skip to Main Content
Post Series: Mukaddimah - Hilyat-ul-Auliya' wa Thabaqat-ul-Ashfiya'
0-4 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ Wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

MUKADDIMAH (Bagian 4)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

 

Syaikh Abū Nu‘aim berkata: Tanda-tanda mereka yang lain adalah dengan keyakinan mereka gurun-gurun bisa merekah, dan dengan sumpah mereka samudera bisa terbelah, sebagaimana dijelaskan dalam riwayat berikut:

حَدَّثَنَا سَهْلُ بْنُ عَبْدِ اللهِ التُّسْتَرِيُّ، حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ رُشَيْدٍ، حَدَّثَنَا الْوَلِيْدُ بْنُ مُسْلِمٍ، حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيْعَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ هُبَيْرَةَ، عَنْ حَنَشٍ الصَّنْعَانِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ، أَنَّهُ قَرَأَ فِيْ أُذُنِ مُبْتَلًى فَأَفَاقَ، فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «مَا قَرَأْتَ فِيْ أُذُنِهِ؟» قَالَ: قَرَأْتُ: {أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا} [المؤمنون: 115] حَتَّى خَتَمَ السُّوْرَةَ , فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «لَوْ أَنَّ رَجُلًا مُوْقِنًا قَرَأَهَا عَلَى جَبَلٍ لَزَالَ»

11. Sahl bin ‘Abdullāh at-Tustarī menceritakan kepada kami, al-Ḥusain bin Isḥāq menceritakan kepada kami, Dāūd bin Rusyaid menceritakan kepada kami, Walīd bin Muslim menceritakan kepada kami, Ibnu Lahī‘ah menceritakan kepada kami, dari ‘Abdullāh bin Hubairah, dari Ḥanasy ash-Shan‘ānī, dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, pingsan lalu orang tersebut sadar. Lalu Rasūlullāh s.a.w. bertanya: “Apa yang engkau bacakan di telinganya?” Dia menjawab: “Aku membaca ayat: “Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja)?” (al-Mu’minūn [23]: 115) hingga akhir surat.” Lalu Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya seseorang yang yakin membacanya pada gunung, maka dia bisa menghilangkan gunung itu.” (91).

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ حَمْدَانَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَزِيْدَ الْكُوْفِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ، حَدَّثَنَا الصَّلْتُ بْنُ مَطَرٍ، عَنْ قُدَامَةَ بْنِ حَمَاظَةَ ابْنِ أُخْتِ سَهْمِ بْنِ مِنْجَابٍ، قَالَ: سَمِعْتُ سَهْمَ بْنَ مِنْجَابٍ، قَالَ: “غَزَوْنَا مَعَ الْعَلَاءِ بْنِ الْحَضْرَمِيِّ، فَسِرْنَا حَتَّى أَتَيْنَا دَارِيْنَ، وَ الْبَحْرُ بَيْنَنَا وَ بَيْنَهُمْ، فَقَالَ: «يَا عَلِيْمُ يَا حَلِيْمُ يَا عَلِيُّ يَا عَظِيْمُ إِنَّا عَبِيْدُكَ، وَ فِيْ سَبِيْلِكَ نُقَاتِلُ عَدُوَّكَ، اللهُمَّ [ص: 8] فَاجْعَلْ لَنَا إِلَيْهِمْ سَبِيْلًا» فَتَقَحَّمَ بِنَا الْبَحْرَ فَخُضْنَا مَا يَبْلُغُ لُبُوْدَنَا الْمَاءُ، فَخَرَجْنَا إِلَيْهِمْ “

12. Abū Bakar Aḥmad bin Ja‘far bin Ḥamdān menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Yazīd al-Kūfī menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Fudhail menceritakan kepada kami, Shalt bin Mathar menceritakan kepada kami, dari Qudāmah bin Ḥamāzhah bin Ukhtu Sahm bin Minjāb, dia berkata: Aku mendengar Sahm bin Minjāb berkata: Kami berperang bersama al-‘Alā’ bin al-Ḥadhramī. Kami berjalan hingga tiba di Dārīn. Kami dan musuh terpisah oleh laut. Kemudian dia berdoa: “Wahai Tuhan yang Maha Mengetahui, wahai Tuhan yang Maha Penyantun, wahai Tuhan yang Maha Tinggi, wahai Tuhan yang Maha Besar. Sesungguhnya kami adalah hamba-hambaMu, berada di jalan-Mu, sedang memerangi musuh-Mu. Ya Allah, berilah kami jalan menuju mereka.” Dia kemudian mengajak kami masuk laut, lalu kami menyelam tetapi airnya tidak sampai menyentuh sorban-sorban kami. Kemudian kami keluar dari laut menuju mereka.”

