Shahih Bukhari no.129 s.d 131 : Cara Bertanya Dalam Majelis Ilmu Dan Cara Nabi S.A.W Menjawab

Dari Kitab:
Sahīh al-Bukhārī
Oleh: Abū ‘Abd Allāh Muhammad ibn Ismā‘īl ibn Ibrāhīm ibn al-Mughīrah ibn Bardizbah al-Ju‘fī al-Bukhārī

Rangkaian Pos: Shahih Bukhari Kitab 3 (Kitab Ilmu)

91 (92). Orang Yang Malu Bertanya Lalu Menyuruh Orang Lain Untuk Bertanya.

صحيح البخاري ١٢٩: حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ دَاوُدَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ مُنْذِرٍ الْثَّوْرِيِّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْحَنَفِيَّةِ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ قَالَ:كُنْتُ رَجُلًا مَذَّاءً فَأَمَرْتُ الْمِقْدَادَ بْنَ الْأَسْوَدِ أَنْ يَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَسَأَلَهُ فَقَالَ: فِيْهِ الْوُضُوْءُ.

Shahih Bukhari 129: Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Dāūd dari al-A‘masy dari Mundzir ats-Tsaurī dari Muḥammad al-Ḥanafiyyah dari ‘Alī bin Abī Thālib berkata: “Aku adalah seorang laki-laki yang mudah mengeluarkan madzi, lalu kusuruh Miqdād bin al-Aswad untuk menanyakan hal itu kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Lalu ia pun menanyakannya kepada beliau, dan beliau menjawab: “Padanya ada kewajiban wudhū’.

Derajat: Ijmā‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 172; SN: 152, 157, 432, 433; SIM: 497; MA: 770, 814, 828, 848, 849, 1121.

92 (93). Menyampaikan Ilmu Dan Fatwa Di Dalam Masjid.

صحيح البخاري ١٣٠: حَدَّثَنِيْ قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيْدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا نَافِعٌ مَوْلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلًا قَامَ فِي الْمَسْجِدِ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ مِنْ أَيْنَ تَأْمُرُنَا أَنْ نُهِلَّ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: يُهِلُّ أَهْلُ الْمَدِيْنَةِ مِنْ ذِي الْحُلَيْفَةِ وَ يُهِلُّ أَهْلُ الشَّامِ مِنْ الْجُحْفَةِ وَ يُهِلُّ أَهْلُ نَجْدٍ مِنْ قَرْنٍ وَ قَالَ ابْنُ عُمَرَ: وَ يَزْعُمُوْنَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: وَ يُهِلُّ أَهْلُ الْيَمَنِ مِنْ يَلَمْلَمَ وَ كَانَ ابْنُ عُمَرَ يَقُوْلُ: لَمْ أَفْقَهْ هذِهِ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ.

Shahih Bukhari 130: Telah menceritakan kepadaku Qutaibah bin Sa‘īd berkata: Telah menceritakan kepada kami al-Laits bin Sa‘d telah menceritakan kepada kami Nāfi‘ mantan budak ‘Abdullāh bin ‘Umar bin al-Khaththāb, dari ‘Abdullāh bin ‘Umar, bahwa ada seorang laki-laki datang berdiri di masjid lalu bertanya: “Wahai Rasūlullāh, dari mana Tuan memerintahkan kami untuk bertalbiyah?” Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam lalu menjawab: “Bagi penduduk Madīnah bertalbiyah dari Dzul-Ḥulaifah, penduduk Syām dari al-Juḥfah, dan penduduk Najd dari Qarn.” Ibnu ‘Umar berkata: “Orang-orang mengklaim bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam akan mengatakan bahwa penduduk Yaman bertalbiyah dari Yalamlam.” Sementara Ibnu ‘Umar berkata: “Aku tidak yakin bahwa (yang terakhir) ini dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam.”

Derajat: Ijmā‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 1428; SM: 2024, 2025, 2027, 2028; ST: 761; SN: 2603, 2604, 2607; SIM: 2905, 2906; MA: 2906, 4223, 4327, 4826, 4843, 4925, 5071, 5283, 5639, 6101, 14045, 14088; MM: 640, 642.

93 (94). Menjawab Pertanyaan Melebihi Yang Ditanyakan.

صحيح البخاري ١٣١: حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ ذِئْبٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَالِمٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَهُ مَا يَلْبَسُ الْمُحْرِمُ فَقَالَ: لَا يَلْبَسُ الْقَمِيْصَ وَ لَا الْعِمَامَةَ وَ لَا السَّرَاوِيْلَ وَ لَا الْبُرْنُسَ وَ لَا ثَوْبًا مَسَّهُ الْوَرْسُ أَوِ الزَّعْفَرَانُ فَإِنْ لَمْ يَجِدْ النَّعْلَيْنِ فَلْيَلْبَسْ الْخُفَّيْنِ وَ لْيَقْطَعْهُمَا حَتَّى يَكُوْنَا تَحْتَ الْكَعْبَيْنِ.

Shahih Bukhari 131: Telah menceritakan kepada kami Ādam berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī Dzi‘b dari Nāfi‘ dari Ibnu ‘Umar dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, dan dari az-Zuhrī dari Sālim dari Ibnu ‘Umar dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwa ada seorang laki-laki bertanya: “Apa yang harus dikenakan oleh orang yang melakukan ihram?” Beliau menjawab: “Ia tidak boleh memakai baju, ‘Imāmah (surban yang dililitkan pada kepala), celana panjang, mantel, atau pakaian yang diberi minyak wangi atau za‘farān. Jika dia tidak mendapatkan sandal, maka ia boleh mengenakan sepatu dengan memotongnya hingga di bawah mata kaki.

Derajat: Ijmā‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 353, 1711, 5348, 5359; SM: 2013; SAD: 1554; SN: 2619, 2628; MA: 4252, 4310, 4603, 4664, 4761, 5073.