يَسِيْرَ الرِّيَاءِ شِرْكٌ، وَ إِنَّ مَنْ عَادَى أَوْلِيَاءَ اللهِ فَقَدْ بَارَزَ اللهَ بِالْمُحَارَبَةِ»

قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللهُ: وَ اعْلَمْ أَنَّ لِأَوْلِيَاءِ اللهِ تَعَالَى نُعُوْتًا ظَاهِرَةً، وَ أَعْلَامًا شَاهِرَةً، يَنْقَادُ لِمُوَالَاتِهِمُ الْعُقَلَاءُ وَ الصَّالِحُوْنَ، وَ يَغْبِطُهُمْ بِمَنْزِلَتِهِمُ الشُّهَدَاءُ وَ النَّبِيُّوْنَ.

  1. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Yaḥyā bin Ayyūb menceritakan kepada kami, Sa‘īd bin Abī Maryam menceritakan kepada kami, Nāfi‘ bin Yazīd menceritakan kepada kami, ‘Ayyāsy bin ‘Ayyāsy menceritakan kepada kami, dari ‘Īsā bin ‘Abd-ur-Raḥmān, dari Zaid bin Aslam, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Umar, dia berkata: ‘Umar bin Khaththāb mendapati Mu‘ādz bin Jabal r.a. duduk sambil menangis di samping makam Rasūlullāh s.a.w. Lalu ‘Umar bertanya: “Apa yang membuatmu menangis?” Dia menjawab: “Aku menangis karena teringat ucapan Rasūlullāh s.a.w. Aku mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sedikit riya’ itu sudah syirik. Dan barang siapa memusuhi wali-wali Allah, maka dia telah terang-terangan memerangi Allah.” (33)

Abū Nu‘aim berkata: Perlu diketahui bahwa para wali Allah itu memiliki sifat-sifat dan tanda-tanda yang nyata. Orang-orang yang berakal dan shaleh bersikap loyal kepada mereka dengan suka rela; para syuhada’ dan nabi pun iri dengan kedudukan mereka, sebagaimana dijelaskan dalam riwayat berikut:

وَ هُوَ مَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّائِغُ، حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ وَ عَاصِمُ بْنُ عَلِيٍّ، قَالَا: حَدَّثَنَا قَيْسُ بْنُ الرَّبِيْعِ، حَدَّثَنَا عُمَارَةُ بْنُ الْقَعْقَاعِ، عَنْ أَبِيْ زُرْعَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ جَرِيْرٍ، عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «إِنَّ مِنْ عِبَادِ اللهِ لَأُنَاسًا مَا هُمْ بِأَنْبِيَاءَ وَ لَا شُهَدَاءَ، يَغْبِطُهُمُ الْأَنْبِيَاءُ وَ الشُّهَدَاءُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِمَكَانِهِمْ مِنَ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ»، فَقَالَ رَجُلٌ: مَنْ هُمْ؟ وَ مَا أَعْمَالُهُمْ؟ لَعَلَّنَا نُحِبُّهُمْ، قَالَ: «قَوْمٌ يَتَحَابُّوْنَ بِرُوْحِ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ مِنْ غَيْرِ أَرْحَامٍ بَيْنَهُمْ، وَ لَا أَمْوَالَ يَتَعَاطَوْنَهَا بَيْنَهُمْ، وَ اللهِ إِنَّ وُجُوْهَهُمْ لَنُوْرٌ، وَ إِنَّهُمْ لَعَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُوْرٍ، لَا يَخَافُوْنَ إِذَا خَافَ النَّاسُ، وَ لَا يَحْزَنُوْنَ إِذَا حَزِنَ النَّاسُ»، ثُمَّ قَرَأَ: {أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَ لَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ} [يونس: 62] ” [ص: 6]

وَ مِنْ نُعُوْتِهِمْ: أَنَّهُمُ الْمُوَرِّثُوْنَ جُلَّاسَهُمْ كَامِلَ الذِّكْرِ، وَ الْمُفِيْدُوْنَ خِلَّانَهُمْ بِشَامِلِ الْبِرِّ

