Hati Senang

011 Perihal Mengusap Khuffain (Muzah) – Kifayat-ul-Akhyar

[Fasal] Perihal Mengusap Khuffain (Muzah) Berkata Syaikh Abū Syuja‘: (فَضْلٌ: وَ الْمَسْحُ عَلَى الْخُفَّيْنِ جَائِزٌ بَثَلَاثَةِ شَرَائِطَ: أَنْ يَبْتَدِىءَ لُبْسَهُمَا بَعْدَ كَمَالِ الْطَّهَارَةِ، وَ أَنْ يَكُوْنَا سَاتِرَيْنِ لِمَحَلِّ الْغَسْلِ مِنَ الْقَدَمَيْنِ، وَ أَنْ يَكُوْنَا مِمَّا يُمْكِنُ مُتَابَعَةُ الْمَشْيِ عَلَيْهِمَا.) [Mengusup dua muzah hukumnya “boleh” dengan tiga syarat: – Waktu mengusap muzah harus sesudah suci keseluruhannya. Kedua muzah harus dapat menutupi bagian-bagian yang wajib dibasuh, andaikan membasuhnya dengan air. Kedua muzah…

010-2 Perihal Mandi Sunnat – Kifayat-ul-Akhyar (2/2)

Berkata Syaikh Abū Syuja‘: (وَ الْغُسْلُ عِنْدَ الْإِحْرَامِ، وَ دُخُوْلُ مَكَّةَ، وَ الْوُقُوْفِ بِعَرَفَةَ، وَ لِرَمْيِ الْجِمَارِ الثَّلَاثِ، وَ لِلطَّوَافِ.) [Dan mandi ketika hendak ihram, mandi ketika hendak masuk kota Makkah, mandi untuk wuquf di ‘Arafah, dan mandi karena hendak melempar jamrah yang tiga dan mandi karena hendak melakukan thawaf]. Mandi yang ada sangkut pautnya dengan ibadah haji itu banyak sekali. Di antaranya ialah mandi karena hendak ihram. Diriwayatkan dari…

010-1 Perihal Mandi Sunnat – Kifayat-ul-Akhyar (1/2)

[Fasal] Perihal Mandi Sunnat Berkata Syaikh Abū Syuja‘: (فَضْلٌ: وَ الْأَغْسَالُ الْمَسْنُوْنَةُ سَبْعَةَ عَشَرَ غُسْلًا: الْجُمُعَةُ، وَ الْعِيْدَانِ، وَ الْاِسْتِسْقَاءُ، وَ الْكُسُوْفُ، وَ الْخُسُوْفُ.) [Mandi-mandi yang disunnatkan ada tujuh belas. Yaitu mandi Jum‘at, mandi dua hari raya, mandi Istisqa’, mandi gerhana matahari dan mandi gerhana bulan]. Mandi disunnatkan karena beberapa hal. Di antaranya mandi Jum‘at. Sebagai hujjah atas kesunnatan mandi Jum‘at ialah sabda Nabi Muḥammad s.a.w.: مَنْ أَتَى مِنْكُمُ الجُمُعَةَ

009-0 Perihal Mandi Wajib – Kifayat-ul-Akhyar (1/2)

[Fasal] Perihal Mandi Wajib Berkata Syaikh Abū Syuja‘: (فَصْلٌ: وَ فَرَائِضُ الْغُسْلِ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ: النِّيَّةُ وَ إِزَالَةُ النَّجَاسَةِ إِنْ كَانَتْ عَلَى بَدَنِهِ.) [Fardhunya mandi ada tiga perkara: Yaitu niat, menghilangkan najis jika pada badannya terdapat najis]. Niat mandi hukumnya wajib, sebagaimana dalam wudhu’. Sebab sabda Nabi Muḥammad s.a.w. yang bersifat umum: إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِAmal menjadi sah apabila disertai dengan niat.” Tempatnya niat ialah pada permulaan bagian tubuh…

008 Perihal Perkara-perkara Yang Mewajibkan Mandi – Kifayat-ul-Akhyar

[Fasal] Perihal Perkara-perkara Yang Mewajibkan Mandi Berkata Syaikh Abū Syuja‘: (فَضْلٌ: وَ الَّذِيْ يُوْجِبُ الْغُسْلَ سِتَّةُ أَشْيَاءَ:ثَلَاثَةٌ تَشْتَرِكُ فِيْهَا الرِّجَالُ وَ النِّسَاءُ، وَ هِيَ الْتِقَاءُ الْخِتَانَيْنِ، وَ إِنْزَالُ الْمَنِيِّ، وَ الْمَوْتُ.) [Perkara yang diwajibkan mandi ada enam. Yang tiga perkara bersekutu (berlaku) padanya laki-laki maupun perempuan. Yaitu pertemuan antara dua kelamin (laki-laki dan perempuan), keluar mani dan mati]. Perkataan “Ghasl” itu boleh dibaca fatḥah ghain-nya dan boleh dibaca dhammah. Demikian…

007 Perihal Perkara-perkara Yang Membatalkan Wudhu’ – Kifayat-ul-Akhyar (2/2)

Berkata Syaikh Abū Syuja‘: (وَ لَمْسُ الرَّجُلِ الْمَرْأَةَ مِنْ غَيْرِ حَائِلٍ بَيْنَهُمَا غَيْرَ مَحْرَمٍ فِي الْأَصَحِّ) [Dan menyentuhnya laki-laki kepada perempuan tanpa ada alas tangan (lapik) antara kedua-duanya, sedangkan perempuan itu bukan mahramnya]. Di antara perkara yang membatalkan wudhu’ ialah menyentuh laki-laki akan kulit perempuan yang disenangi, yang bukan mahramnya, karena firman Allah: أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ “Atau jika kamu (laki-laki) menyentuh perempuan.” (al-Mā’idah: 6) Dalam ayat ini, Allah ta‘ala meng-‘athaf-kan…

007 Perihal Perkara-perkara Yang Membatalkan Wudhu’ – Kifayat-ul-Akhyar (1/2)

[Fasal] Perihal Perkara-perkara Yang Membatalkan Wudhu’ Berkata Syaikh Abū Syuja‘: (فَصْلٌ: وَ الَّذِيْ يَنْقُضُ الْوُضُوْءَ خَمْسَةُ أَشْيَاءَ: مَا خَرَجَ مِنَ السَّبِيْلَيْنِ.) [Perkara yang membatalkan wudhu’ ada lima. Yaitu sesuatu yang keluar dari salah satu dari dua jalan kotoran (qubul dan dubur)]. Juga boleh merusak wudhu’ seseorang yaitu sembuhnya orang yang hadats terus-menerus. Seperti orang yang terus-menerus kencing atau lainnya. Demikian juga sembuhnya perempuan yang mustahadhah, dan habisnya waktu mengusap muzah…

006 Perihal Istinja’ (Cebok) – Kifayat-ul-Akhyar (2/2)

Berkata Syaikh Abū Syuja‘: (وَ الْبَوْلُ فِي الْمَاءِ الرَّاكِدِ). [Dan kencing di dalam air yang tenang (tidak mengalir)]. Yang terkandung kata-kata pengarang di atas itu begini: Orang yang qadhā’ ḥājat hendaklah menjauhi dari kencing di dalam air yang tenang (tidak mengalir). Imām Rāfi‘i menganggap “menjauhi kencing di dalam air yang tenang” ini sebagai bagian dari adab (tata-krama). Imām Nawawī, di dalam Kitab ar-Raudhah mengikuti Imām Rāfi‘ī dengan mengambil ḥujjah sabda…

006 Perihal Istinja’ (Cebok) – Kifayat-ul-Akhyar (1/2)

[Fasal] Perihal Istinjā’ (Cebok) Berkata Syaikh Abū Syuja‘: (فَصْلٌ: وَ الْاِسْتِنْجَاءُ وَاجِبٌ مِنَ الْبَوْلِ وَ الْغَائِطِ.) [Istinjā’ atau cebok itu wajib dengan sebab kencing atau sebab berak]. Dalil wajibnya istinjā’ ialah sabda Nabi Muḥammad s.a.w.: وَ لْيَسْتَنْجِ بِثَلَاثَةِ أَحْجَارٍ.Dan hendaklah bersuci dengan tiga buah batu.” Sabda Nabi ini merupakan perintah, sedangkan perintah, menurut lahirnya menunjukkan wajib. Diriwayatkan dari ‘Ā’isyah r.a. bahwa Rasūlullāh s.a.w. telah berkata: إِذَا ذَهَبَ
Lewat ke baris perkakas