حَدَّثَنَا أَبُوْ حَامِدِ بْنُ جَبَلَةَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ الثَّقَفِيُّ، حَدَّثَنَا يَعْقُوْبُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، وَ الْوَلِيْدُ بْنُ شُجَاعٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ بَكْرٍ، عَنْ حَاتِمِ بْنِ أَبِيْ صَغِيْرَةَ، عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ قَالَ: “لَقَدْ رَأَيْتُ فِي الْعَلَاءِ بْنِ الْحَضْرَمِيِّ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ ثَلَاثَ خِصَالٍ، مَا مِنْهُنَّ خَصْلَةٌ إِلَّا وَ هِيَ أَعْجَبُ مِنْ صَاحِبَتِهَا: انْطَلَقْنَا نَسِيْرُ حَتَّى قَدِمْنَا الْبَحْرَيْنَ، وَ أَقْبَلْنَا نَسِيْرُ حَتَّى كُنَّا عَلَى شَطِّ الْبَحْرِ، فَقَالَ الْعَلَاءُ: سِيْرُوْا، فَأَتَى الْبَحْرُ فَضَرَبَ دَابَّتَهُ فَسَارَ وَ سِرْنَا مَعَهُ مَا يُجَاوِزُ رُكَبَ دَوَابِّنَا، فَلَمَّا رَآنَا ابْنُ مُكَعْبَرٍ عَامِلُ كِسْرَى قَالَ: لَا وَ اللهِ لَا نُقَاتِلُ هؤُلَاءِ، ثُمَّ قَعَدَ فِيْ سَفِيْنَةٍ فَلَحِقَ بِفَارِسَ “

قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللهُ: وَ مِنْهَا أَنَّهُمْ سُبَّاقُ الْأُمَمِ وَ الْقُرُوْنِ، وَ بِإِخْلَاصِهِمْ يُمْطَرُوْنَ وَ يُنْصَرُوْنَ

13. Abū Ḥāmid bin Jabalah menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Isḥāq ats-Tsaqafī menceritakan kepada kami, Ya‘qūb bin Ibrāhīm dan al-Walīd bin Syujā‘ menceritakan kepada kami, keduanya berkata: ‘Abdullāh bin Bakr menceritakan kepada kami, dari Ḥātim bin Abī Shaghīrah, dari Simāk bin Ḥarb, dari Abū Hurairah r.a., dia berkata: Aku melihat tiga kejadian pada al-‘Alā’ bin al-Ḥadhramī r.a. Tidak ada satu kejadian melainkan dia lebih mengagumkan dari sebelumnya. Kami berjalan hingga tiba di Baḥrain, lalu kami terus berjalan hingga tiba di pandai. Lalu al-‘Alā’ berkata: “Teruslah berjalan!” Kemudian dia masuk ke laut dan melecut hewan tunggangannya. Dia berjalan, lalu kami pun berjalan bersamanya, sedangkan air laut tidak sampai ke lutut hewan tunggangan kami. Ketika Ibnu Muka‘bar, gubernur Kisra melihat kami, dia berkata: “Tidak, demi Allah, kami tidak mau memerangi mereka.” Kemudian dia duduk di sebuah kapal dan menyusul pasukan Persia.

Syaikh (Abū Nu‘aim) berkata: Sifat-sifat mereka yang lain adalah mereka orang-orang yang unggul dari tiap-tiap umat dan generasi, dan mereka dikarunia hujan dan pertolongan berkat keikhlasan mereka, sebagaimana dijelaskan dalam riwayat berikut:

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ جَعْفَرٍ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ أَبِيْ مَرْيَمَ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوْبَ، عَنِ ابْنِ عَجْلَانَ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «لِكُلِّ قَرْنٍ مِنْ أُمَّتِيْ سَابِقُوْنَ»

14. ‘Abdullāh bin Ja‘far menceritakan kepada kami, Ismā‘īl bin ‘Abdullāh menceritakan kepada kami, Sa‘īd bin Abī Maryam menceritakan kepada kami, Yaḥyā bin Ayyūb menceritakan kepada kami, dari Ibnu ‘Ajlān, dari ‘Iyādh bin ‘Abdullāh, dari ‘Abdullāh bin ‘Umar, dari Nabi s.a.w. beliau bersabda: “Setiap generasi dari umatku memiliki sābiqūn (orang-orang terdepan dalam mengerjakan kebajikan).” (102).

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْخَزَرِ الطَّبْرَانِيُّ، حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ أَبِيْ زَيْدٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ هَارُوْنَ الصُّوْرِيُّ، حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «خِيَارُ أُمَّتِيْ فِيْ كُلِّ قَرْنٍ خَمْسُمِائَةٍ، وَ الْأَبْدَالُ أَرْبَعُوْنَ، فَلَا الْخَمْسُمِائَةٍ يَنْقُصُوْنَ وَ لَا الْأَرْبَعُوْنَ، كُلَّمَا مَاتَ رَجُلٌ أَبْدَلَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ مِنَ الْخَمْسِمِائَةِ مَكَانَهُ، وَ أَدْخَلَ مِنَ الْأَرْبَعِيْنَ مَكَانَهُمْ»، قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ دُلَّنَا عَلَى أَعْمَالِهِمْ. قَالَ: «يَعْفُوْنَ عَمَّنْ ظَلَمَهُمْ، وَ يُحْسِنُوْنَ إِلَى مَنْ أَسَاءَ إِلَيْهِمْ، وَ يَتَوَاسُوْنَ فِيْمَا آتَاهُمُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ»

15. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Khazar ath-Thabrānī menceritakan kepada kami, Sa‘īd bin Abī Zaid menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Hārūn ash-Shūrī menceritakan kepada kami, al-Auzā‘ī menceritakan kepada kami, dari az-Zuhrī, dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar r.a., dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Yang terbaik di antara umatku itu ada lima ratus di setiap generasi. Wali-wali abdal berjumlah empat puluh. Jumlah lima ratus itu tidak berkurang, dan tidak pula empat puluh. Setiap kali seseorang mati, maka Allah s.w.t. menggantinya dari yang lima ratus itu, dan memasukkan seseorang dari empat puluh itu kepada tempat mereka.” Para sahabat bertanya: “Ya Rasūlullāh, tunjukkanlah kepada kami amal-amal mereka.” Beliau menjawab: “Mereka memaafkan orang yang menzalimi mereka, berbuat baik kepada orang yang berbuat buruk kepada mereka, dan saling menghibur dalam ujian yang diberikan Allah kepada mereka.” (113).

Catatan:


  1.  9). Hadits ini dha‘īf. H.R. Khathīb al-Baghdādī (Tārīkh-ul-Baghdād, 2/313); dan Ibn-us-Sunnī (‘Amal-ul-Yaumi wal-Lailah, 631). Dalam sanad-nya terdapat Walīd bin Muslim yang suka memalsukan hadits, dan dia meriwayatkannya secara mu‘an‘an. Sedangkan Ibnu Lahī‘ah dha‘īf dari segi hafalannya. 
  2.  10). Hadits ini shaḥīḥ. H.R. As-Suyūthī (al-Jami‘-ush-Shaghīr, 7327), kemudian menisbatkannya kepada Abū Nu‘aim. As-Suyūthī berkata: “Hadits ini dha‘īf” Tetapi al-Albānī menilainya shaḥīḥ dalam Shaḥīḥ-ul-Jāmi‘ (no. 5172) dan Silsilat-ul-Aḥādīts-ish-Shaḥīḥah (2001). 
  3. 11). Hadits ini maudhū‘. H.R. Ibn-ul-Jauzī (al-Maudhū‘āt, 3/151). 

  • Diposting Pada: 5:52 AM 11/22/2017
  • Dalam Kategori: Sejarah
  • Terdiri Dari: 835 Kata
  • Dilihat: 11 Kali.
Back To Top