0-14 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

Rangkaian Pos: Mukaddimah - Hilyat-ul-Auliya' wa Thabaqat-ul-Ashfiya'

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ خَلَّادٍ، ثَنَا الْحَارِثُ بْنُ أَبِيْ أُسَامَةَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ الْوَاقِدِيُّ، ثَنَا بُكَيْرُ بْنُ مِسْمَارٍ، عَنْ عَامِرِ [ص: 25] بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِيْ وَقَّاصٍ، سَمِعَهُ يُخْبِرُ، عَنْ أَبِيْهِ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ التَّقِيَّ الْغَنِيَّ الْخَفِيَّ»

54. Abū Bakar bin Khallād menceritakan kepada kami, al-Ḥārits bin Abī Usāmah menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Umar al-Wāqidī menceritakan kepada kami, Bukair bin Mismar menceritakan kepada kami, dari ‘Āmir bin Sa‘d bin Abī Waqqāsh, bahwa Bukair mendengarnya mengabarkan dari ayahnya, dia berkata: Aku mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang bertakwa lagi kaya lagi tersembunyi kebaikannya.” (251).

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ مَالِكٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، ثَنَا سُفْيَانُ بْنُ وَكِيْعٍ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ رَجَاءٍ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنِ ابْنِ أَبِيْ مُلَيْكَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «أَحَبُّ شَيْءٍ إِلَى اللهِ تَعَالَى الْغُرَبَاءُ»، قِيْلَ: وَ مَنِ الْغُرَبَاءُ؟ قَالَ: «الْفَرَّارُوْنَ بِدِيْنِهِمْ، يَبْعَثُهُمُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَعَ عِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ»

55. Abū Bakar bin Mālik menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal menceritakan kepada kami, Sufyān bin Wakī‘ menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Rajā’ menceritakan kepada kami, dari Ibnu Juraij, dari Ibnu Abī Mulaikah, dari ‘Abdullāh bin ‘Amr, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Yang paling dicintai Allah adalah ghurabā’.” Ada yang bertanya: “Siapa itu ghurabā’?” Beliau menjawab: “Orang-orang yang lari menyelamatkan agama mereka. Allah membangkitkan mereka di Hari Kiamat bersama ‘Isa putra Maryam.” (262).

حَدَّثَنَا أَبُوْ غَانِمٍ سَهْلُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ الْفَقِيْهُ الْوَاسِطِيُّ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْحَسَنِ، ثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ وَهْبٍ، ثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ يَزِيْدَ، ثَنَا أَبُوْ عَوَانَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِيْ وَائِلٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ، قَالَ: «إِذَا أَحَبَّ اللهُ عَبْدًا اقْتَنَاهُ لِنَفْسِهِ، وَ لَمْ يَشْغَلْهُ بِزَوْجَةٍ وَ لَا وَلَدٍ»

56. Abū Ghānim Sahl bin Ismā‘īl al-Faqīh al-Wāsithī menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin al-Ḥasan menceritakan kepada kami, Isḥāq bin Wahb menceritakan kepada kami, ‘Abd-ul-Mālik bin Yazīd menceritakan kepada kami, Abū ‘Awānah menceritakan kepada kami, dari al-A‘masy, dari Abū Wā’il, dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, dia berkata: “Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Allah memonopoli dirinya dan tidak menyibukkannya dengan urusan istri dan tidak pula anak.

وَ قَالَ ابْنُ مَسْعُوْدٍ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «يَأْتِيْ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يَسْلَمُ لِذِيْ دِيْنٍ دِيْنُهُ إِلَّا رَجُلٌ يَفِرُّ بِدِيْنِهِ مِنْ قَرْيَةٍ إِلَى قَرْيَةٍ، وَ مِنْ شَاهِقٍ إِلَى شَاهِقٍ، وَ مِنْ جُحْرٍ إِلَى جُحْرٍ»

Ibnu Mas‘ūd berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Akan datang satu masa kepada manusia di mana orang yang beragama tidak selamat agamanya kecuali seseorang yang membawa lari agamanya dari desa ke desa, dari gunung ke gunung, dan dari batu ke batu.” (273).

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا عَبَّاسُ بْنُ الْفَضْلِ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَائِشَةَ، قَالَ: ثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ مُسْلِمٍ الْقَسْمَلِيُّ، عَنْ لَيْثٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ زَحْرٍ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ يَزِيْدَ، عَنِ الْقَاسِمِ، عَنْ أَبِيْ أُمَامَةَ، عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ مِنْ أَغْبَطِ أَوْلِيَائِيْ عِنْدَنَا مُؤْمِنًا خَفِيْفَ الْحَاذِ ذَا حَظٍّ مِنْ صَلَاةٍ وَ صِيَامٍ، أَحْسَنَ عِبَادَةَ رَبِّهِ، وَ أَطَاعَهُ فِيْ سِرَّهِ، وَ كَانَ غَامِضًا فِي النَّاسِ لَا يُشَارُ إِلَيْهِ بِالْأَصَابِعِ، وَ كَانَتْ مَعِيْشَتُهُ كَفَافًا، وَ صَبَرَ عَلَى ذلِكَ فَعُجِّلَتْ مَنِيَّتُهُ، وَ قَلَّتْ بَوَاكِيْهِ، وَ قَلَّ تُرَاثُهُ»

قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللهُ: لَهُمُ الْأَحْوَالُ الشَّرِيْفَةُ، وَ الْأَخْلَاقُ اللَّطِيْفَةُ، مَقَامُهُمْ مَنِيْفٌ، وَ سُؤَالُهُمْ ظَرِيْفٌ

57. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, ‘Abbās bin Fadhl menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Muḥammad bin ‘Ā’isyah, dia berkata: ‘Abd-ul-‘Azīz bin Muslim al-Qasmalī menceritakan kepada kami, dari Laits, dari ‘Ubaidullāh bin Zahr, dari ‘Alī bin Yazīd, dari Qāsim dari Abū Umāmah, dari Rasūlullāh s.a.w., beliau bersabda: “Sesungguhnya di antara wali-wali Allah yang paling aku cemburui adalah seorang mukmin yang ringan beban hidupnya (sedikit harta dan keluarga), banyak mengerjakan shalat dan puasa, membaguskan ibadah kepada Tuhannya, menaati-Nya secara sembunyi-sembunyi. Keberadaannya di tengah manusia tidak mencolok, tidak menjadi perhatian. Dan kehidupannya pun secukupnya, dan dia sabar terhadapnya. Kematiannya cepat datang, sedikit orang yang meratapinya, dan sedikit pula warisannya.” (284).

Syaikh (Abū Nu‘aim) berkata: Mereka memiliki keadaan-keadaan yang mulia dan akhlak yang halus. Maqam mereka tinggi, dan permohonan mereka sangat indah.

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ بَرَّةَ الصَّنْعَانِيُّ، ثَنَا هِشَامُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ أَبُو الْوَلِيْدِ الْمَخْزُوْمِيُّ، ثَنَا مُوْسَى بْنُ جَعْفَرِ بْنِ أَبِيْ كَثِيْرٍ، عَنْ عَبْدِ الْقُدُّوْسِ بْنِ حَبِيْبٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لَهُ: «يَا غُلَامُ أَلَا أَحْبُوْكَ، أَلَا أَنْحِلُكَ، أَلَا أُعْطِيْكَ؟»، قَالَ: قُلْتُ: بَلَى، بِأَبِيْ أَنْتَ وَ أُمِّيْ يَا رَسُوْلَ اللهِ، قَالَ [ص: 26] : فَظَنَنْتُ أَنَّهُ سَيَقْطَعُ لِيْ قِطْعَةَ مِنْ مَالٍ، فَقَالَ:” أَرْبَعٌ تُصَلِّيْهِنَّ فِيْ كُلِّ يَوْمٍ وَ لَيْلَةٍ ، فَتَقْرَأُ أُمَّ الْقُرْآنَ وَ سُوْرَةً، ثُمَّ تَقُوْلُ: سُبْحَانَ اللهِ، وَ الْحَمْدُ للهِ، وَ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ، وَ اللهُ أَكْبَرُ، خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً، ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُوْلُهَا عَشْرًا، ثُمَّ تَرْفَعُ فَتَقُوْلُهَا عَشْرًا، ثُمَّ تَفْعَلُ فِيْ صَلَاتِكَ كُلِّهَا مِثْلَ ذلِكَ، فَإِذَا فَرَغْتَ قُلْتَ بَعْدَ التَّشَهُّدِ وَ قَبْلَ التَّسْلِيْمِ: اللهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ الْهُدَى، وَ أَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِيْنِ، وَ مُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ، وَ عَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ، وَ جَدَّ أَهْلِ الْخَشْيَةِ، وَ طِلْبَةَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ، وَ تَعَبُّدَ أَهْلِ الْوَرَعِ، وَ عِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَكَ، اللهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِيْ عَنْ مَعَاصِيْكَ، وَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ، وَ حَتَّى أُنَاصِحَكَ فِي التَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ، وَ حَتَّى أُخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ، وَ حَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُوْرِ حَسَنَ الظَّنِّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّوْرِ، فَإِذَا فَعَلْتَ ذلِكَ يَا ابْنَ عَبَّاسٍ غَفَرَ اللهُ لَكَ ذُنُوْبَكَ، صَغِيْرَهَا وَ كَبِيْرَهَا، قَدِيْمَهَا وَ حَدِيْثَهَا، سِرَّهَا وَ عَلَانِيَتَهَا، وَ عَمْدَهَا وَ خَطَأَهَا” قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللهُ: هُمُ السُّفَرَاءُ إِلَى الْخَلْقِ، وَ الْأُسَرَاءَ لَدَى الْحَقِّ، أَزْعَجَهُمُ الْفَرَقُ، وَ هَيَّمَهُمُ الْقَلَقُ

58. Sulaimān bin Aḥmad menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Aḥmad bin Barrah ash-Shan‘ānī menceritakan kepada kami, Hisyām bin Ibrāhīm Abū Walīd al-Makhzūmī menceritakan kepada kami, Mūsā bin Ja‘far bin Abī Katsīr menceritakan kepada kami, dari ‘Abd-ul-Quddūs bin Ḥabīb, dari Mujāhid, dari Ibnu ‘Abbās r.a., bahwa Rasūlullāh s.a.w. bersabda kepadanya: “Nak! Maukah kamu kusantuni? Maukah kamu kuhadiahi? Maukah kamu kuberi? Ibnu ‘Abbās berkata: Aku menjawab: “Mau, demi ayah dan ibuku, ya Rasūlullāh” Ibnu ‘Abbās berkata: Lalu aku mengira bahwa beliau akan mengalokasikan sejumlah harta untukku. Kemudian beliau bersabda: “Shalatlah empat rakaat dalam sehari semalam dengan membaca Umm-ul-Qur’ān dan suatu surah, kemudian bacalah “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar” sebanyak lima belas kali. Kemudian rukuklah dengan membaca kalimat tersebut sebanyak sepuluh kali. Kemudian bangkitlah dan bacalah kalimat itu sebanyak sepuluh kali. Kemudian, lakukan seperti itu dalam semua shalatmu. Setelah selesai, bacalah sesudah tasyahhud dan sebelum salam, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu taufiq seperti taufiqnya orang-orang yang mendapat hidayah, amal seperti amalnya orang-orang yang yakin, hati yang ternasihati seperti orang-orang yang bertobat, keteguhan seperti keteguhan orang-orang yang takut, permohonan seperti orang-orang yang berpengharapan, ibadahnya orang-orang yang wara‘, ma‘rifat ulama, agar aku takut kepada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu rasa takut yang menghalangiku dari berbuat maksiat kepada-Mu, dan agar aku berbuat taat kepada-Mu sehingga aku pantas mendapatkan ridha-Mu, dan agar aku tulus bertobat kepada-Mu lantaran takut kepada-Mu, agar aku mengikhlaskan ketulusan kepada-Mu lantaran cinta kepada-Mu, dan agar aku bertawakkal kepada-Mu dalam berbagai perkara karena berbaik sangka kepada-Mu. Maha Suci Pencipta cahaya”. Apabila kamu melakukan hal itu, wahai Ibnu ‘Abbās, maka Allah akan mengampuni dosamu, baik yang kecil atau yang besar, baik yang dahulu atau yang baru, baik yang rahasia atau yang terang-terangan, dan baik yang sengaja atau yang keliru.” (295).

Syaikh (Abū Nu‘aim) berkata: Mereka adalah delegasi bagi makhluk dan tawanan bagi kebenaran. Mereka terjengkelkan oleh putusnya hubungan spiritual dan diliputi oleh kecemasan.

Catatan:


  1. 25). H.R. Muslim (Shaḥīḥu Muslim, pembahasan: Zuhud, 2965). 
  2. 26). Hadits ini ḥasan. H.R. Aḥmad (az-Zuhd, 149) dan al-Baihaqī (az-Zuhd, 206). 
  3. 27). Hadits ini shaḥīḥ. H.R. al-Baihaqī (az-Zuhdu, 436). 
  4. 28). Hadits ini dha‘īf. H.R. at-Tirmidzī (Sunan-ut-Tirmidzī, pembahasan: Zuhud, 2347); Ibnu Mājah (Sunanu Ibni Mājah, pembahasan: Zuhud, 4117); dan Aḥmad (Musnadu Aḥmad, 5/255). Hadits ini dinilai dha‘īf oleh al-Albānī dalam kitab-kitab takhrīj-nya. 
  5. 29). Hadits ini shaḥīḥ. H.R. Abū Dāūd (Sunanu Abī Dāūd, pembahasan: Shalat, 1297); Ibnu Mājah (Sunanu Ibni Mājah, pembahasan: Mendirikan Shalat, 1387); Ath-Thabrānī (al-Mu‘jam-ul-Kabīr, 11922). Hadits ini dinilai shaḥīḥ oleh al-Albānī dalam kitab as-Sunanu Abī Dāūd dan Sunanu Ibni Mājah