  1. Muḥammad bin Ja‘far bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, Ja‘far bin Muḥammad ash-Shā’igh menceritakan kepada kami, Mālik bin Ismā‘īl dan ‘Āshim bin ‘Alī menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Qais bin Rabī‘ menceritakan kepada kami, ‘Umarah bin Qa‘qā‘menceritakan kepada kami, dari Abū Zur‘ah, dari ‘Amr bin Jarīr, dari ‘Umar bin Khaththāb, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya di antara hamba-hamba Allah itu terdapat orang-orang yang bukan nabi dan bukan pula syuhada’, namun para nabi dan syuhada’ iri kepada mereka di hari Kiamat karena kedudukan mereka di hadapan Allah.” Seorang laki-laki bertanya: “Siapa mereka, dan apa amal mereka?” Barangkali kami bisa mencintai mereka.” Beliau menjawab: “Yaitu suatu kaum yang saling mencintai semata karena ruh Allah tanpa ada hubungan rahim di antara mereka dan bukan karena harta benda yang saling mereka berikan di antara. Demi Allah, wajah mereka benar-benar cahaya, dan sesungguhnya benar-benar di atas mimbar dari cahaya. Mereka tidak takut saat manusia takut, dan tidak pula bersedih hati saat manusia bersedih hati.”
    Kemudian beliau membaca firman Allah: “Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (Yūnus [10]: 62) (44).

Sedangkan sifat-sifat mereka yang lain adalah menularkan dzikir yang sempurna kepada kawan-kawan majelis mereka dan kebajikan yang luas kepada teman-teman dekat mereka.

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْأَبَّارُ، حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ خَارِجَةَ، حَدَّثَنَا رِشْدِيْنُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْوَلِيْدِ التُّجِيْبِيِّ، عَنْ أَبِيْ مَنْصُوْرٍ، مَوْلَى الْأَنْصَارِ، أَنَّهُ سَمِعَ عَمْرَو بْنَ الْجَمُوْحِ، يَقُوْلُ: إِنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: “قَالَ اللهُ عزَّ وَ جَلَّ: «إِنَّ أَوْلِيَائِيْ مِنْ عِبَادِيْ وَ أَحِبَّائِيْ مِنْ خَلْقِي الَّذِيْنَ يُذْكَرُوْنَ بِذِكْرِيْ، وَ أُذْكَرُ بِذِكْرِهِمْ»

  1. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Aḥmad bin ‘Alī al-Abbār menceritakan kepada kami, Haitsam bin Khārijah menceritakan kepada kami, Risydīn bin Sa‘d menceritakan kepada kami, dari ‘Abdullāh bin Walīd at-Tujībī, dari Abū Manshūr mantan sahaya sahabat-sahabat Anshār berkata, dia mendengar ‘Amr bin Jamūḥ berkata: bahwa dia mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Allah berfirman: “Sesungguhnya wali-waliKu dari hamba-hambaKu dan kekasih-kekasihKu dari makhluk-Ku adalah orang-orang yang berdzikir (mengingat) kepada-Ku lantaran Aku mengingatnya, dan Aku mengingatnya lantaran mereka berdzikir kepada-Ku.” (55).

Catatan:


  1. 1). H.R. al-Bukharī (Shaḥīḥ al-Bukhārī, pembahasan: Kelembutan Hati, 6502). 
  2. 2). Hadits ini dha‘īf.
    H.R. Aḥmad (Musnadu Aḥmad, 6/256).
    Al-Haitsamī (Majma‘-uz-Zawā’id, 2/247, 248) berkata: “Di dalam sanad-nya ada ‘Abd-ul-Wāḥid bin Qais bin ‘Urwah, yang dinilai tsiqah oleh Abū Zurā‘ah, Al-‘Ijlī, dan Ibnu Ma‘īn dalam salah satu dari dua riwayat; dan dinilai oleh selainnya. Sedangkan para periwayatnya yang lain adalah para periwayat shaḥīḥ.” 
  3. 3). Hadits in dha‘īf.
    H.R. Ibnu Mājah (Sunanu Ibni Mājah, pembahasan: Fitnah, 3989).
    Hadits ini dinilai dha‘īf oleh al-Albanī dalam Sunanu Ibni Mājah (penerbit: Maktabah al-Ma‘arif, Riyadh). 
  4. 4). Hadits ini shaḥīḥ.
    H.R. Abū Dāūd (Sunanu Abī Dāūd, pembahasan: Jual-beli, 3527); an-Nasā’ī (pembahasan: Tafsir, 11236); Ibnu Abid-Dunyā (al-Ikhwān, 5); Ibnu Ḥibbān (Iḥsān, 572).
    Hadits ini dinilai Shaḥīḥ oleh al-Albānī dalam kitab Sunanu Abī Dāūd (penerbit Maktabah al-Ma‘arif, Riyadh). 
  5. 5). Hadits ini dha‘īf.
    H.R. Aḥmad (Musnadu Aḥmad, 3/430).
    Dalam sanad-nya terdapat Risydīn bin Sa‘d yang dinilai dha‘īf. 

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *