0-1 Imam Ja’far – Fiqih Lima Madzhab

FIQIH LIMA MADZHAB
(Ja‘farī, Ḥanafī, Mālikī, Syāfi‘ī, Ḥanbalī)
(Judul Asli: Al-Fiqhu ‘Alal-Madzāhib-il-Khamsah)
Oleh: Muhammad Jawad Mughniyah.

Penerjemah: Masykur A.B., Afif Muhammad, Idrus al-Kaff.
Penerbit: PT LENTERA BASRITAMA

Rangkaian Pos: 000 Imam | Fiqih Lima Madzhab

IMĀM JA‘FAR

(80 – 148 H./699 – 765 M.)

 

Ja‘far ash-Shādiq adalah Ja‘far bin Muḥammad al-Bāqir bin ‘Alī Zain-ul-‘Ābidīn bin Ḥusain bin ‘Alī bin Abī Thālib, suami Fāthimah az-Zahrā’ binti Rasūlullāh Muḥammad s.a.w. Beliau dilahirkan pada tahun 80 Hijriyyah (699 M). Ibunya bernama Ummu Farwah binti al-Qāsim bin Muḥammad bin Abī Bakar ash-Shiddīq. Para beliaulah terdapat perpaduan darah Nabi s.a.w. dengan Abū Bakar ash-Shiddīq r.a.

Beliau berguru langsung dengan ayahnya – Muḥammad al-Bāqir – di sekolah ayahnya, yang banyak melahirkan tokoh-tokoh ulama besar Islam. Ja‘far ash-Shādiq adalah seorang ulama besar dalam banyak bidang ilmu, seperti ilmu filsafat, tashawwuf, fiqh, kimia dan ilmu kedokteran. Beliau adalah Imām yang keenam dari dua belas Imam (31) dalam madzhab Syī‘ah Imāmiyyah. Di kalangan kaum Shūfī beliau adalah guru dan Syaikh yang besar dan di kalangan ahli kimia beliau dianggap sebagai pelopor ilmu kimia. Di antaranya beliau menjadi guru Jābir bin Ḥayyam – ahli kimia dan kedokteran Islam. Dalam madzhab Syī‘ah, fiqih Ja‘farī-lah sebagai fiqih mereka, karena sebelum Ja‘far ash-Shādiq dan pada masanya tidak ada pereselisihan. Perselisihan dan perbedaan pendapat baru muncul setelah masa beliau.

Ahli Sunnah berpendapat bahwa Ja‘far ash-Shādiq adalah seorang mujtahid dalam ilmu fiqih, yang mana beliau sudah mencapai ketingkat ladunni, beliau dianggap sebagai Shūfī ahli Sunnah di kalangan syaikh-syaikh mereka yang besar, serta padanyalah tempat puncak pengetahuan dan darah Nabi s.a.w. yang suci.

Syahrastani mengatakan bahwa Ja‘far ash-Shādiq adalah seorang yang berpengetahuan luas dalam agama, mempunyai budi pekerti yang sempurna serta sangat bijaksana, zāhid dari keduniaan, jauh dari segala hawa nafsu.

Imām Abū Ḥanīfah berkata: “Saya tidak dapati orang yang lebih faqīh dari Ja‘far bin Muḥammad.” (42).

George Zaidan berkata: “Di antara muridnya adalah Abū Ḥanīfah (Wafat 150 H./767 M.), Mālik bin Anas (Wafat 179 H./795 M.) dan Wāsil bin ‘Athā’ (Wafat 181 H./797 M.)”. Abū Nu‘aim mengatakan bahwa di antara murid beliau juga ialah Muslim bin al-Ḥajjāj, perawi hadits shaḥīḥ yang masyhur. Bahkan riwayat lain mengatakan bahwa di Kūfah, sedikitnya ada 900 orang Syaikh belajar kepada beliau di masjid Kūfah.

Abū Zuhrah berkata: “Beliau (Ja‘far ash-Shādiq) berpandukan Kitāb Allah (al-Qur’ān), pengetahuan serta pandangan beliau sangat jelas, beliau mengeluarkan hukum-hukum fiqh dari nash-nashnya, beliau berpandukan kepada sunnah, sesungguhnya beliau tidak mengambil melainkan hadits riwayat Ahli Bait (Keluarga Nabi).”

Catatan:


  1. 3). 12 Imām: ‘Alī bin Abī Thālib; Ḥasan bin ‘Alī; Ḥusain bin ‘Alī; ‘Alī Zain-ul-‘Ābidīn; Muḥammad al-Bāqir; Ja‘far ash-Shādiq; Mūsā al-Kāzhim; ‘Alī Ridhā; Muḥammad al-Jawād; ‘Alī al-Hādī; Ḥasan al-‘Askarī; Mahdī al-Muntazhar. 
  2. 4). Tadzkirat-ul-Ḥuffāzh adz-Dzahabī, 1: 166. 

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *