0-11 Mukaddimah – Hilyat-ul-Auliya’ wa Thabaqat-ul-Ashfiya’

حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Ḥilyat-ul-Auliyā’i wa Thabaqāt-ul-Ashfiyā’
(Perhiasan para Wali dan Tingkatan-tingkatan Orang-orang yang Suci.)

Oleh: Al-Imam Abu Nu’aim al-Ashfahani r.h.

Rangkaian Pos: Mukaddimah - Hilyat-ul-Auliya' wa Thabaqat-ul-Ashfiya'

قَالَ الشَّيْخُ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى: وَ إِنْ أُخِذَ مِنَ الصُّوْفِ الْمَعْرُوْفِ، فَهُوَ لِاخْتِيَارِهِمْ لِبَاسَ الصُّوْفِ، إِذْ لَا كُلْفَةَ لِلْآدَمِيِّيْنَ فِيْ إِنْبَاتِهِ وَ إِنْشَائِهِ، وَ إِنَّ النُّفُوْسَ الشَّارِدَةَ تُذَلَّلَ بِلِبَاسِ الصُّوْفِ، وَ تُكْسَرُ نَخْوَتُهَا وَ تَكَبُّرُهَا بِهِ، لِتَلْتَزِمَ الْمَذِلَّةَ وَ الْمَهَانَةَ، وَ تَعْتَادَ الْبُلْغَةَ وَ الْقَنَاعَةَ. وَ قَدْ ذَكَرْنَا شَوَاهِدَهُ فِيْ كِتَابِ لُبْسِ الصُّوْفِ مُجَوَّدًا. وَ قَدْ كَثُرَتْ أَجْوِبَةُ أَهْلِ الْإِشَارَةِ فِيْ مَائِيَّتِهِ بِأَنْوَاعٍ مِنَ الْعِبَارَةِ، وَ جَمَعْنَاهَا فِيْ غَيْرِ هذَا الْكِتَابِ، وَ أَقْرَبُ مَا أَذْكُرُهُ مَا

Syaikh (Abu Nu‘aim) berkata: Apabila kata tashawwuf diambil dari kata shuf yang berarti wol, maka itu karena mereka memilih pakaian yang terbuat dari wol karena manusia tidak perlu bersusah payah untuk mengadakannya. Jiwa-jiwa yang merana akan merasa rendah saat memakai pakaian wol, merasa patah dengan kekerasannya. Mereka memilih pakaian wol supaya tetap dalam keadaan rendah diri dan terbiasa dengan kehidupan yang seadanya dan qana‘ah. Kami telah menyebutkan riwayat-riwayat yang menguatkan makna ini dalam kitab tentang wol. Ada banyak jawaban dari para ahli bahasa dengan berbagai macam ungkapan, dan kami telah menghimpunnya di selain kitab ini. Berikut ini adalah riwayat yang paling mungkin untuk saya sampaikan:

حُدِّثْتُ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ الصَّادِقِ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ، أَنَّهُ قَالَ: «مَنْ عَاشَ فِيْ ظَاهِرِ الرَّسُوْلِ فَهُوَ سُنِّيٌّ، وَ مَنْ عَاشَ فِيْ بَاطِنِ الرَّسُوْلِ فَهُوَ صُوْفِيٌّ». وَ أَرَادَ جَعْفَرٌ بِبَاطِنِ الرَّسُوْلِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَخْلَاقَهُ [ص: 21] الطَّاهِرَةِ، وَ اخْتِيَارَهُ لِلْآخِرَةِ، فَمَنْ تَخَلَّقَ بِأَخْلَاقِ الرَّسُوْلِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، وَ تَخَيَّرَ مَا اخْتَارَهُ، وَ رَغِبَ فِيْمَا فِيْهِ رَغِبَ، وَ تَنَكَّبَ عَمَّا عَنْهُ نَكَبَ، وَ أَخَذَ بِمَا إِلَيْهِ نَدَبَ، فَقَدْ صَفَا مِنَ الْكَدَرِ، وَ نُحِّيَ مِنَ الْعَكَرِ، وَ نُجِّيَ مِنَ الْغِيَرِ، وَ مَنْ عَدَلَ عَنْ سَمْتِهِ وَ نَهْجِهِ، وَ عَوَّلَ عَلَى حُكْمِ نَفْسِهِ وَ هَرَجِهِ، وَ سَعَى لِبَطْنِهِ وَ فَرْجِهِ، كَانَ مِنَ التَّصَوُّفِ خَالِيًا، وَ فِي التَّجَاهُلِ سَاعِيًا، وَ عَنْ خَطِيْرِ الْأَحْوَالِ سَاهِيًا

41. Aku diceritakan oleh Ja‘far bin Muḥammad ash-Shādiq r.a. bahwa dia berkata: “Barang siapa yang hidup dengan mengikuti aspek lahiriah Rasūlullāh s.a.w., maka dia seorang sunnī. Dan barang siapa yang hidup dengan mengikuti aspek batiniah dari Rasūl s.a.w., maka dia adalah seorang shūfī.” Yang dimaksud Ja‘far dengan aspek batiniah Rasūlullāh s.a.w. adalah akhlak beliau yang suci dan pilihan beliau terhadap akhirat. Barang siapa yang mengikuti akhlak Rasūl s.a.w., memilih apa yang beliau pilih, mencintai apa yang beliau cintai, dan menghindari apa yang beliau hindari, mengambil apa yang beliau serukan, maka dia telah jernih dari kekurangan, terhindar dari lumpur, selamat dari debu. Dan barang siapa yang menjauhi karakter dan jalan hidup Rasūlullāh s.a.w., bersandar pada aturan nafsunya, berbuat demi perut dan kemaluannya, maka dirinya telah kosong tashawwuf, memeras tenaga dalam kebodohan, dan lalai akan keadaan yang berbahaya.

حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ خَلَّادٍ، ثَنَا الْحَارِثُ بْنُ أَبِيْ أُسَامَةَ، ثَنَا دَاوُدُ بْنُ الْمُحَبَّرِ، ثَنَا نَصْرُ بْنُ طَرِيْفٍ، عَنْ مَنْصُوْرِ بْنِ الْمُعْتَمِرِ، عَنْ أَبِيْ وَائِلٍ، عَنْ سُوَيْدِ بْنِ غَفَلَةَ، أَنَّ أَبَا بَكْرٍ الصِّدِّيْقَ، رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ خَرَجَ ذَاتَ يَوْمٍ فَاسْتَقْبَلَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ لَهُ: بِمَ بُعِثْتَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: «بِالْعَقْلِ»، قَالَ: فَكَيْفَ لَنَا بِالْعَقْلِ؟ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «إِنَّ الْعَقْلَ لَا غَايَةَ لَهُ، وَ لكِنْ مَنْ أَحَلَّ حَلَالَ اللهِ وَ حَرَّمَ حَرَامَهُ سُمِّيَ عَاقِلًا، فَإِنِ اجْتَهَدَ بَعْدَ ذلِكَ سُمِّيَ عَابِدًا، فَإِنِ اجْتَهَدَ بَعْدَ ذلِكَ سُمِّيَ جَوَادًا، فَمَنِ اجْتَهَدَ فِي الْعِبَادَةِ وَ سَمَحَ فِيْ نَوَائِبِ الْمَعْرُوْفِ بِلَا حَظٍّ مِنْ عَقْلٍ يَدُلُّهُ عَلَى اتِّبَاعِ أَمْرِ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ، وَ اجْتِنَابِ مَا نَهَى الله عَنْهُ فَأُولئِكَ هُمُ الْأَخْسَرُوْنَ أَعْمَالًا، الَّذِيْنَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَ هُمْ يَحْسَبُوْنَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُوْنَ صُنْعًا»

42. Abū Bakar bin Khallād menceritakan kepada kami, al-Ḥārits bin Abī Usāmah menceritakan kepada kami, Dāūd bin Muḥabbar menceritakan kepada kami, Nashr bin Tharīf menceritakan kepada kami, dari Manshūr bin Mu‘tamir, dari Abū Wā’il, dari Suwaid bin Ghafalah, bahwa Abū Bakar ash-Shiddīq r.a. pada suatu hari keluar rumah, lalu dia disambut oleh Nabi s.a.w. Abu Bakar bertanya kepada beliau: “Dengan apa kamu diutus, ya Rasūlullāh?” Beliau menjawab: “Dengan akal.” Abū Bakar berkata: “Apa yang kami perbuat dengan akal?” Nabi s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya akal itu tidak memiliki batasan. Akan tetapi, barang siapa menghalalkan kehalalan Allah dan mengharamkan keharaman-Nya, maka dia telah disebut orang yang berakal. Dan apabila dia berijtihad sesudah itu, maka dia disebut jawwād (orang yang berbakti). Barang siapa yang berijtihad dalam ibadah dan berlonggar-longgar dalam berbuat kebaikan tanpa ada dukungan sedikit dari akal yang menunjukkannya untuk mengikuti perintah Allah dan menjauhi larangan Allah, maka mereka itulah orang-orang yang paling merugi amalnya. Yaitu orang-orang yang sia-sia usaha mereka di kehidupan dunia, sementara mereka mengira bahwa mereka telah berbuat kebaikan.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِمْرَانَ بْنِ الْجُنَيْدِ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِكَ، ثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ عِيْسَى، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: “قَسَّمَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ الْعَقْلَ عَلَى ثَلَاثَةِ أَجْزَاءَ، فَمَنْ كُنَّ فِيْهِ كَمُلَ عَقْلُهُ، وَ مَنْ لَمْ يَكُنَّ فِيْهِ فَلَا عَقْلَ لَهُ: حُسْنُ الْمَعْرِفَةِ بِاللهِ عَزَّ وَ جَلَّ، وَ حُسْنُ الطَّاعَةِ للهِ عَزَّ وَ جَلَّ، وَ حُسْنُ الصَّبْرِ عَلَى مَا أَمَرَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ”

43. ‘Abdullāh bin Muḥammad bin Ja‘far menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Imrān bin Junaid menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Abdik menceritakan kepada kami, Sulaimān bin ‘Īsā menceritakan kepada kami, dari Ibnu Juraij, dari ‘Athā’, dari Abū Sa‘īd al-Khudrī, dia berkata: Aku mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Allah membagi akal menjadi tiga bagian. Barang siapa yang ketiga akal itu ada pada dirinya, maka sempurnalah akalnya. Dan barang siapa ketiga bagian akal itu tidak ada pada dirinya, maka dia tidak punya akal. Ketiga akal dimaksud adalah mengenal Allah dengan baik, berbuat taat kepada Allah dengan baik, dan bersabar terhadap perintah Allah dengan baik.” (221)

Catatan:


  1. 22). Hadits ini maudhū‘. H.R. Ibn-ul-Jauzī (1/172, 173). Dia berkata: “Ini bukan ucapan Rasūlullāh s.a.w.” Abū Ḥātim ar-Rāzī berkata: “Sulaimān bin ‘Īsā adalah pendusta.” Ibnu ‘Adī berkata: “Dia suka memalsukan hadits.” 

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *