skip to Main Content

2-1 Membuang Musnad Ilaih – Jauhar-ul-Maknun

BAB II TENTANG MUSNAD ILAIH   PASAL 1 MEMBUANG MUSNAD ILAIH   يُحْذَفُ لِلْعِلْمِ وَ لِلاخْتِبَارِ مُسْتَمِعٍ وَ صِحَّةِ الْإِنْكَارِ Artinya: “Musnad ilaih itu dibuang karena: Sudah diketahui musnadnya oleh pendengar, seperti lafaz dalam menjawab pertanyaan: Mencoba ingatan pendengar, kuat atau tidaknya. Supaya mudah ingat bila diperlukan. سِتْرٍ وَ ضِيْفٍ فُرْصَةٍ إِجْلَالٍ وَ عَكْسِهِ وَ نَظْمِ اسْتِعْمَالِ كَحَبَّذَا طَرِيْقَةُ الصُّوْفِيَّةْ تَهْدِيْ إِلَى الْمَرْتَبَةِ الْعَلِيَّةْ Bermaksud menutupinya kepada hadirin selain mukhathab…

  • 05/24/2018

002 Tentang Kalam Balaghah – Jauhar-ul-Maknun

PASAL II TENTANG KALĀM BALĀGHAH   Ilmu Balāghah ialah ilmu yang mempelajari kefasihan bicara, yang meliputi ilmu-ilmu Ma‘ānī, Bayān dan Badī‘. وَ جَعَلُوْا بَلَاغَةَ الْكَلَامِ طَبَاقَةً لِمُقْتَضَى الْمَقَامِ Artinya: “Para ulama ahli Ma‘ānī menjadikan definisi kalām balāghah itu, ialah sesuainya kalam itu dengan muqtadh-al-maqām-nya (keadaannya serta fashāḥah).” Adapun contoh-contohnya seperti: Lafaz: (الْجَهْلُ مُضِرٌّ، زَيْدٌ جَاهِلٌ) yang diucapkan kepada kholi dzihni (orang yang kosong hatinya dari keragu-raguan). Lafaz: (إِنَّ اللهَ عَلِيمٌ،…

  • 05/15/2018

001-5 Majaz Aqli – Jauhar-ul-Maknun

PASAL 5 الْمَجَازُ الْعَقْلِيُّ MAJĀZ ‘AQLĪ   Arti majāz ‘aqlī, ialah meng-isnād-kan fi‘il atau yang menyerupainya kepada mulābas-nya yang bukan sebenarnya, yaitu fi‘il mabnī fā‘il. Seperti: (نَصَرَ) bukan kepada mulābas yang seharusnya, ialah fā‘il, melainkan kepada maf‘ūl-nya dan fi‘il mabnī maf‘ūl bukan kepada nā’ib-ul-fā‘il-nya, seperti: (ثَوْبٌ لَابِسٌ) asal artinya: pakaian yang memakainya. Padahal maksudnya: pakaian yang dipakai. (نَهَارُهُ صَائِمٌ) Asal artinya: Siangnya yang berpuasa. Padahal maksudnya: pada siang harinya dia…

  • 05/09/2018

001-4 Tentang Isnad Aqli- Jauhar-ul-Maknun

PASAL 4 فَصْلٌ فِي الْإِسْنَادِ الْعَقْلِيِّ TENTANG ISNĀD AQLĪ Isnād itu terbagi dua: Isnād Khabarī, Isnād Insyā’ī. Dan terbagi pula kepada: Ḥaqīqat ‘aqliyyah dan Majāz ‘aqlī. Ḥaqīqat ‘aqliyyah: ialah meng-isnād-kan fi‘il atau serupa fi‘il (mashdar, isim fi‘il, isim maf‘ūl, shifat musyabbahāt, isim tafdhīl dan zharaf) kepada ma‘mūl-nya menurut kehendak mutakallim. Seperti: (ضُرِبَ زَيْدٌ، ضَرَبَ زَيْدٌ عَمْرًا). وَ لِحَقِيْقَةٍ مَجَازٍ وَرَدَا                              لِلْعَقْلِ مَنْسُوْبَيْنِ أَمَّا الْمُبْتَدَا إِسْنَادُ فِعْلٍ أَوْ مُضَاهِيْهٍ إِلَى                      صَاحِبِهِ…

  • 07/21/2017

001-3 Tanda Taukid – Jauhar-ul maknun

PASAL 3  TANDA TAUKĪD Tanda taukīd ialah: بِقَسَمٍ قَدْ إِنَّ لَامِ الْإِبْتِدَا                         وَ نُوْنَيِ التَّوْكِيْدِ وَ اسْمٍ أُكِّدَا. Artinya: “Alat taukīd yang digunakan untuk kalām khabar, ialah: qasam, qad, inna, lām ibtida’, dua macam nūn taukīd, (tsaqīlah dan khafīfah) dan jumlah ismiyyah.” Contohnya: وَ اللهِ إِنَّ زَيْدًا لَقَائِمٌ إِضْرِبَنْ يَا زَيْدُ. Adapun jumlah ismiyyah itu termasuk alat taukīd, apabila mutakallim benar-benar sengaja menaukidi dan bersamaan dengan mu’akkad lain. وَ النَّفْيُ…

  • 07/21/2017

001-2 Tatacara Berbicara Dengan Orang Lain

PASAL 2 TATA-CARA BERBICARA DENGAN ORANG LAIN   فَيَنْبَغِي اقْتِصَارُ ذِي الْأَخَيَارِ عَلَى الْمُفِيْدِ خَشْيَةَ الْإِكْثَارِ Memperpanjang berita/kata yang tidak dibutuhka merupakan larangan menurut orang ahli balāghah. Contoh berita yang singkat seperti (زَيْدٌ عَالِمٌ) yang diucapkan kepada khālī-dzihni (orang yang tahu hukum dan tidak ragu), tidak usah menggunakan perabot (alat) taukīd. فَيُخْبِرُ الْخَالِيْ بِلَا تَوْكِيْدٍ مَا لَمْ يَكُنْ فِي الْحُكْمِ ذَا تَرْدِيْدٍ فَحَسَنٌ وَ مُنْكِرُ الْأَخَبَارِ حَتْمٌ لَهُ بِحَسَبِ الْإِنْكَارِ…

  • 07/17/2017
Back To Top