Hati Senang

Hakikat Tasawwuf: Gerakan Badan dalam Zikir

Bab II Bagian ke 4. Dzikir Gerakan dalam zikir adalah sesuatu yang baik Sebab, hal itu akan menggiatkan tubuh dalam beribadah. Dan secara syariat, gerakan dalam zikir adalah boleh. Sandaran dalilnya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad ibn Hanbal dalam Musnad-nya dan yang diriwayatkan oleh al-Maqdisi dari Anas ibn Malik, dia berkata: “Orang-orang Habasyah (Etiopia) pernah menari di hadapan Nabi. Ketika itu, mereka mengucapkan: “Muhammad adalah seorang hamba yang saleh,”…

Hakikat Tasawwuf: Agar Kita Tidak Meninggalkan Zikir

Bab II Bagian ke 4. Dzikir Allah telah memperingatkan hamba-Nya agar tidak meninggalkan zikir. Para ahli makrifat dari para pendidik spiritual juga telah mengingatkan para murid mereka agar tidak meninggalkan zikir. A. Peringatan dari al-Qur’an. “Barang siapa berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Pemurah (al-Qur’an). Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan). Maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.” (az-Zukhruf: 36). “Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan hati…

Hakikat Tasawwuf: Lafaz-lafaz dan Pola Zikir

Bab II Bagian ke 4. Dzikir Zikir kepada Allah dengan semua formulanya merupakan obat bagi penyakit-penyakit hati dan jiwa. Di antara formula zikir adalah Lā ilāha illallāh (Tiada tuhan melainkan Allah), shalawat kepada Nabi, istighfar, sebagian nama-nama Allah, kata “Allāh” dan formula lainnya. Semua formula zikir yang menjadi obat ini diambil dari apotek al-Qur’an dan Hadis. Karena formula zikir sangat banyak, dan setiap formula memiliki pengaruh khusus dalam hati dan…

Hakikat Tasawwuf: Macam-Macam Zikir (Bagian 2)

Bab II Bagian ke 4. Dzikir B. Zikir Lisan dan Zikir Hati. Syaikh ‘Abdul-Wahhab asy-Sya‘rani mengatakan: “Aku pernah mendengar saudaraku, Afdhaluddin berkata: “Zikir dengan lisan disyariatkan bagi orang-orang besar dan orang-orang kecil. Sebab, tabir keagungan Allah tidak akan pernah diangkat dari seorang pun, termasuk para nabi. Tabir itu akan tetap ada. Tapi dia dapat diketuk.” (1131). Nawawi menyatakan: “Para ulama sepakat bahwa zikir dengan lisan dan hati dibolehkan bagi orang…

Hakikat Tasawwuf: Macam-Macam Zikir (Bagian 1)

Bab II Bagian ke 4. Dzikir A. Zikir Sirr (Diam-diam) dan Jahar (Bersuara). Zikir kepada Allah disyariatkan baik secara diam-diam maupun dengan bersuara. Rasulullah telah menganjurkan zikir dengan kedua macamnya ini. Akan tetapi, para ulama syariat menetapkan bahwa zikir bersuara lebih utama, jika terbebas dari hasrat pamer dan tidak mengganggu orang yang sedang shalat, sedang membaca al-Qur’an atau sedang tidur. Mereka mendasarkan pendapat mereka ini pada dalil-dalil yang mereka ambil…

Hakikat Tasawwuf: Dalil-Dalil Dzikr dari al-Qur’an dan Hadits

Bab II Bagian ke 4. Dzikir A. Dalil-Dalil Dzikr dari al-Qur’an. 1. “Ingatlah kalian kepada-Ku, niscaya Aku ingat kepada kalian.” (al-Baqarah: 152). 2. “Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk dan dalam keadaan berbaring.” (Ali ‘Imran: 191). 3. “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah dengan dzikir yang banyak. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (al-Ahzab: 41-42). 4. “Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya, serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi…

Hakikat Tasawwuf: Keutamaan Dzikir Dalam Perspektif Para Ulama

Bab II Bagian ke 4. Dzikir Keutamaan Dzikir Dalam Perspektif Para Ulama. a. ‘Abdullah ibn ‘Abbas a.s. ‘Abdullah ibn ‘Abbas r.a. berkata: “Allah tidak membebankan sesuatu kewajiban pun kepada hamba-hambaNya melainkan Dia menetapkan batasan tertentu baginya dan memaafkan mereka apabila mereka memiliki uzur, kecuali dzikir. Sesungguhnya Allah tidak menetapkan batas akhir bagi dzikir dan tidak memaafkan orang yang meninggalkannya, kecuali orang yang kehilangan akalnya. Allah memerintahkan mereka untuk berdzikir kepada-Nya…

Hakikat Tasawwuf: Arti Kata Dzikir

Bab II Bagian ke 4. Dzikir Ayat-ayat al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi menyebut kata dzikr dalam beragam makna. Kadang dzikr (dzikir) diartikan sebagai al-Qur’an, sebagaimana terekam dalam al-Qur’an: “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar menjaganya.” (al-Hijr: 9). Kadang yang dimaksudkan adalah shalat Jumat, sebagaimana tertera dalam al-Qur’an: “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jumat, maka bersegeralah kalian menuju dzikr kepada Allah.” (al-Jumu‘ah: 9).…

Hakikat Tasawwuf – Bab Tentang Dzikir

Bab II Bagian ke 4. Dzikir Dalam sub bab ini akan dibahas tentang arti kata dzikir, dalil-dalilnya, dan al-Qur’an dan Hadits, pendapat para ulama tentangnya, macam-macamnya, lafal-lafalnya, peringatan agar tidak meninggalkannya, gerakan dalam dzikir, dzikir di dalam masjid, dan faedah-faedah dzikir. Dzikir membuahkan maqām-maqām dan aḥwāl yang diupayakan oleh para salik. Tidak ada jalan untuk meraih buah dzikir kecuali dari pohon dzikir. Setiap kali pohon dzikir itu tumbuh besar, maka…
Lewat ke baris perkakas