Hati Senang

0-15 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

Rangkaian Pos: Mukaddimah - Hilyat-ul-Auliya' wa Thabaqat-ul-Ashfiya'
  1. 1.0-1 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  2. 2.0-2 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  3. 3.0-3 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  4. 4.0-4 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  5. 5.0-5 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  6. 6.0-6 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  7. 7.0-7 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  8. 8.0-8 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  9. 9.0-9 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  10. 10.0-10 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  11. 11.0-11 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  12. 12.0-12 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  13. 13.0-13 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  14. 14.0-14 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’
  15. 15.Anda Sedang Membaca: 0-15 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْكِنَانِيُّ، ثَنَا أَبُو الْحَرِيْشِ الْكِلَابِيُّ، ثَنَا عَلِيُّ بْنُ يَزِيْدَ بْنِ بَهْرَامَ، ثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِيْ كَرِيْمَةَ، عَنْ أَبِيْ حَاجِبٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ غَنْمٍ، عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، أَنَّهُ قَالَ: «يَا مُعَاذُ إِنَّ الْمُؤْمِنَ لَدَى الْحَقِّ أَسِيْرٌ، يَعْلَمُ أَنَّ عَلَيْهِ رَقِيْبًا عَلَى سَمْعِهِ، وَ بَصَرِهِ، وَ لِسَانِهِ، وَ يَدِهِ، وَ رِجْلِهِ، وَ بَطْنِهِ، وَ فَرْجِهِ، حَتَّى اللَّمْحَةُ بِبَصَرِهِ، وَ فُتَاتُ الطِّيْنِ بِأُصْبُعِهِ، وَ كُحْلُ عَيْنَيْهِ، وَ جَمِيْعُ سَعْيِهِ، إِنَّ الْمُؤْمِنَ لَا يَأْمَنُ قَلْبَهُ، وَ لَا يُسْكِنُ رَوْعَتَهُ، وَ لَا يَأْمَنُ اضْطِرَابَهُ، يَتَوَقَّعُ الْمَوْتَ صَبَاحًا و مَسَاءً، فَالتَّقْوَى رَقِيْبُهُ، وَ الْقُرْآنُ دَلِيْلُهُ، وَ الْخَوْفُ حُجَّتُهُ، وَ الشَّرَفُ مَطِيَّتُهُ، وَ الْحَذَرُ قَرِيْنُهُ، وَ الْوَجَلُ شِعَارُهُ، وَ الصَّلَاةُ كَهْفُهُ، وَ الصِّيَامُ جَنَّتُهُ، وَ الصَّدَقَةُ فِكَاكُهُ، وَ الصِّدْقُ وَزِيْرُهُ، وَ الْحَيَاءُ أَمِيْرُهُ، وَ رَبُّهُ تَعَالَى مِنْ وَرَاءِ ذلِكَ كُلِّهِ بِالْمِرْصَادِ، يَا مُعَاذُ إِنَّ الْمُؤْمِنَ قَيْدُهُ الْقُرْآنُ عَنْ كَثِيْرٍ مِنْ هَوَى نَفْسِهِ وَ شَهَوَاتِهِ، وَ حَالَ بَيْنَهُ وَ بَيْنَ أَنْ [ص: 27] يَهْلِكَ فِيْمَا يَهْوَى بِإِذْنِ اللهِ، يَا مُعَاذُ إِنِّيْ أُحِبُّ لَكَ مَا أُحِبُّ لِنَفْسِيْ، وَ أَنْهَيْتُ إِلَيْكَ مَا أَنْهَى إِلَيَّ جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ، فَلَا أَعْرِفَنَّكَ تُوَافِيْنِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَ أَحَدٌ أَسْعَدُ بِمَا أَتَاكَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ مِنْكَ»

59. ‘Abbās bin Maḥammad al-Kinānī menceritakan kepada kami, Abū Ḥarīsy al-Kilābī menceritakan kepada kami, ‘Alī bin Yazīd bin Bahrām menceritakan kepada kami, ‘Abd-ul-Mālik bin Abī Karīmah menceritakan kepada kami, Abū Ḥājib, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Ghanam, dari Mu‘ādz bin Jabal, dari Nabi s.a.w. beliau bersabda: “Wahai Mu‘ādz! Sesungguhnya orang mukmin itu adalah tawanan bagi kebenaran. Dia tahu bahwa ada malaikat Raqib yang mengawasi pendengaran, penglihatan, lisan, tangan, kaki, perut dan kemaluannya, bahkan tatapannya yang sekilas, butir-butir tanah di tangannya, celak di kedua matanya, dan seluruh perbuatannya. Sesungguhnya orang mukmin itu hatinya tidak merasa aman, hatinya tidak pernah tenang, dan goncangannya tidak pernah diam. Dia mencemaskan kematian pagi dan petang. Jadi, takwa adalah pengawasnya, al-Qur’ān adalah dalilnya, rasa takut adalah hujjahnya, kemuliaan adalah kendaraannya, kehati-hatian adalah pendampingnya, kegentaran adalah syi‘arnya, shalat adalah goanya, puasa adalah perisainya, sedekah adalah penebusnya, sedekah adalah menterinya, rasa malu adalah amirnya. Rabbnya mengawasi semua itu. Wahai Mu‘ādz! Sesungguhnya orang mukmin itu dibelenggu oleh al-Qur’ān agar tidak menuruti kebanyakan hawa nafsu dan syahwatnya, dihalanginya agar tidak binasa dalam menuruti hasratnya dengan seizin Allah. Wahai Mu‘ādz! Sesungguhnya aku mencintaimu seperti aku mencintai diriku sendiri. Aku akan sampaikan kepadamu apa yang disampaikan Jibrīl a.s. kepadaku. Jangan sampai aku mengetahuimu menjumpaiku di Hari Kiamat, sedangkan ada seseorang yang lebih berbahagia dengan pemberian Allah daripada kamu.

حَدَّثَنَا أَبُوْ عَمْرِو بْنُ حَمْدَانَ، ثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ سُفْيَانَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ الْكَرِيْمِ، ثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْ عَبْدِ اللهِ الْقُشَيْرِيِّ، عَنْ أَبِيْ حَاجِبٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ، عَنْ مُعَاذٍ، وَ عَنْ غَالِبِ بْنِ شَهْرٍ، عَنْ مُعَاذٍ، وَ عَنْ مَكْحُوْلٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ غَنْمٍ، عَنْ مُعَاذٍ، بَلَغَ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «يَا مُعَاذُ»، فَذَكَرَ نَحْوَهُ

قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللهُ: حُبُّهُمْ لِلْحَقِّ، وَ فِي الْحَقِّ يُحْيِيْهِمْ وَ يُفْنِيْهِمْ، وَ عَمَّنْ سِوَاهُ مِنَ الْخَلْقِ يُلهِيْهِمْ وَ يُسْلِيْهِمْ

60. Abū ‘Amr bin Ḥamdān menceritakan kepada kami, al-Ḥusain bin Sufyān menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Yaḥyā bin ‘Abd-ul-Karīm menceritakan kepada kami, al-Ḥusain bin Muḥammad menceritakan kepada kami, dari Abū ‘Abdullāh al-Qusyairī, dari Abū Ḥājib, dari ‘Abd-ur-Raḥmān, dari Mu‘ādz, dari Ghālib bin Syahr, dari Mu‘ādz dan dari Makḥūl, dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Ghanam, dari Mu‘ādz, dia menyampaikannya dari Nabi s.a.w. bahwa beliau bersabda: “Wahai Mu‘ādz!” Kemudian dia menyebutkan hadits yang serupa.

Syaikh (Abū Nu‘aim) berkata: Kecintaan mereka adalah terhadap kebenaran. Dalam kebenaranlah Allah menghidupkan dan mematikan mereka. Dan dari selain Allah, yaitu para makhluk, Allah melalaikan mereka dan menghibur hati mereka.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ جَعْفَرٍ، ثَنَا يُوْنُسُ بْنُ حَبِيْبٍ، ثَنَا أَبُوْ دَاوُدَ، ثَنَا شُعْبَةُ، أَخْبَرَنِيْ قَتَادَةُ، قَالَ: سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ، يُحَدِّثُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: “ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلَاوَةَ الْإِيْمَانِ: مَنْ يَكُنِ اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا، وَ أَنْ يُقْذَفَ الرَّجُلُ فِي النَّارِ أَحَبُّ إِلَيْهِ مِنْ أَنْ يَرْجِعَ فِي الْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنْقَذَهُ اللهُ مِنْهُ، وَ أَنْ يُحِبَّ الرَّجُلُ الْعَبْدَ لَا يُحِبُّهُ إِلَّا للهِ – أَوْ قَالَ: فِي اللهِ – عَزَّ وَ جَلَّ ” شَكَّ أَبُوْ دَاوُدَ

61. ‘Abdullāh bin Ja‘far menceritakan kepada kami, Yūnus bin Ḥabīb menceritakan kepada kami, Abū Dāūd menceritakan kepada kami, Syu‘bah menceritakan kepada kami, Qatādah mengabariku, dia berkata: Aku mendengar Anas bin Mālik bercerita bahwa Nabi s.a.w. bersabda: “Ada tiga sifat yang barang siapa sifat-sifat tersebut ada padanya, maka dia merasakan kelezatan iman, yaitu: Allah dan Rasūl-Nya lebih dicintainya daripada selain keduanya; dilemparnya seseorang ke dalam api itu lebih disukainya daripada kembali kepada kekafiran setelah Allah menyelematkannya dari kekafiran; dan seseorang yang mencintai seorang hamba semata-mata karena Allah – atau beliau bersabda: di jalan Allah – s.w.t.” (301) Abū Dāūd ragu.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ حَمْدَانَ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِيْ، ثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ، ثَنَا أَيُّوْبُ، عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ، عَنْ أَنَسٍ، رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: “ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلَاوَةَ الْإِيْمَانِ: أَنْ يَكُوْنَ اللهُ تَعَالَى وَ رَسُوْلُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا، وَ أَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لَا يُحِبُّهُ إِلَّا للهِ عَزَّ وَ جَلَّ، وَ أَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُوْدَ فِي الْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنْقَذَهُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ مِنْهُ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ تُوْقَدَ لَهُ نَارٌ فَيَقْذَفُ فِيْهَا “

62. Aḥmad bin Ja‘far bin Ḥamdān menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, dia berkata: Ayahku menceritakan kepada ku, ‘Abd-ul-Wahhāb menceritakan kepada kami, Ayyūb menceritakan kepada kami, dari Abū Qilādah, dari Anas r.a., dari Nabi s.a.w. beliau bersabda: “Ada tiga sifat yang barang siapa memiliki sifat-sifat tersebut, maka dia merasakan kelezatan iman, yaitu: Allah dan Rasūl-Nya lebih dia cintai daripada selain keduanya; mencintai seorang hamba semata-mata karena Allah; dan benci kembali kepada kekafiran setelah Allah menyelamatkannya dari kekafiran sebagaimana dia benci sekiranya dinyalakan api untuknya lalu dia dilemparkan ke dalamnya.

قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللهُ: فَقَدْ ثَبَتَ بِمَا رُوِّيْنَا مِنْ حَدِيْثِ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ وَ غَيْرِهِ، أَنَّ التَّصَوُّفَ أَحْوَالٌ قَاهِرَةٌ، وَ أَخْلَاقٌ طَاهِرَةٌ، تَقْهَرُهُمُ الْأَحْوَالُ فُتَأْسِرُهُمْ، وَ يَسْتَعْمِلُوْنَ الْأَخْلَاقَ فَتُظْهِرُهُمْ، تَحْلُوْا بِخَالِصِ الْخِدْمَةِ، فَكُفُوْا طَوَارِقَ الْحَيْرَةِ، وَ عُصِمُوْا مِنَ الِانْقِطَاعِ وَ الْفَتْرَةِ، وَ لَا يَأْنَسُوْنَ إِلَّا بِهِ، وَ لَا يَسْتَرِيحُوْنَ إِلَّا إِلَيْهِ، فَهُمْ أَرْبَابُ الْقُلُوْبِ الْمُتَسَوِّرُوْنَ بِصَائِبِ فَرَاسَتِهِمْ عَلَى [ص: 28] الْغُيُوْبِ، الْمُرَاقِبُوْنَ لِلْمَحْبُوْبِ، التَّارِكُوْنَ لِلْمَسْلُوْبِ، الْمُحَارِبُوْنَ لِلْمَحْرُوْبِ، سَلَكُوْا مَسْلَكَ الصَّحَابَةِ وَ التَّابِعِيْنَ، وَ مَنْ نَحَى نَحْوَهُمْ مِنَ الْمُتَقَشِّفِيْنَ وَ الْمُتَحَقِّقِيْنَ الْعَالَمِيْنَ بِالْبَقَاءِ وَ الْفَنَاءِ، وَ الْمُمَيِّزِيْنَ بَيْنَ الْإِخْلَاصِ وَ الرِّيَاءِ، وَ الْعَارِفِيْنَ بِالْخَطْرَةِ وَ الْهِمَّةِ وَ الْعَزِيْمَةِ وَ النِّيَّةِ، وَ الْمُحَاسِبِيْنَ لِلضَّمَائِرِ، وَ الْمُحَافِظِيْنَ لِلسَّرَائِرِ الْمُخَالِفِيْنَ لِلنُّفُوْسِ، وَ الْمُحَاذِرِيْنَ مِنَ الْخُنُوْسِ بِدَائِمِ التَّفَكُّرِ وَ قَائِمِ التَّذَكُّرِ طَلَبًا لِلتَّدَانِيْ، وَ هَرَبًا مِنَ التَّوَانِيْ، وَ لَا يَسْتَهِيْنُ بِحُرْمَتِهِمْ إِلَّا مَارِقٌ، وَ لَا يَدَّعِيْ أَحْوَالَهُمْ إِلَّا مَائِقٌ، وَ لَا يَعْتَقِدُ عَقِيْدَتَهُمْ إِلَّا فَائِقٌ، وَ لَا يَحِنُّ إِلَى مُوَالَاتِهِمْ إِلَّا تَائِقٌ فَهُمْ سُرُجُ الْآفَاقِ، وَ الْمَمْدُوْدُ إِلَى رُؤْيَتِهِمْ بِالْأَعْنَاقِ، بِهِمْ نَقْتَدِي وَ إِيَّاهُمْ نُوَالِيْ إِلَى يَوْمِ التَّلَاقِ قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللهُ: بَدَأْنَا بِذِكْرِ مَنِ اشْتُهِرَ مِنَ الصَّحَابَةِ بِحَالٍ مِنَ الْأَحْوَالِ، وَ حُفِظَ عَنْهُ حَمِيْدُ الْأَفْعَالِ، وَ عُصِمَ مِنَ الْفُتُوْرِ، وَ الْإِكْسَالِ، وَ فُصِّلَ لَهُ الْعُهُوْدُ وَالْحِبَالُ , وَلَمْ يَقْطَعْهُ سَآمَةٌ وَ لَا مَلَالٌ، فَمِنَ الْمُهَاجِرِيْنَ أَوَّلُهُمْ

Syaikh (Abū Nu‘aim) berkata: Berdasarkan riwayat kami dari hadits Mu‘ādz bin Jabal dan lainnya, bisa dipastikan bahwa tashawwuf merupakan kondisi-kondisi spiritual yang kuat dan akhlak yang suci. Mereka terkuasai oleh kondisi-kondisi spiritual itu sehingga tertawan olehnya. Mereka memfungsikan akhlak sehingga akhlak itu mensucikan mereka. Mereka memberikan pengabdian yang ikhlas sehingga terjaga dari hantaman-hantaman kebimbangan, terlindung dari terputusnya hubungan spiritual dan kejemuan. Mereka tidak merasa betah kecuali dengan Allah, dan tidak merasa rileks kecuali saat kembali kepada Allah. Mereka adalah para pemilik hati yang bersih, firasat yang benar terhadap perkara-perkara ghaib, senantiasa merasa diawasi oleh Sang Kekasih, meninggalkan apa yang diambil dari tangan mereka, memerangi apa yang diperangi-Nya. Mereka menempuh jalan para sahabat dan tabi‘in, serta orang-orang yang searah dengan mereka dari golongan orang-orang yang kumal dan ahli hakikat, yang mengetahui keabadian dan kefanaan, yang bisa memilah antara ikhlas dan riya’, yang mengetahui bersitan hati, tekad, keteguhan dan niat, yang senantiasa mengintrospeksi hati, yang selalu menjaga sanubari, yang selalu melawan nafsu, yang terus waspada terhadap bisikan-bisikan setan dengan tafakkur dan dzikir tiada henti, untuk mengupayakan kedekatan yang semakin dekat, menghindari sikap berlambat-lambat. Tidak ada yang merendahkan kehormatan mereka selain orang yang bejad, tidak ada yang menuduh kondisi spiritual mereka selain orang yang enggan terhadap kebenaran, tidak ada yang meyakini akidah mereka selain orang yang unggul, dan tidak ada yang condong kepada muwalah (loyalitas) terhadap mereka selain orang yang berhasrat terhadap kebenaran. Mereka adalah cahaya yang ada di cakrawala, yang menjadi obyek perhatian kita. Kepada merekalah kita berteladan, dan kepada merekalah kita bersikap loyal hingga hari perjumpaan.

Syaikh (Abū Nu‘aim) berkata: Kami memulai dari kalangan sahabat yang masyhur dengan kondisi spiritualnya, yang terekam jejak perbuatan mulia mereka, yang terjaga dari kejenuhan dan kemalasan, yang disambungkan perjanjian dan talinya, tidak terputus oleh kejemuan dan kebosanan. Di antara golongan Muhājirīn yang awal adalah:

 

Catatan:


  1. 30). H.R. al-Bukhārī (Shaḥīḥ-ul-Bukhārī, pembahasan: Peperangan, 4454) dan al-Baihaqī (as-Sunan-ul-Kubrā, 7/215, 216). 
Bagikan ('Amal Jāriyah):
Langganan buletin Hati Senang

Masukkan email Anda untuk mengetahui tentang artikel terbaru di hatisenang.com

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas